Perencanaan Keuangan, Teknologi

Aplikasi Perencanaan Keuangan Ini Permudah Atur Keuangan

Aplikasi perencanaan keuangan adalah salah satu kemajuan teknologi di dunia finansial. Cara mengatur keuangan rumah tangga lebih mudah dengan aplikasi ini.

Ajaib.co.id – Aplikasi perencanaan keuangan adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi yang sangat bermanfaat di dunia finansial. Dahulu kamu memikirkan bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga melalui sebuah buku catatan maupun laptop. Namun kini kamu bisa mengaturnya di ponsel dengan aplikasi perencanaan keuangan yang lebih canggih. Mari simak beberapa aplikasi pengatur keuangan yang bisa kamu gunakan berikut!

Money Lover

Aplikasi perencanaan keuangan yang pertama adalah aplikasi Money Lover. Aplikasi tersebut menawarkan cara mengatur keuangan rumah tangga, dengan mengelola keuangan dan dapat kamu gunakan untuk mencatat pengeluaran harianmu. Selain itu, Money Lover juga memiliki berbagai fitur seperti, Budget, Savings, dan Events. Fitur-fitur tersebut dapat kamu gunakan untuk membuat anggaran, mencatat pemasukan keuanganmu serta dapat pula menganalisis pengeluaran terbesar yang kamu lakukan.

Finansialku

Aplikasi yang berikutnya adalah aplikasi Finansialku. Aplikasi keuangan yang satu ini menawarkan cara mengatur keuangan dengan memungkinkan kamu dapat merancang budget dan laporan keuangan sesuai dengan kondisi di dalam rekeningmu.

Kamu bisa menautkan atau mengoneksikan aplikasi Finansialku pada akun-akun rekening yang kamu miliki. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu kamu mengelola dan mengontrol pengeluaran serta pemasukan yang kamu lakukan. Aplikasi tersebut tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Monefy

Aplikasi keuangan Monefy adalah aplikasi yang menawarkan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan cara sederhana. Kamu yang menyukai penggunaan mudah serta sederhana bisa menggunakan aplikasi Monefy. Selain itu, aplikasi Monefy juga mempunyai beberapa kategori yang dapat kamu pilih untuk mengatur anggaran keuanganmu.

Antarmuka yang mudah digunakan adalah keunggulan dari aplikasi tersebut. Kamu dapat memasukkan anggaran atau jumlah dana ke dalam kategori yang sudah tersedia. Aplikasi Monefy dapat menghitung pengeluaran per kategori setiap hari sampai dengan per tahun.

Mint

Mint adalah aplikasi keuangan yang memungkinkan kamu untuk melakukan pengelolaan keuangan dengan menawarkan fitur all in one. Kamu dapat melakukan pengelolaan keuangan hingga mengatur portofolio investasi. Selain itu, kamu juga dapat menjumpai fitur yang memungkinkan kamu untuk mengatur rekening bank, giro, tagihan setiap bulan, dan pinjaman kredit. Kamu juga dapat mengatur tampilan keuanganmu ke dalam sebuah grafik maupun bagan untuk mempermudah kamu memeriksanya.

Money Manager Expense & Budgeting

Money Manager Expense & Budgeting adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mencatat keuangan sehari-hari. Selain itu, aplikasi tersebut juga memungkinkan kamu untuk membagi akun kamu ke dalam tiga akun yakni rekening, tunai, serta kartu pembayaran. Fitur tersebut dapat kamu nikmati pada versi gratis. Selain itu, ada pula pilihan untuk mencatat pengeluaran kamu dan angsuran rutin dengan periode yang berbeda-beda.

AndroMoney

Aplikasi keuangan berikutnya adalah AndroMoney. Aplikasi ini dirancang khusus untuk pengguna Android. Aplikasi AndroMoney menawarkan tampilan sederhana yang mudah digunakan serta memudahkan kamu dalam pencatatan keuangan sehari-hari.

Tampilan yang sederhana tersebut memudahkan kamu dalam melacak pemasukan maupun pengeluaran yang kamu lakukan. Selain itu, kamu dapat melakukan penyimpanan dan salinan data keuanganmu melalui layanan penyimpanan seperti Dropbox atau Google Docs.

Wallet

Aplikasi keuangan berikutnya adalah Wallet. Aplikasi tersebut memungkinkan kamu untuk melakukan pengaturan keuangan pada umumnya, seperti mencatat pengeluaran dan mencatat transaksi lainnya. Kamu juga dapat melakukan impor data keuanganmu dari file Ms Excel dan CSV dengan aplikasi Wallet.

Aplikasi tersebut tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Jika kamu ingin mengoneksikan akun bank milikmu dengan aplikasi Wallet, kamu bisa menggunakan aplikasi Wallet versi berbayar.

1Money

1Money adalah aplikasi yang memungkinkan kamu mengatur keuangan dengan melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan milikmu. Aplikasi 1Money menyuguhkan tampilan catatan keuangan dalam bentuk diagram yang memudahkan kamu untuk memantaunya. Selain itu, kamu bisa juga melakukan pencatatan transaksi dengan mata uang asing.

Goodbudget

Aplikasi keuangan berikutnya adalah Goodbudget. Kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan ingin melakukan pencatatan keuangan di mana saja, aplikasi ini cocok untuk kamu. Aplikasi Goodbudget memungkinkan kamu untuk menggunakan aplikasi tersebut dalam perangkat yang berbeda-beda tanpa perlu mengulang pencatatan dari awal dan bisa langsung disinkronkan. Aplikasi tersebut memiliki fitur pencatatan keuangan, baik pengeluaran maupun pemasukan sehari-hari yang kamu lakukan.

Cash Droid

Aplikasi keuangan lainnya adalah Cash Droid. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memeriksa catatan keuanganmu dengan mudah. Tampilan grafik sederhana yang ditawarkan oleh Cash Droid memudahkan kamu untuk memeriksa transaksi harian. Selain itu, kamu juga dapat melakukan pencatatan keuangan seperti aplikasi keuangan pada umumnya.

Cash Droid juga memudahkan kamu melakukan pencatatan dengan mengelompokkan jenis pemasukan dan pengeluaran kamu. Misalnya, mengelompokkan pemasukan dari gaji pokok, pengeluaran dari tagihan, dan sebagainya.

Itu tadi ulasan mengenai aplikasi keuangan yang dapat kamu pilih untuk membantu untuk mengatur keuangan, mulai dari mencatat pengeluaran dan pemasukan hingga mengoneksikan akun bank milikmu dengan aplikasi pengelola keuangan. Aplikasi-aplikasi di atas dapat kamu coba untuk memudahkan kamu melacak ke mana uangmu dibelanjakan. Jika kamu mengetahui arus pemasukan dan pengeluaranmu dengan baik, tentu keuanganmu akan menjadi mudah dikontrol serta mencukupi kebutuhanmu.

Sebagai upaya mencukupi kebutuhan dengan baik ada baiknya kamu juga melakukan investasi sejak dini. Untuk mendukung upaya tersebut, kamu bisa unduh satu lagi aplikasi investasi reksa dana, yakni Ajaib. Caranya mudah, kamu cukup menyisihkan uang Rp10.000 untuk berinvestasi.

Mudah bukan? Kamu bisa melakukan investasi mudah di aplikasi Ajaib yang dirancang cocok bagi pemula. Meski masih pemula, kamu tidak perlu khawatir untuk memulai investasi sebab aplikasi Ajaib sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Unduh di Google Play Store sekarang, ya.

Artikel Terkait