Dunia Kerja

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita, Apa Saja?

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita

Ajaib.co.idPekerjaan tertentu masih didominasi oleh pria. Namun, beberapa pekerjaan lain terbuka bagi pria dan wanita. Bahkan, wanita bisa mendapatkan penghasilan atau gaji tertinggi untuk pekerjaan tertentu. Jadi, apa saja pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita?

Apa Saja Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita

Berikut adalah daftar sejumlah pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita.

1. CEO

Menyadur USA Today, posisi Chief Executive Officer (CEO) menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi. CEO tak hanya didominasi oleh pria. Kini, sudah banyak CEO yang berjenis kelamin wanita. Tak hanya di luar negeri, CEO beberapa perusahaan Indonesia juga adalah wanita.

Namun, istilah CEO di Indonesia bisa berbeda, misalnya ada yang menyebutnya direktur utama, presiden direktur dan sebagainya. Gaji tinggi seorang CEO sebanding dengan tugasnya. Tugas CEO antara lain merencanakan, mengatur, dan sekaligus memantau jalannya kegiatan operasional perusahaan.

Seorang CEO juga biasanya yang menentukan kebijakan-kebijakan strategis perusahaan. Di Indonesia, gaji seorang CEO bisa mencapai ratusan juta rupiah per bulan. Karenanya, CEO merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita.

2. Manajer Departemen Teknologi Informasi (TI)

Kini, sudah banyak wanita yang tertarik terhadap bidang teknologi informasi (TI). Sebelum masuk ke ranah pekerjaan, ketertarikan ini bisa dilihat dari makin banyaknya wanita yang meneruskan pendidikan tingginya di jurusan atau program studi mengenai TI.

Merujuk College Consensus, seorang manajer departemen TI menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita. Gaji seorang manajer departemen TI di Indonesia dapat menjangkau puluhan juta rupiah tiap bulannya.

Tugas seorang manajer departemen TI antara lain merencanakan, merancang, mengoordinasikan, menerapkan, menganalisis, dan sekaligus memantau pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan bidang TI dalam sebuah perusahaan.

3. Manajer HRD

Seorang wanita juga tak sedikit yang menjadi manajer Human Resources Department (HRD) dalam sebuah perusahaan. Beban kerja manajer HRD tidak ringan. Cakupan tugasnya antara lain merancang, menerapkan, dan memantau proses rekrutmen.

Tak hanya itu, seorang manajer HRD juga bertanggung jawab terhadap pengaturan remunerasi, pengembangan kualitas karyawan hingga menyelesaikan konflik personalia yang terjadi di perusahaan. Dengan beban kerja seperti itu, manajer HRD menjadi salah satu profesi dengan gaji tinggi untuk perempuan.

4. Analis Manajemen

Terkadang, top management dalam sebuah perusahaan memerlukan keahlian pihak ketiga dalam menangani hal-hal terkait struktur operasi organisasi. Pihak ketiga itu biasanya adalah seorang analis manajemen, yang dapat memberi gaji tinggi untuk perempuan.

Kini, sudah banyak wanita yang memiliki pekerjaan sebagai analis manajemen. Cakupan tugasnya antara lain meninjau dan menganalisis prosedur, sistem, manual, laporan dan materi-materi lainnya yang berkaitan dengan struktur operasi organisasi.

Seorang analis manajemen yang cakap harus bisa mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis dan menggabungkannya dengan pemikiran logis untuk menemukan solusi dari suatu masalah. Tak kalah penting, ia juga harus memiliki kecerdasan emosional yang baik.

5. Manajer Pengembangan Bisnis

Kini, wanita juga banyak yang memiliki pekerjaan sebagai manajer pengembangan bisnis (business development manager) dalam sebuah perusahaan. Dengan gaji hingga ratusan juta rupiah per tahun, seorang manajer pengembangan bisnis yang cakap harus memiliki kreativitas tinggi untuk mendukung target perusahaan, khususnya pendapatan. 

6. Air Traffic Controller (ATC)

Di Indonesia, Air Traffic Controller (ATC) dikenal juga dengan sebutan pemandu lalu lintas udara. Tak hanya pria, pekerjaan satu ini juga banyak yang dijalankan oleh wanita. Seorang ACT bergaji tinggi. Hal ini sepadan dengan tanggung jawabnya.

Seorang ACT antara lain memberikan layanan pengaturan lalu lintas udara, termasuk mengatur pesawat. Ia juga memantau dan mengarahkan pilot untuk menjaga jarak antarpesawat di sekitar landasan.

7. Manajer Marketing dan Sales

Pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita yang selanjutnya adalah manajer marketing dan sales. Seorang manajer marketing dan sales di perusahaan terkemuka bisa menerima gaji puluhan juta per bulannya.

Dengan gaji sebesar itu, perusahaan mengharapkan manajer marketing dan sales mampu mengembangkan strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang efektif dapat mendongkrak penjualan perusahaan.

Selain memiliki ‘naluri’ jualan baik, seorang manajer marketing dan sales juga dituntut memiliki kemampuan manajerial dan mengelola staf dengan baik pula.

8. Apoteker

Sekilas, seorang apoteker hanya bertugas meramu obat berdasarkan resep dokter. Sebenarnya, tugas apoteker lebih luas daripada itu.

Seorang apoteker juga bisa menawarkan saran tentang penggunaan obat. Cakupan tugasnya bisa bertambah karena ia juga harus berada di laboratorium untuk asistensi dan melakukan tes atas suatu produk kesehatan. Seorang apoteker harus menempuh perguruan tinggi di bidang farmasi.

Selain itu, ia juga harus mengantongi lisensi agar bisa bekerja di rumah sakit, apotek, atau fasilitas kesehatan lainnya. Lisensi tersebut pun diterima dengan melalui serangkaian ujian. Jadi, tak mudah untuk menjadi seorang apoteker.

Namun, hal tersebut setimpal dengan gaji tinggi yang bisa didapatnya. Pekerjaan sebagai apoteker kini banyak dilakoni oleh wanita. 

9. Developer

Developer di sini bukan merujuk pada konteks perumahan, melainkan berbau teknologi. Turunannya bisa beragam, yakni web developer, Android developer dan sebagainya. Sudah banyak wanita yang ahli di bidang ini. Gajinya pun terbilang fantastis.

Menariknya lagi, pekerjaan sebagai developer di bidang teknologi diproyeksi tetap dan bahkan makin dibutuhkan di tahun-tahun mendatang seiring revolusi industri 4.0. Bukan tak mungkin, turunan developer ke depannya makin bervariasi sehingga membuka lapangan kerja lebih luas lagi.

10. Psikolog

Kesehatan mental makin menjadi perhatian dewasa ini seiring pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Hilangnya pekerjaan, desakan ekonomi hingga keretakan rumah tangga akibat pandemi Covid-19 dapat menganggu kesehatan mental seseorang.

Di sinilah diperlukan keahlian seorang psikolog. Tak sekadar konseling, seorang psikolog bertanggung jawab untuk mengevaluasi, mendiagnosis, mengobati, dan memantau pasien yang mengalami gangguan kesehatan mental.

Jadi, seorang psikolog berperan vital dalam kesehatan seseorang, khususnya dari aspek psikis. Maka, tak heran bila psikolog memiliki gaji yang termasuk tinggi. Kabar baiknya, tidak sedikit wanita yang berprofesi sebagai psikolog. 

Artikel Terkait