Cara Membeli Saham yang Mudah bagi Investor Pemula

Cara Membeli Saham yang Mudah bagi Investor Pemula

Sekarang ini investasi sudah jadi kebutuhan untuk mencari pendapatan lain demi masa depan yang lebih baik. Tetapi, gimana cara membeli investasi saham itu? Mungkin buat kamu ini terlihat rumit! Sebetulnya tidak dan cukup mudah. Namun, bagi orang awam wajar bila investasi saham terlihat ribet dan identik harus menjadi kaya dulu baru bisa berinvestasi.

Memang investasi saham itu terdengarnya mengerikan, namun jangan menyerah dulu. Kamu harus memahami dan mempelajari seluk beluk investasi saham dengan benar. Untuk itu, buat kamu investor pemula, di sini Ajaib akan memandu Anda dengan tips berinvestasi saham yang baik dan benar.

Buka Rekening Saham atau Efek

Baik rekening saham maupun rekening tabungan, keduanya sama-sama membutuhkan rekening. Bedanya hanya pada kantor-kantor perusahaan yang harus kamu datangi. Jika membuka rekening tabungan pastinya ke kantor bank terkait. Sedangkan untuk membuka rekening saham harus datangi kantor perusahaan sekuritas atau melalui broker.

Kamu juga bisa membuka rekening saham melalui online sehingga lebih praktis. Nantinya kamu hanya perlu mengisi form yang ada di situs perusahaan sekuritas tersebut. Setelah diisi, perusahaan akan mengirim lagi form untuk ditandatangani. Kemudian form tersebut dikirimkan kembali ke alamat perusahaan sekuritas untuk proses verifikasi.

Jangan lupa sertakan dokumen-dokumen lain saat mengembalikkan form registrasinya berupa KTP atau paspor, NPWP, fotokopi buku tabungan, fotokopi Kartu Keluarga, serta Materai 6 ribu. Pastikan untuk memilih perusahaan sekuritas yang diatur dan diawasi langsung oleh OJK.

Setoran Awal ke Rekening Saham

Saat membuka rekening saham, kamu akan diminta untuk menyetorkan sejumlah dana. Nominalnya sendiri bervariasi, rata-rata minimal investasinya di kisaran Rp5 juta hingga Rp10 juta. Tetapi ada juga yang menawarkan minimal Rp100.000, tergantung dari kebijakan perusahaan sekuritasnya. Jadi untuk setoran awalnya sesuaikan dengan budget kamu ya.

Download Aplikasinya

Setelah rekening sahammu aktif, ada banyak fasilitas untuk melakukan transaksi, bisa lewat aplikasi online, atau website. Biar lebih mudah kamu unduh aplikasi saham trading yang bisa diunduh di perusahaan sekuritas pilihan kamu atau Google Playstore. Aplikasi online ini memiliki versi yang sudah lengkap didalamnya dan didukung juga aplikasi mobile dengan tampilan sederhana. Kamu hanya perlu menginstalnya sebelum digunakan. Jika masih bingung mengoperasikannya, datang saja ke customer care sekuritasnya dan minta diajari cara menggunakannya.

Beli Saham

Jika langkah-langkah cara membeli saham di atas sudah dilalui, saatnya kamu untuk berinvestasi saham. Namun, sebelum itu pastikan kamu tahu tujuan untuk investasi, apakah untuk jangka pendek atau jangka panjang. Selanjutnya kamu harus tahu caranya menganalisa saham-saham yang sedang naik.

Cara pembeliannya di aplikasi akan tertera nominal harga saham per lembarnya. Kamu hanya perlu memilih buy dan input berapa jumlah lot yang ingin dibeli. Umumnya minimal pembelian itu 100 lembar atau 1 lot.

Bagaimana? Cara membeli saham itu tidak sesulit yang dibayangkan bukan. Jangan lupa untuk memperbanyak pengetahuan tentang saham, khususnya buat yang ingin terjun sebagai trader saham. Selain itu, wajib untuk mengikuti perkembangan soal isu-isu perekoniman, bisnis dan industri terkini. Hal itu akan membantu kamu untuk mengetahui seberapa kuat saham dari perusahaan sekuritas yang kamu pilih, apakah trennya akan naik atau turun dalam waktu dekat.

Buat kamu yang ribet dan bingung menentukan saham apa yang mau kamu beli. Percayakan keputusanmu dengan Ajaib. Di mana, dengan Ajaib kamu bisa diberikan pilihan investasi saham sesuai dengan kondisimu. Kamu juga bisa melakukan konsultasi gratis dengan tim profesional yang akan menjawab semua masalah dan kebingunganmu di dunia saham. Jadi, jangan ragu dan mulai investasi saham sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait