Dunia Kerja, Milenial

Jenis Tes Psikotes Online dan Tips Latihan Psikotes

Ajaib.co.id – Psikotes sekarang masih digunakan untuk proses rekrutmen beberapa perusahaan. Sebagai contoh, lembaga pemerintahan tetap menggunakannya untuk proses rekrutmen karyawan baru atau untuk kenaikan jabatan karyawan. Tes psikotes untuk mengetahui beberapa aspek dan potensi yang dimiliki oleh seorang karyawan. Untuk latihan, kamu bisa memanfaatkan tes psikotes online.

Tes ini biasanya dilakukan secara langsung dengan didampingi oleh mereka yang ahli. Kamu mungkin ada yang merasa bosan karena sering bertemu dengan psikotes, tapi kenyataannya memang kamu akan terus bertemu dengannya di waktu yang tak terhingga. Jadi, selalu bersiap jika kamu diharuskan ikut psikotes. Bos-bos perusahaan besar saja masih bisa berhadapan dengan psikotes ketika akan naik jabatan. 

Jenis-Jenis Tes Psikotes

Ada berbagai macam jenis tes psikotes yang biasanya akan kamu temui. Di mana, tes ini menjadi salah satu proses yang harus dilalui oleh pelamar kerja. Di bawah ini adalah beberapa jenis psikotes yang bisa kamu pelajari sebelum mempersiapkan tes psikotes sesungguhnya.

1. Logika aritmatika

Psikotes ini digunakan untuk melatih kecermatan dan ketelitian dalam memecahkan masalah yang ada dan berhubungan dengan kemampuan berhitung untuk menjawab pertanyaan dengan benar.

Untuk soalnya pun tergantung dari perusahaan, ada perusahaan yang memberikan soal yang mudah dan ada juga yang menjebak dan sulit untuk ditemukan jawabannya.

Pada tes ini, biasanya kamu akan diberikan estimasi waktu pengerjaan. Jadi ketika kamu menemukan soal yang dirasa agak susah, sebaiknya lompat ke soal lainnya yang lebih mudah.

Contoh soal psikotes logita aritmatika

1.   24 20 16 12 = …

a.   6
b.   8
c.   4
d.   2

Cara menjawabnya adalah dengan mengetahui pola deret angka dikurangi dengan 4 maka jawaban yang benar adalah 12-4 = 8

2. Tes Wartegg

Pada dasarnya, tes ini membutuhkan kemampuan analisis yang sangat tajam. Biasanya kamu akan menemukan bentuk gambar dengan bentuk yang berbeda-beda dan kamu harus mampu menemukan jawabannya

Kamu akan menemukan gambar dengan metode proyektif, dan kamu harus membentuk sesuatu melalui garis-garis yang digambar pada soal tersebut. Tujuan dari tes ini untuk tes kepribadian seseorang dalam pengambilan keputusan.

3. Tes verbal

Tes ini dilakukan untuk melihat kemampuan kamu dalam berbahasa, baik dalam tulisan maupun lisan. Di mana, kamu akan menemui soal yang berhubungan dengan pencarian sinonim, mencari antonim atau mencari hubungan kata.

Contoh soal psikotes kemampuan verbal

Persamaan Kata

INSOMNIA = …

a.   Cemas
b.   Sedih
c.   Tidak bisa tidur
d.   Kenyataannya

Maka kunci jawabannya adalah C. Tidak bisa tidur

4. Psikotes spasial

Kamu akan dihadapkan pada berbagai bentuk soal bangun ruang dan kamu harus memahami dengan teliti setiap bangun ruang yang diberikan sebagai jawaban dari pilihan ganda. Dengan tes ini, perusahaan akan mengetahui kemampuan imajinasi yang kamu miliki.

5. Personal preference schedule test

Soal-soal yang berhubungan dengan tes ini biasanya terdiri dari dua alternatif pilihan jawaban antara A atau B dan biasanya membahas mengenai pilihan jawaban yang menggambarkan kepribadian kamu. Biasanya, ada pilihan yang tidak sesuai dengan kepribadianmu. Jadi, usahakan memilih jawaban yang mendekati kepribadianmu.

6. Kraepelin atau Pauli Test

Bentuk soal yang diberikan pada tes ini berupa angka-angka yang disusun membujur dengan jumlah angka, baik angkanya telah ditambah, dikurang, dan jenis perhitungan lainnya.

Kamu akan diminta menjawab angka berikutnya setelah mengetahui pola susunan angka tersebut. Dengan tes ini, perusahaan ingin mengetahui kemampuan dalam berkonsentasi, ketahanan, ketelitian, dan kemampuan dalam menyesuaikan diri.

7. Army alpha intelligence test

Soal dalam tes ini berhubungan dengan kombinasi angka dan juga deretan angka yang berfungsi untuk melihat kemampuan data tangkap seseorang yang berhubungan dengan penerimaan instruksi, dan kemampuan memahami perintas atau tugas yang diberikan atasan pada saat bekerja nanti.

8. Draw man test

Tes ini menuntutmu untuk menggambar manusia sesuai dengan kemampuan dan bertujuan untuk menilai diri peserta dalam mengambil sebuah keputusan, apakah ia termasuk dalam kategori yang ragu-ragu atau tegas.

9. MBTI (The Myers-Briggs Type Indicator)

Tes ini bertujuan untuk mengukur preferensi psikologis dan mengetahui bagaimana cara orang dalam memandang dunia serta membuat keputusan. Pada dasarnya, tes MBTI terdiri dari 16 kepribadian misalnya INFJ, ESFJ, INFP, atau tipe kepribadian yang lainnya.

Biasanya, dalam tes ini kamu akan ditanya berbagai macam pertanyaan yang berupa studi kasus dan kamu harus memilih satu pertanyaan yang sangat menggambarkan dirimu.

Itulah beberapa jenis tes psikotes yang mungkin akan kamu temui ketika melamar pekerjaan di perusahaan. Namun, tidak semua perusahaan menggunakan semua jenis psikotes di atas. Ada yang hanya menggunakan psikotes satu atau tiga di antaranya.

Baca Juga: Contoh Soal Psikotes yang Sering Diberikan Perusahaan

Tips Menghadapi Psikotes Online

Tips untuk mengikuti tes ini agar sukses adalah kamu harus berada dalam keadaan sehat karena tes ini biasanya cukup panjang dan terkadang melelahkan. Awal-awal mungkin kamu masih semangat, tapi belum tentu ketika siang hari tiba. Untuk itu sebelum mengikuti tes kamu sebaiknya menjaga kesehatanmu.

Sebenarnya untuk ikut psikotes kamu tidak perlu ambil pusing. Tidak belajar dulu pun tidak masalah karena biasanya soal-soal yang ada di internet atau di buku, tidak akan sama persis dengan soal psikotes yang akan kamu kerjakan.

Masing-masing lembaga juga memiliki kebijakan berbeda-beda soal psikotes ini. Yang terpenting kamu harus memiliki konsentrasi penuh ketika mengerjakannya.

Nah, di era pandemi seperti sekarang banyak perusahaan yang melakukan tes psikotes lewat online. Lalu bagaimana cara menghadapinya?

1. Siapkan mental dan fisik

Bukan hanya saat menghadapi tes psikotes online saja, tapi saat tes psikotes langsung pun mental dan fisik sangat penting untuk dipersiapkan karena akan memengaruhi diri kita. Pastikan kamu dalam keadaan siap, fokus, konsentrasi, dan tenang saat tes berlangsung. Begitu juga fisikmu dalam keadaan baik, karena biasanya tes psikotes online terkadang memakan waktu yang lama. 

2. Ketahui apa itu tes psikotes

Memang benar ada beberapa tes psikotes yang hampir sama bentuk bahkan soalnya, namun hasil tes dan keadaan saat mengerjakan tidaklah sama, banyak faktor yang memengaruhi.

Jadi, sebelum mengikutinya, ketahui tes psikotes ini dibuat sedemikian rupa yang hasilnya bisa menunjukkan karakter kita sebenarnya.  Sehingga, penyelenggara akan mempertimbangkan pantas atau tidak karakter kita dengan posisi yang dilamar.

3. Persiapkan laptop dan pastikan jaringan stabil

Sebelum tes dimulai, pastikan baterai terisi penuh dan jaringan stabil. Jika mengandalkan kuota, pastikan isinya mencukupi karena kamu membutuhkan banyak kuota selama proses ini berjalan. Jika menggunakan jaringan wifi, pastikan koneksinya stabil.

4. Cari tempat yang aman

Tempat yang nyaman dan aman akan mendukung jalannya tes. Jadi, cobalah pilih tempat yang aman dan nyaman yang jauh dari keributan. Tempat aman, tes inipun akan lancar.

5. Ketahui cara menjawab soal

Sebelum mengetahui cara menjawabnya, kamu juga harus tahu jenis pertanyaan yang sering muncul walaupun tes tersebut akan dibuat sedemikian rupa. Jadi, cobalah latihan mengikuti tes psikotes online sebelum kamu menghadapinya langsung.

Situs yang Menyediakan Latihan Tes Psikotes Online

Agar lebih percaya diri dalam mengerjakannya, kamu bisa mengikuti latihan psikotes online. Saat ini sudah banyak situs penyedia tes psikotes online yang dapat kamu jajal.

Ada juga yang menyediakannya melalui aplikasi yang bisa kamu unduh di ponsel pintarmu. Semuanya tersedia secara gratis dan dapat diakses bebas oleh siapa saja. Memang kehadiran internet memudahkan segalanya.

Jadi kamu tinggal menjawab soal-soalnya saja. Kamu pun akan menemukan jawaban dari soal-soal itu sehingga kamu bisa tahu mana jawaban yang salah, mana yang benar. Dengan mengerjakan soal-soal itu kamu akan mendapatkan bayangan bentuk soalnya apa saja. Di bawah ini adalah situs latihan psikotes online terbaik yang bisa kamu coba.

1. Latihanpsikotes.com

Situs tes psikotes online ini menyediakan soal-soal psikotes yang cukup beragam, sesuai dengan namanya. Kamu bisa memilih jenis soal yang menurutmu paling sulit atau bisa memilih yang paling mudah. Semuanya sudah dikategorikan. 

Selain itu jika kamu tidak memahami soalnya, kamu dapat menemukan penjelasan dari jawabannya, jadi kamu pun akan tahu bagaimana jawaban itu terbentuk. Kelebihannya yang lain adalah kamu bisa mengunduh soal-soalnya. Selain online, kamu pun dapat mengerjakannya secara offline. Pilihan ada di tanganmu lebih suka yang mana.

2. Proprofs.com

Situs tes psikotes online ini soal-soalnya lebih beragam lagi dan tersedia dalam 40 bahasa. Situs ini cocok untuk kamu yang ingin tahu bagaimana soal-soal psikotes yang berlaku di luar negeri sana. Hitung-hitung bisa sekalian belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Selain psikotes, situs ini juga menyediakan soal-soal lain yang bisa kamu jajal sesuai dengan kebutuhanmu. Tidak ada salahnya sesekali mengasah otak. Otak yang sering terasah biasanya memiliki kemampuan yang meningkat. 

Untuk memulai latihan psikotes, kamu dapat memilih menu Quizzes, setelah itu akan diarahkan pada menu soal-soal psikotes yang cukup banyak jumlahnya. 

3. Psikotesyuk.com

Merupakan situs tes psikotes online yang menyediakan soal-soal psikotes secara gratis. Sebelum kamu mengerjakan tesnya, kamu diwajibkan mendaftar dulu menjadi anggota. Caranya pun tidak terlalu rumit, dan tentunya tidak memakan biaya.

Soal-soal yang tersedia biasanya soal-soal psikotes yang sering digunakan di Indonesia. Kategori soalnya juga cukup jelas, jadi kamu bisa memilih soal-soal yang kamu sukai atau soal-soal yang menurutmu sulit.

Kamu pun diperbolehkan mengunduh soal-soal itu untuk mendapatkan akses jawaban soal yang lebih lengkap. Keuntungannya kamu jadi bisa belajar secara offline tanpa harus mengandalkan koneksi internet. 

4. Ggkarir.com

Situs ini menyediakan soal-soal psikotes yang cukup lengkap. Sebenarnya situs ini lebih fokus untuk kamu yang ingin mencari pekerjaan karena di sini ada banyak lowongan kerja. Situsnya memang memiliki berbagai macam fitur yang berkaitan dengan pengembangan karir. 

Tampilannya yang simpel membuat siapa saja mudah menggunakan fitur-fiturnya. Untuk kamu yang tidak suka ribet, tenang saja, menggunakan fitur di situs ini kamu tidak perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu. 

Soal-soal yang diberikan juga cukup beragam. Biasanya soal-soal yang sering digunakan ketika proses rekrutmen. Dari soal-soal itu kamu dapat menyesuaikan diri di psikotes sungguhannya.

5. Tipscv.com

Situs ini menyediakan tips untuk membuat CV yang bagus dan bisa digunakan untuk kamu para pelamar kerja. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur psikotes online. Soal-soal yang tersedia cukup beragam. Tersedia dalam bahasa Indonesia atau pun bahasa Inggris. Kamu dapat memilih sesuai dengan keinginan.

Kamu diperbolehkan mengunduh soal-soal yang tersedia sehingga dapat dikerjakan secara offline. Semua hal itu kamu lakukan secara gratis, tidak ada biaya sepeser pun.

Saat ini cukup banyak situs yang menyediakan soal psikotes online secara gratis. Soal-soal tersebut biasanya pernah digunakan di berbagai macam kegiatan. Untuk mengerjakan tes online seperti di atas, kamu memerlukan kuota yang cukup dan tentunya sinyal yang bagus agar soal-soalnya muncul.

Tips untuk latihan soalnya, jangan dibawa stres, santai saja karena kamu pasti mampu mengerjakan soal-soal tersebut. Soalnya pun tidak terlalu sulit. Melakukan latihan seperti itu tentunya akan membuat lebih bersiap diri menghadapi psikotes yang sesungguhnya. 

Artikel Terkait