Bisnis & Kerja Sampingan

10 Cara Berdagang yang Bikin Profit Meningkat

Jika kamu seorang pengusaha, dalam satu titik pastilah sempat bertanya-tanya dan ingin tahu bagaimana cara berdagang yang menguntungkan? Dalam memudahkan cara berdagang yang menguntungkan, tentunya kamu harus memahami pola dan cara berdagang bukan? Apalagi jika kamu seorang pemula.

Melalui perkembangan era yang serba canggih saat ini, perdagangan kian meluas hingga mencapai perdagangan internasional atau ekspor. Kamu perlu mengetahui apa tujuanmu ketika memilih untuk berdagang. Selain itu, kamu juga harus tahu apa saja yang dibutuhkan agar tetap bisa bersaing dengan usaha dagang yang kamu miliki.

Tentunya akan ada banyak jenis-jenis usaha dagang yang berkembang saat ini. Selain mengambil pedoman dari organisasi dagang dunia, hal yang harus kamu pahami agar usaha kamu tidak mengalami kemunduran atau tidak berkembang adalah mengetahui cara berdagang. Inilah mengapa kamu harus mengetahui tips dan trik cara berdagang agar tetap memperoleh keuntungan dan berkembang. Adapun cara berdagang antara lain :

1. Kuasai Pasar

Cara berdagang yang pertama adalah dengan menguasai pasar bisnis yang kamu jalani saat ini. Agar kamu bisa dipercaya sebagai pemasok utama, tentunya kamu harus memiliki reputasi dan nama yang bagus terlebih dahulu. Ini memerlukan modal dan dan usaha untuk membangun brand yang dipercaya masyarakat.

Misalkan kamu memiliki produk yang ramai dijual di pasaran atau merupakan kebutuhan konsumen sehari-hari. Selain itu, kamu juga harus menjaga kualitas produkmu, kenyamanan pembeli, agar tetap loyal mengeluarkan uangnya untuk membeli produkmu. Jika market produk sudah kamu kuasai, maka kamu hanya tinggal menjaga kepercayaan tersebut.

2. Pelajari Pesaing

Kamu juga harus mengetahui kelemahan dan kekuatan kompetitor yang juga menjuak dan memperdagangkan produk yang berbahan dasar sama denganmu. Tunjukkan kelebihan dari produkmu dengan sustainable yang terjaga.

Jika produkmu mempertahankan kualitas, maka sudah pasti pembeli akan setia berlangganan produkmu. Cara berdagang ini lebih kepada menunjukkan ciri khas produkmu yang tidak dimiliki produk serupa lainnya. Dengan memahami ciri khas dari setiap pesaing, nantinya akan mempermudahmu dalam mencari peluang untuk meningkatkan pelayanan memperoleh banyak pelanggan yang sudah pasti akan meningkatkan pendapatan penjualanmu.

3. Kurangi Sifat Bos

Cara berdagang selanjutnya adalah dengan mengurangi sifat-sifat yang kurang baik. Misalkan saja sikapmu yang seolah seperti bos. Dalam memudahkan kamu berdagang, sifat seperti bos akan membuat pelanggan kesal sehingga akan mengurangi peluangmu untuk memperoleh pendapatan.

Dalam berjualan, ada istilah pembeli adalah raja. Maka dari itu, hilangkan sikap yang seperti bos, jika tidak ingin pelanggan kabur dan memilih produk lain yang dijual dengan penuh keramahtamahan.

4. Visi dan Misi

Cara Berdagang selanjutnya adalah dengan menentukan visi dan misi. Fokus dengan visi misi mengenai cara berdagang yang baik dan menguntungkan. Penentuan visi misi dari bisnis ini akan menjadi syarat mutlak dalam mendirikan lini bisnismu.

Visi misi ini diperlukan agar kedepannya kamu memiliki semangat ketika perusahaan mengalami masalah. Visi misi ini nantinya yang mengembalikan tujuan awal kamu dalam membuat sebuah perusahaan.

Visi misi juga memudahkanmu untuk mencapai target-target perusahaan, di mana target perusahaan berkaitan dengan keuntungan atau profit yang kamu peroleh.

5. Berinovasi

Bisnis yang bertahan adalah bentuk bisnis yang mengikuti perkembangan zaman. Ini termasuk bagaimana caramu dalam berinovasi terhadap produk-produk. Kamu harus selalu kreatif dan inovatif dalam meningkatkan daya saing produk.

Hal ini penting agar pasar tidak merasa jenuh dengan apa yang mereka beli setiap harinya sebagai kebutuhan mereka. Dengan adanya inovasi, maka ke depannya kamu juga akan dilihat sebagai perusahaan atau brand yang maju karena mampu melakukan terobosan-terobosan dalam meningkatkan daya saing produk.

Lakukanlah beberapa inovasi ataupun kreasi dalam produkmu, sehingga dikenal karena memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri dibandingkan produk lainnya.

6. Kerja Keras

Tidak ada yang memungkiri bahwa keberhasilan seseorang tidak lebas dari bentuk usaha dan kerja keras yang dijalani. Oleh sebab itu, jangan merasa cepat puas dengan pencapaian, karena pada dasarnya untuk membangun usaha berbanding lurus dengan kerja keras yang akan menghasilkan kesuksesan.

Jika ingin produkmu menjadi laku di pasaran, maka kamu harus berusaha maksimal. Karena kerja kerasmu tidak mungkin akan mengkhianati hasil yang kamu capai. Banyak contoh pengusaha sukses yang mengawali karirnya dari bawah, dalam kisah suksesnya pastilah ada kerja keras yang konsisten dilakukan hingga mendapatkan posisi prestigious saat ini.

7. Investasi

Dalam menjalani usaha, berinvestasi juga tidak kalah penting dimana sebagian pedagang sukses umumnya akan menginvestasikan keuntungannya yang nantinya akan digunakan untuk modal usaha selanjutnya. Keuntungan yang kamu simpan dalam bentuk investasi akan menghasilkan bunga yang menguntungkan yang bisa digunakan untuk ekspansi usaha.

Investasi juga akan mengurangi potensi usahamu mengalami kebangkrutan atau gulung tikar, di mana sebelum itu terjadi kamu sudah memiliki antisipasi berupa dana segar yang sewaktu-waktu bisa digunakan untuk menunjang bisnismu.

8. Hobi

Jangan menganggap bahwa berdagang adalah sebuah keharusan, namun cobalah untuk membuat perdagangan itu menjadi sebuah hobi yang kamu jalankan sehari-hari. Ini akan memudahkanmu untuk lebih senang dalam melakukan branding produkmu. Bukankah menjalankan hobi merupakan sebuah kesenangan? Apalagi hobi tersebut bisa mendatangkan keuntungan.

9. Keramahan dan Sikap Menjual

Dengan bersikap ramah saat menjual produkmu, maka pelanggan akan betah untuk berbelanja di tempatmu. Hal ini menunjukkan bahwa sikap positif seseorang mampu membuat lingkungan sekitarnya juga mendapatkan feedback yang positif. Maka dari itu jangan lelah untuk menunjukkan sikap ramah.

10. Cekatan

Cara Berdagang selanjutnya adalah bersikap cekatan dan sigap dalam menghadapi tuntutan pelanggan. Fast response adalah satu hal yang paling penting, agar pembeli tidak lari kepada penjual lain. Apalagi jika sedang kedapatan pengunjung yang ramai, sistem kerja cekatan ini sangat dibutuhkan.

Bacaan menarik lainnya:

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait