Dunia Kerja, Milenial

Situs Tes Psikotes Online yang Kamu Gunakan untuk Latihan

Ajaib.co.id – Psikotes sekarang masih digunakan untuk proses rekrutmen beberapa perusahaan. Sebagai contoh, lembaga pemerintahan tetap menggunakannya untuk proses rekrutmen karyawan baru atau untuk kenaikan jabatan karyawan. Tes psikotes dapat mengetahui beberapa aspek dan potensi yang dimiliki oleh seorang karyawan. Untuk latihan, kamu bisa memanfaatkan tes psikotes online.

Tes ini biasanya dilakukan secara langsung dengan didampingi oleh mereka yang ahli. Kamu mungkin ada yang merasa bosan karena sering bertemu dengan psikotes, tapi kenyataannya memang kamu akan terus bertemu dengannya di waktu yang tak terhingga. Jadi, selalu bersiap jika kamu diharuskan ikut psikotes. Bos-bos perusahaan besar saja masih bisa berhadapan dengan psikotes ketika akan naik jabatan. 

Tips untuk mengikuti tes ini agar sukses adalah kamu harus berada dalam keadaan sehat karena tes ini biasanya cukup panjang dan terkadang melelahkan. Awal-awal mungkin kamu masih semangat, tapi belum tentu ketika siang hari tiba. Untuk itu sebelum mengikuti tes kamu sebaiknya menjaga kesehatanmu.

Sebenarnya untuk ikut psikotes kamu tidak perlu ambil pusing. Tidak belajar dulu pun tidak masalah karena biasanya soal-soal yang ada di internet atau di buku, tidak akan sama persis dengan soal psikotes yang akan kamu kerjakan.

Masing-masing lembaga juga memiliki kebijakan berbeda-beda soal psikotes ini. Yang terpenting kamu harus memiliki konsentrasi penuh ketika mengerjakannya.

Namun, agar kamu lebih percaya diri dalam mengerjakannya, kamu bisa mengikuti latihan psikotes online. Saat ini sudah banyak situs penyedia tes psikotes online yang dapat kamu jajal.

Ada juga yang menyediakannya melalui aplikasi yang bisa kamu unduh di ponsel pintarmu. Semuanya tersedia secara gratis dan dapat diakses bebas oleh siapa saja. Memang kehadiran internet memudahkan segalanya.

Jadi kamu tinggal menjawab soal-soalnya saja. Kamu pun akan menemukan jawaban dari soal-soal itu sehingga kamu bisa tahu mana jawaban yang salah, mana yang benar. Dengan mengerjakan soal-soal itu kamu akan mendapatkan bayangan bentuk soalnya apa saja.

Inilah situs-situs yang menyediakan tes psikotes online:

Latihanpsikotes.com

Situs tes psikotes online ini menyediakan soal-soal psikotes yang cukup beragam, sesuai dengan namanya. Kamu bisa memilih jenis soal yang menurutmu paling sulit atau bisa memilih yang paling mudah. Semuanya sudah dikategorikan. 

Selain itu jika kamu tidak memahami soalnya, kamu dapat menemukan penjelasan dari jawabannya, jadi kamu pun akan tahu bagaimana jawaban itu terbentuk. Kelebihannya yang lain adalah kamu bisa mengunduh soal-soalnya. Selain online, kamu pun dapat mengerjakannya secara offline. Pilihan ada di tanganmu lebih suka yang mana.

Proprofs.com

Situs tes psikotes online ini soal-soalnya lebih beragam lagi dan tersedia dalam 40 bahasa. Situs ini cocok untuk kamu yang ingin tahu bagaimana soal-soal psikotes yang berlaku di luar negeri sana. Hitung-hitung bisa sekalian belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Selain psikotes, situs ini juga menyediakan soal-soal lain yang bisa kamu jajal sesuai dengan kebutuhanmu. Tidak ada salahnya sesekali mengasah otak. Otak yang sering terasah biasanya memiliki kemampuan yang meningkat. 

Untuk memulai latihan psikotes, kamu dapat memilih menu Quizzes, setelah itu akan diarahkan pada menu soal-soal psikotes yang cukup banyak jumlahnya. 

Psikotesyuk.com

Merupakan situs tes psikotes online yang menyediakan soal-soal psikotes secara gratis. Sebelum kamu mengerjakan tesnya, kamu diwajibkan mendaftar dulu menjadi anggota. Caranya pun tidak terlalu rumit, dan tentunya tidak memakan biaya.

Soal-soal yang tersedia biasanya soal-soal psikotes yang sering digunakan di Indonesia. Kategori soalnya juga cukup jelas, jadi kamu bisa memilih soal-soal yang kamu sukai atau soal-soal yang menurutmu sulit.

Kamu pun diperbolehkan mengunduh soal-soal itu untuk mendapatkan akses jawaban soal yang lebih lengkap. Keuntungannya kamu jadi bisa belajar secara offline tanpa harus mengandalkan koneksi internet. 

Ggkarir.com

Situs ini menyediakan soal-soal psikotes yang cukup lengkap. Sebenarnya situs ini lebih fokus untuk kamu yang ingin mencari pekerjaan karena di sini ada banyak lowongan kerja. Situsnya memang memiliki berbagai macam fitur yang berkaitan dengan pengembangan karir. 

Tampilannya yang simpel membuat siapa saja mudah menggunakan fitur-fiturnya. Untuk kamu yang tidak suka ribet, tenang saja, menggunakan fitur di situs ini kamu tidak perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu. 

Soal-soal yang diberikan juga cukup beragam. Biasanya soal-soal yang sering digunakan ketika proses rekrutmen. Dari soal-soal itu kamu dapat menyesuaikan diri di psikotes sungguhannya.

Tipscv.com

Situs ini menyediakan tips untuk membuat CV yang bagus dan bisa digunakan untuk kamu para pelamar kerja. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur psikotes online. Soal-soal yang tersedia cukup beragam. Tersedia dalam bahasa Indonesia atau pun bahasa Inggris. Kamu dapat memilih sesuai dengan keinginan.

Kamu diperbolehkan mengunduh soal-soal yang tersedia sehingga dapat dikerjakan secara offline. Semua hal itu kamu lakukan secara gratis, tidak ada biaya sepeser pun.

Saat ini cukup banyak situs yang menyediakan soal psikotes online secara gratis. Soal-soal tersebut biasanya pernah digunakan di berbagai macam kegiatan. Untuk mengerjakan tes online seperti di atas, kamu memerlukan kuota yang cukup dan tentunya sinyal yang bagus agar soal-soalnya muncul.

Tips untuk latihan soalnya, jangan dibawa stres, santai saja karena kamu pasti mampu mengerjakan soal-soal tersebut. Soalnya pun tidak terlalu sulit. Melakukan latihan seperti itu tentunya akan membuat lebih bersiap diri menghadapi psikotes yang sesungguhnya. 

Artikel Terkait