Cara Menaksir Harga Emas 24 Karat Per Gram, Wajib Kamu Pahami!

Cara Menaksir Harga Emas 24 Karat Per Gram, Wajib Kamu Pahami!
Cara Menaksir Harga Emas 24 Karat Per Gram, Wajib Kamu Pahami!

Beberapa tahun terakhir ini harga emas 24 karat per gram terus melonjak naik. Bagi sebagian orang yang sudah berinvestasi emas tentunya ini merupakan kabar baik. Namun sebagian lainnya mulai bertanya-tanya kapan harga emas kembali turun, sehingga mereka bisa berinvestasi emas sesuai dengan anggarannya.

Jangan khawatir, akan ada waktnya harga emas turun, karena harganya memang cenderung fluktuatif. Untuk melihat gambaran harga emas 24 karat per gram, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Membandingkan Harga Emas dan Domba atau Kambing

Cara sederhananya adalah dengan membandingkan harga emas dengan domba atau kambing kurban. Kedengarannya memang kurang ilmiah dan tidak masuk akal, namun berpatokan bahwa kekuatan emas dari sejak zaman dahulu sampai hari ini. Semoga sampai hari akhir nanti, selalu bisa digunakan untuk membeli seekor kambing atau domba yang baik untuk kurban.

Dengan demikian kita bisa menggunakan perbandingan emas dan kambing ini sebagai timbangan sederhana. Sebagai contoh, jika harga emas sudah terlalu tinggi dibandingkan harga kambing, maka lebih baik jual emas tersebut dan belikan kambing. Begitupun sebaliknya.

Menggunakan Persamaan Bretton Woods

Cara ini lebih ilmiah dalam mencari tau apakah harga emas sudah terlalu tinggi. Caranya adalah dengan menggunakan persamaan Bretton Woods.

The Value of Money = Monetary Base : Official Gold Holdings

Dalam keterangannya,

The Value Of Money = Nilai sebuah mata uang dibandingkan dengan emas

Monetary Base = Uang yang beredar ditambah cadangan (reserve)

Reserve = Uang yang ada di bank sentral dan yang ada di brankas perbankan.

Dan terakhir, Official Gold Holdings = Cadangan emas yang dimiliki oleh bank sentral sebuah negara.

Menentukan Kadar Kemurnian Emas pada Perhiasan

Standar umum yang berlaku di dunia kadar kemurnian emas ditemui adalah sebagai berikut:

  • Emas 24 karat: Emas murni 99,99%.
  • Emas 22 karat: Komposisi 91,7% emas, dicampur bahan lain seperti perak 8,3%.
  • Emas 20 karat: Komposisi 83,3% emas.
  • Emas 18 karat: Komposisi 75% emas.
  • Emas 16 karat: Komposisi 66,6% emas.
  • Emas 14 karat: Komposisi 58,5% emas.
  • Emas 9 karat: Komposisi 37,5% emas.

Setelah mengetahui kadar kemurniannya, kamu bisa menghitung nilai emas menggunakan persamaan di bawah ini

Nilai Emas = Harga Logam Mulia x Persen Kadar Emas.

Mengetahui Sistem Umum Toko Emas

Jika kamu berjual beli dari toko emas, maka kamu perlu mengetahui bagaimana toko emas tersebut memperoleh keuntungannya. Sama seperti kamu, toko emas pun tentu mengambil untung dalam setiap transaksinya. Umumnya toko emas akan mencari untung 3 hingga 5% dari harga emas yang dijualnya. Karena itu, jangan heran kalau toko emas akan menawar emas kadar 80% menjadi 75%.

Nah, intinya kalau murni untuk investasi sebaiknya memilih emas batangan atau dinar. Kalau hanya untuk fashion dan dipakai sehari-hari silakan membeli perhiasan sesuai dengan gaya dan selera. Intinya jangan sampai memaksakan mau beli emas tapi tidak menguasai ilmunya akhirnya malah dapat harga tinggi. Semoga bermanfaat ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait