Investor Pemula

Umur 20 Tahunan, Inilah Investasi yang Paling Cocok

Umur 20 tahunan adalah usia yang sudah terhitung dewasa. kini saatnya kamu memulai investasi untuk masa depanmu. Kamu bisa mulai dari investasi untuk pemula.

Ajaib.co.id – Umur 20 tahunan adalah usia yang sedang sangat produktif. Kamu sedang dalam masa memiliki waktu dan tenaga yang banyak untuk bereksplorasi. Selain itu, usia anak muda merupakan usia yang pas untuk memulai investasi.

Keuangan adalah salah satu komponen penting yang perlu kamu rencanakan sejak dini, terutama di usia 20 tahunan. Pada awalnya, mungkin kamu hanya menyimpan uangmu di bank. Namun selain menabung uang di bank, ada baiknya kamu juga melakukan investasi sejak dini. Kalau kamu belum pernah mencoba investasi sebelumnya, kamu bisa coba instrumen investasi untuk pemula.Berikut ulasan mengenai investasi untuk umur 20 tahunan yang cocok untuk anak muda.

Mengapa Kamu Perlu Melakukan Investasi?

Mengapa sih banyak sekali saran yang begitu gencar untuk segera melakukan investasi? Ya, investasi memang memberikan banyak keuntungan. Lupakan dulu soal beragam mitos yang muncul soal investasi atau kekhawatiran tentang investasi bodong. Semua ada risikonya, sekaligus juga dapat diminimalisir.

Biar kamu betul-betul mantap berinvestasi, berikut ini alasan mengapa kamu perlu melakukan investasi:

Menambah Simpanan

Jika kamu melakukan investasi, uang yang kamu miliki akan mengalami pertambahan nilai. Tentu hal ini berguna untuk masa depan keuanganmu nantinya.

Memudahkan Kamu dalam Mewujudkan Cita-Cita

Jika kamu berinvestasi, kamu akan lebih mudah untuk mengejar cita-citamu. Dengan perencanaan matang dan konsistensi, kebutuhan keuangan untuk mencapai cita-cita tidak terasa terlalu berat setelah lulus kuliah. Misalnya saja kamu bercita-cita untuk berkuliah lagi, dana investasi tersebut akan memudahkanmu dalam meraihnya.

Memiliki Dana Darurat

Investasi yang kamu lakukan juga bisa menjadi dana darurat untuk kamu. Ketika keuanganmu sedang tidak baik ataupun terjadi hal-hal tidak terduga, kamu bisa memanfaatkan dana investasimu. Pastikan investasi tersebut adalah investasi yang mudah diuangkan, misalnya emas. Jadi, selain bersenang-senang di usia 20-an, kamu juga harus mulai memikirkan hal ini.

Dana untuk Masa Tua

Investasi juga bisa kamu gunakan sebagai dana untuk masa tua atau masa pensiunmu. Selain itu kamu juga bisa mempersiapkan dana untuk beribadah maupun untuk mendirikan usaha.

Sebelum melakukan investasi, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut:

Kelola Keuangan yang Kamu Miliki

Sebisa mungkin pengeluaran lebih kecil dari gaji yang kamu miliki. Biasakan selalu menyisihkan dana khusus untuk investasi.

Bila Perlu, Ambil Pekerjaan Tambahan

Agar keuangan harian dan investasi yang kamu lakukan bisa tercukupi, kamu juga bisa mengambil pekerjaan tambahan. Pekerjaan tambahan tersebut dapat menambah penghasilan kamu.

Membedakan Dana untuk Investasi dan untuk Tabungan Pribadi

Memisahkan keuangan ini bertujuan agar dana yang kamu sisihkan bisa terfokus untuk berinvestasi.

Tetapkan Tujuan Investasimu

Tetapkan tujuan investasi, apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek. Kemudian, tentukan juga investasi tersebut akan digunakan untuk keperluan apa. Hal tersebut bermanfaat untuk menentukan berapa besaran dana yang akan kamu investasikan.

Sesuaikan dengan Jumlah Dana Investasimu

Sebelum berbicara investasi lebih jauh, ada baiknya rencanakanlah jumlah dana investasi yang akan kamu jalankan. Rencana ini berfungsi untuk menyesuaikan jenis investasi apa yang akan kamu lakukan.

Tentukan Jenis Investasi

Setelah menentukan dana investasi, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memilih jenis investasi yang sesuai dengan dana milikmu.

Perhatikan Faktor Risiko

Saat memilih investasi, perhatikan juga faktor risiko yang akan ditimbulkan. Perhatikan kemungkinan kerugian yang timbul dari investasi yang kamu lakukan.

Jenis Investasi di Umur 20-an

Jika kamu masih belum punya bayangan soal jenis investasi yang akan kamu jalankan, berikut ulasan jenis investasi yang cocok untuk anak muda usia 20an.

Investasi Emas

Pilihan investasi yang pertama adalah investasi emas. Investasi emas adalah investasi yang bisa kamu sesuaikan dengan biaya yang kamu miliki. Selain itu, proses pembeliannya juga mudah.

Investasi Deposito

Investasi deposito adalah investasi berupa tabungan berjangka dengan bunga sedikit lebih tinggi daripada tabungan biasa. Kamu hanya bisa menarik dana milikmu pada waktu yang sudah disepakati.

Investasi Reksa dana

Pilihan investasi lainnya adalah reksa dana. Reksa dana tidak membutuhkan dana yang besar. Contohnya, hanya dengan Rp10.000, kamu sudah bisa berinvestasi di aplikasi Ajaib.

Investasi Saham

Investasi lainnya yang dapat kamu coba adalah investasi saham. Memang, saham dapat dikatakan sebagai salah satu instrumen investasi yang paling rumit untuk pemula. Namun, justru karena masih ada di masa muda, kamu punya banyak waktu untuk belajar, mengingat hasil investasi saham tergolong tinggi.

Kamu bisa membeli saham dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Zaman pun makin mudah karena kamu bisa beli saham cukup lewat aplikasi seperti Ajaib.

Investasi yang tidak kalah penting lainnya adalah investasi pendidikan. Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi kelangsungan masa depanmu kelak. Ilmu yang kamu dapatkan akan bermanfaat untuk masa depanmu kelak, tentu saja jika ilmu yang kamu miliki itu kamu terapkan, ya. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan hasil investasi danamu untuk ditujukan juga guna pengembangan diri.

Prioritas Tujuan Investasi di Umur 20-an

Setelah mengetahui berbagai macam investasi yang cocok untuk anak muda, kamu perlu merencanakan prioritas keuanganmu. Berikut prioritas keuangan masa depan yang perlu kamu siapkan:

Persiapan Pernikahan

Umur 20 tahunan adalah masa-masa di mana kamu kerja keras dan memiliki penghasilan sendiri. Pada usia ini pula sebagian besar orang telah berpikir atau berencana menikah. Di sinilah kamu dapat merencanakan keuangan untuk biaya pernikahan.

Biaya Membeli Tanah/Rumah

Biaya lainnya yang perlu kamu siapkan adalah biaya untuk membeli tanah dan atau rumah. Hal ini perlu kamu siapkan pula agar kelak bisa mendapat rumah impian yang baik dan layak. Apalagi saat ini harga properti terus meroket naik dan makin tak tergapai.

Persiapan Hari Tua

Siapkan dana khusus untuk digunakan di hari tua. Dana tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mencukupi kebutuhanmu di hari tua atau pun di masa-masa tidak terduga. Ketika sudah tua, tentu kita tidak akan seproduktif saat muda. Jadi, di masa tua nanti, kamu dapat berlega hati karena keuangan masih terjaga dan kamu tidak perlu bekerja sekeras ketika masih muda.

Asuransi

Dana lainnya yang perlu kamu siapkan adalah dana untuk asuransi. Asuransi akan membantu kamu dalam keadaan darurat. Dengan adanya asuransi, kamu jadi tidak perlu mengorbankan dana atau tabungan yang sudah ada.

Nah, itu tadi resolusi keuangan untuk anak muda yang bisa kamu coba mulai umur 20 tahunan. Investasi mulai umur 20 tahunan akan lebih mudah kamu lakukan karena kamu masih punya waktu, kesempatan, dan dana sekaligus masih minim tanggungan.

Saat ini investasi bisa kamu lakukan dengan mudah. Cukup dengan uang Rp10.000, kamu sudah bisa melakukan investasi. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Ajaib di Google Play. Aplikasi Ajaib adalah aplikasi yang cocok digunakan untuk pemula.

Selain itu, Ajaib juga sudah mengantongi izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan dana yang kamu investasikan. Ayo mulai investasi sekarang!

Artikel Terkait