Milenial

11 Alat Menggambar yang Dapat Digunakan Saat Latihan

Ajaib.co.id – Bagi kamu yang kerap menggambar, memiliki alat menggambar adalah hal wajib. Karena alat tersebut dapat digunakan saat latihan atau bekerja. Sehingga gambar menjadi berkualitas, baik dari sisi teknis maupun non teknis.

Menggambar bukan sekadar bagian dari pekerjaan (ilustrator atau komikus). Menggambar juga bisa menjadi terapi seni untuk orang-orang dengan kondisi tertentu atau untuk mengeksplorasi diri.

Pada dasarnya, menggambar hanya membutuhkan kertas dan pensil. Namun dalam kenyataannya banyak pilihan pensil. Buat kamu yang pekerjaan sehari-harinya menggambar, tentu tak susah menyiapkan alat-alatnya. Bagi pemula yang ingin menggambar untuk mengembangkan diri atau ingin latihan rutin terkadang masih bingung dalam memilih alat menggambar.

Dua seniman asal Inggris, Ian Sidaway dan Susie Hodge, dalam buku How to Draw: A Comprehensive Drawing Course: Still Life, Landscapes, Buildings, People, and Portraits memberikan saran tentang alat menggambar yang dapat digunakan untuk latihan, Artsy.net (05/02/2019).

  • Pensil Grafit

Pensil grafit adalah pensil yang kita gunakan sehari-hari. Pensil ini berbahan dasar grafit, sejenis karbon yang dicampur dengan tanah liat lalu terbungkus dan dipanggang. Produk pensil grafit yang banyak dijumpai di pasaranan (mulai dari keras hingga lunak serta goresan tipis sampai gelap) adalah 9H, 8H, hingga H, F, HB, B, 2B, hingga 9B.

Setiap tingkat pensil akan menghasilkan kegelapan warna berbeda serta memengaruhi tekanan pada kertas. Misal pensil H cocok untuk garis-garis tipis yang jelas, tetapi akan menggores permukaan kertas, sedangkan pensil B lebih bagus latihan dengan goresan lembut.

  • Pensil Pastel

Pensil pastel merupakan pensil berbahan dasar kapur atau setrip pastel dengan campuran warna pastel. Sekilas pensil pastel seperti pensil warna, tetapi kegunaannya berbeda. Karena pensil ini cocok buat kamu yang ingin menampilkan garis-garis terperinci, bayangan, membuat sketsa cepat, dan sangat efektif digunakan pada kertas warna. Hal itu disebabkan bahan pensil pastel tidak berlilin dan dapat tercampur dengan baik.

  • Pensil Warna

Pensil warna berbahan dasar seperti pensil grafit. Hanya saja ada kandungan pigmen dan lilin di dalamnya sehingga pensil terlihat berwarna dan mudah digunakan. Pensil warna ini tersedia dalam berbagai warna dan bentuk, seperti standar, larut dalam air, dan berefek tebal dan tipis, serta kualitas dan kelembutannya pun bervariasi.

  • Conté Stick dan Crayon

Alat menggambar berikutnya adalah conté stick dan crayon. Keduanya nyaris serupa dan bisa digunakan saat latihan maupun mengerjakan tugas sketsa berwarna.

Biasanya warna conté stick paling populer antara lain hitam, putih, cokelat, abu-abu, kuning tua, atau cokelat kemerahan. Sedangkan crayon tersedia dalam warna warni. Keduanya bisa digunakan untuk mengeblok atau menonjolkan warna pada media gambar kering.

  • Stik Arang Bambu

Stik arang bambu juga dapat digunakan sebagai alat menggambar. Salah satu bahan gambar tertua tersebut berasal dari kayu berkarbonasi ini tersedia dengan batang tipis, sedang, tebal, hingga ekstra tebal. Stik arang yang tipis cocok untuk menggambar detail dan stik tebal untuk mengarsir area yang luas.

Ada pula stik arang compressed atau disebut arang Siberia. Alat menggambar ini lebih bersih saat digunakan daripada stik arang pada umumnya. Namun menghasilkan garis yang lebih gelap dan lebih tajam, tetapi sulit untuk tercoreng atau tercampur. Jika ingin menggunakan stik arang, pertajam ujungnya dengan pisau pensil.

  • Kuas

Kuas dan pena celup dapat digunakan saat latihan watercolor. Kamu bisa membeli kuas harga terjangkau, tetapi jika ingin kualitasnya bagus, beli kuas berbulu musang. Pasalnya, kuas tersebut mampu menyimpan sejumlah besar cairan dan membuat goresan dengan baik.

  • Pena Celup

Selain kuas, kamu juga bisa menggunakan pena celup. Pena ini berbadan kayu atau plastik dengan kepala pena dari logam. Biasanya kepala bisa dilepas dan ditukar dengan pena yang lain. Namun ada pula yang tidak bisa. Jadi sebelum membeli, pastikan dulu kondisi kepala penanya.

  • Tinta 

Menggunakan alat gambar, seperti kuas atau pena celup pasti membutuhkan tinta. Ada beragam jenis dan warna tinta di pasaran. Mulai dari waterproof hingga water-soluble. Namun keduanya bisa dicampurkan dengan air untuk membuat warna atau gradasinya.

Tinta waterproof (terkenal dengan sebutan tinta Cina) cepat kering dan mudah digunakan. Tinta water-soluble cepat larut dalam air, dapat dibasahi lagi, dan ditimpa dengan warna lain.

  • Penajam 

Penajam seperti pisau pensil atau rautan juga wajib dimiliki oleh kamu yang hobi menggambar. Karena alat ini akan membuat ujung pensil runcing, bulat, atau bertekstur. Untuk rautan, pastikan bagian pisaunya tajam agar mudah digunakan.

  • Penghapus 

Penghapus berguna untuk menghilangkan kesalahan goresan atau bisa untuk membaurkan. Penghapus dempul, juga dikenal sebagai penghapus uleni, lembut dan mudah dibentuk. Pilih penghapus sesuai kebutuhan.

Penghapus lembut (biasanya berwarna putih) cocok untuk menghapus goresan pensil di kertas apapun. Penghapus plastik atau vinyl yang keras untuk membaurkan warna, tetapi tak cocok untuk menghapus di kertas tipis.

  • Kertas Gambar

Untuk latihan, kamu membutuhkan kertas gambar atau buku sketsa. Namun bagaimana dengan kualitas kertasnya? Pertama, kertas dengan permukaan berlubang dan bertekstur tinggi cocok untuk pekerjaan yang lebih berani dan ekspresif. Kamu bisa menggunakan arang, kapur, pensil pastel, atau pensil grafit pada media ini.

Kedua, kertas dengan permukaan sangat halus atau dikenal sebagai hot press. Kertas ini paling cocok untuk menggambar dengan pena dan tinta, wash drawing, dan pensil grafit lunak. Tidak cocok untuk stik arang bambu. 

Ketiga, kertas berkualitas tinggi atau berlabel acid free (proses penetralan keasaman kertas agar tidak menjadi coklat atau rapuh). Contohnya adalah kertas cartridge atau kertas standar menggambar. Kertas ini tersedia dalam berbagai berat, ukuran, dan kualitas.

Dari alat menggambar di atas,manakah yang sudah kamu miliki?

Artikel Terkait