Cara Menabung dengan Sederhana yang Bisa Dilakukan Semua Orang

Cara Menabung dengan Sederhana yang Bisa Dilakukan Semua Orang
Cara Menabung dengan Sederhana yang Bisa Dilakukan Semua Orang

Salah satu cara untuk mengatur keuangan adalah dengan menabung. Namun, masih banyak orang yang merasa bingung untuk menentukan cara menabung yang tepat agar konsisten dan berhasil. Bahkan, tak jarang mereka merasa kesulitan menyisihkan uang tiap bulannya untuk menabung.

Ada saja alasan yang dilontarkan seperti kebutuhan hidup yang makin lama makin melonjak. Padahal, bukan itu alasannya. Melainkan uangmu habis untuk gaya hidup seperti nongkrong di kafe, mengikuti tren kekinian, beli barang karena diskon, dan sebagainya.

Jika dihitung-hitung, saat kamu mengikuti gaya hidup seperti yang disebutkan di atas, kamu bisa menghabiskan dana sekitar Rp1.000.000. Maka dari itu, agar uang tidak habis untuk hal itu, lebih baik ditabung demi masa depan yang lebih cerah. Bagi yang bingung bagaimana caranya, di bawah ini akan dijelaskan cara menabung dengan sederhana yang bisa dilakukan oleh semua orang.

Menabung di Toples Transparan

Menabung di toples menjadi salah satu cara yang bisa diterapkan dan bisa dikatakan menjadi salah satu yang paling efektif. Kamu bisa mulai dengan menggunakan toples atau wadah kaca yang transparan. Hal itu dilakukan agar kamu makin terpacu untuk memenuhi toples tersebut. Selain itu, kamu bisa pasang tulisan mengenai mimpi yang akan diwujudkan dengan tabungan tersebut. Untuk memulainya, kamu bisa menyisihkan Rp20.000 per harinya untuk dimasukan ke toples tersebut. Bayangkan, jika konsisten kamu bisa mencapai Rp7.200.000 dalam waktu setahun.

Celengan Berbentuk Unik

Pada dasarnya, menabung di celengan sama saja seperti menabung di toples. Namun, yang membuat berbeda ialah saat kamu menabung di celengan kamu tidak bisa melihat jumlah uang yang sudah ditabung. Dengan begitu, nantinya kamu akan terkejut sendiri saat celengan itu dibongkar. Untuk memulainya, kamu bisa memilih bentuk celengan yang cukup besar dan unik. Sehingga kamu akan berpikir berulang kali untuk memecahkan celengan tersebut.

Menabung sesuai Tanggal

Cara menabung selanjutnya ialah dengan menggunakan metode tanggalan. Maksudnya, kamu menyimpan uang di dalam suatu wadah dengan nominal yang menyesuaikan tanggalan. Sebagai contoh, tanggal 1 kamu menabung Rp1.000, tanggal 2 sebesar Rp2.000, dan seterusnya hingga akhir bulan. Jika sudah akhir bulan, kamu akan terkejut dengan hasilnya yang lumayan. Setelah itu uangnya bisa dialokasikan ke investasi, salah satu reksa dana. 

Arisan

Ikut arisan bisa dilakukan saat kamu bingung bagaimana cara menabung dengan konsisten. Dengan ikut arisan, mau tidak mau kamu harus setor tiap bulannya. Dan saat kamu mendapatkan arisan, gunakanlah untuk hal-hal yang penting atau bisa dialokasikan untuk investasi.

Nah itulah empat cara menabung dengan sederhana yang bisa dilakukan semua orang. Selain mudah, keuntungan yang didapatkan juga bisa dikatakan lumayan. Jadi, kamu akan ikuti cara menabung yang mana?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , ,
Buat Deposit Pertama Sekarang
Artikel Terkait