Perencanaan Keuangan

Cara Mengatur Keuangan dengan Mudah, Buat Kamu yang Boros

Mungkin setiap bulannya gaji kamu hanya numpang lewat saja atau hampir sepatuh gaji kamu habis hanya untuk membayar utang? Kalau memang benar, mungkin kamu kurang cermat dalam cara mengatur keuangan kamu.

Meskipun demikian, kamu memegang kendali dalam mengatur keuangan. Kamulah yang kampu membuat kondisi keuangan stabil dengan memperhatikan aspek gaya hidup sendiri.

Namun demikian, mungkin kamu tidak terbiasa dalam membedakan nafsu dan kebutuhan sehingga cenderung bersikap konsumtif terhadap apapun yang membuat kamu boros. Jika kamu ingin memperbaiki kondisi keuangan, inilah saatnya kamu mulai mengatur sistem keuanganmu.

Beberapa kebiasaan yang perlu kamu ubah untuk memudahkan cara mengatur keuangan tidaklah sulit. Kamu hanya perlu memiliki komitmen untuk mencukupi kebutuhan premier saja. Simak tips berikut yang merupakan cara mengatur keuangan kamu.

1. Mengetahui pendapatan dan pengeluaran

Seringkali kamu tidak peduli dengan pengeluaran, gaji kamu dalam satu bulan terpakai kemana saja dan apa saja yang kamu dapatkan dalam sebulan dengan gaji. Ini akan sangat menyulitkan kamu dalam mengatur alur keuangan. Kamu bisa membuat laporan keuangan dengan melakukannya sendiri atau melalui aplikasi manajemen keuangan.

2. Pemberian untuk sosial

Dalam satu bulan pastilah kamu memiliki anggaran untuk sosial. Kamu perlu menyisihkan dana sosial secara konsisten untuk memudahkanmu mengatur keuangan. Selain itu pemberian hadiah dan angpao juga perlu kamu pertimbangkan agar kantong tidak jebol di akhir bulan.

3. Cek tagihan

Cek tagihan adalah hal yang penting untuk memaksimalkan pengaturan keuangan kamu. Misalkan saja tagihan kartu kredit atau struk belanja agar jumlah tagihanmu tidak melejit.

4. Manfaatkan internet

Saat ini sudah bukan jamannya lagi untuk mengantre di ATM dalam melakukan transfer. Kamu bisa memanfaatkan i-banking dalam mendukung transaksi sehari-hari. Manfaatkan kemudahan internet untuk bertransaksi saat ini selain lebih efisien, penggunaan internet juga akan mengurangi waktumu yang terbuang percuma.

5. Menabung

Kebiasaan menabung, memang perlu dipupuk sejak dini. Namun tidak ada kata terlambaut untuk menjadi lebih baik ke depannya. Dengan menggunakan tabungan, maka rencana-rencanamu di masa depan bisa tercapai. Mulailah dengan menyusihkan sedikit dari gaji untuk merencanakan mimpi di masa depan.

6. Pemanfaatan kartu kredit secara bijak

Kartu kredit merupakan sebuah bentuk dana yang bisa digunakan untuk melakukan cicilan sebuah barang. Kartu kredit pada dasarnya bisa membantu dalam mencukupi kebutuhan, namun terkadang kamu sering tergoda dengan ragam promo yang ditawarkan oleh kartu kredit.

Oleh sebab itu, bijaksanalah dalam penggunaan kartu kredit karena pada dasarnya kamu memiliki peran dalam hal mencukupi gaya hidup.

7. Membuat pos pengeluaran

Setelah Kamu menerima gaji, ada baiknya kamu mempunyai pos pengeluaran yang harus dijalankan. Hal ini bertujuan agar kamu tidak kebingungan saat menjelang akhir bulan saat kondisi keuangan menipis.

8. Menghindari biaya yang tidak dibutuhkan

Beberapa hal yang mungkin bisa menjadi masalah bagi kamu adalah membayar hal-hal yang tidak dibutuhkan seperti membayar calo, melanggar aturan dengan kompensasi berbentuk uang. Ini merupakan biaya yang mungkin kamu sepelekan namun sangat berpengaruh pada kondisi finansial.

Oleh sebab itu ada baiknya kamu tidak ceroboh dalam bersikap agar kondisi keuangan bisa stabil.

9. Membandingkan

Pastikan saat membeli sebuah produk dengan membandingkan harga barang, baik itu barang elektronik, smartphone ataupun kebutuhan sehari-hari. Kamu bisa memanfaatkan internet untuk melihat harga-harga kebutuhan yang ingin kamu beli. Namun pikirkan disparitas harga yang logis dalam memilih barang.

10. Menahan diri

Jangan mengutamakan nafsu saat akan mengalokasi dana untuk dihabiskan. Tahan diri jika memang ingin memiliki pengaturan keuangan yang baik untuk masa depan. Berbelanjalah yang kamu butuhkan, jangan apa yang kamu inginkan.

Pada dasarnya penghasilan sebesar apapun tidak cukup untuk memenuhi gaya hidup. Hal terpenting adalah dengan mengatur kondisi finansial sebaik mungkin dan berhemat dengan pengeluaran.

Mengelola keuangan adalah kunci sukses dalam hal finansial. Dengan semakin meningkatnya biaya hidup, maka kamu dituntut untuk lebih cerdas dalam mengalokasikan dana agar tidak terlilit utang.

Selain mengelola pendapatan dan keinginan dalam mengalokasikan dana, hal terpenting yang perlu kamu lakukan adalah memproteksi diri dari hal-hal yang mungkin akan terjadi, caranya adalah dengan membuat beberapa alikasi dana penting yang meliputi :

1.     Asuransi

Asuransi adalah hal penting untuk melindungi aset kamu, baik jiwa maupun kepemilikan. Kamu bisa menyesuaikan polis asuransi sesuai dengan kebutuhan. Asuransi cashless akan memudahkan jika tiba-tiba mengalami masalah yang membutuhkan dana tidak sedikit.

2.    Investasi

Investasi merupakan bentuk menabung yang menguntungkan dimana kamu akan mendapatkan bunga dari tabungan dalam kurun waktu tertentu. Namun ada beberapa bentuk investasi yang tidak bisa kamu cairkan dalam kurun waktu singkat seperti deposito. Kamu bisa memanfaakan investasi menguntungkan seperti emas atau valas.

3.    Biaya Entertainment atau Liburan

Meskipun terdengar sangat menguras uang, namun biaya entertainer dan liburan cukup penting bagi kamu yang hidup di kota besar. Ini mengingat bahwa jam bekerja kamu yang sangat melelahkan sehingga kecil kemungkinan bisa menikmati libur secara maksimal. Budget hiburan ini perlu dianggarkan agar tidak kebobolan dalam membelanjakan uang.

4.    Dana Darurat

Hal terpenting selanjutnya adalah dana darurat yang sewaktu-waktu bisa kamu gunakan untuk menghadapi segala keungkinan terburuk dalam hidup. Misalkan PHK atau pensiun. Namun sebagian perusahaan memang sudah mendaftarkan karyawannya untuk menghadapi segala kemungkinan terburuk termasuk PHK dimana karyawan akan di-cover oleh BPJS Ketenagakerjaan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait