Pajak

Cara Lapor Pajak yang Cepat dengan e-Filing

cara lapor pajak

Bagi yang masih bingung dengan cara lapor pajak, jangan khawatir. Pasalnya, redaksi Ajaib akan memberikan lapor pajak dengan cara cepat melalui e-filing sebagai berikut ini.

Lapor pajak sebenarnya adalah hal yang wajib dilakukan oleh masyarakat Indonesia, utamanya yang sudah berpenghasilan sebagai sumber utama pembangunan sarana dan prasaran yang ada. Sayangnya dalam penerapannya, lapor pajak masih jarang sekali dilakukan oleh sebagian orang.

Padahal, berbagai bentuk pajak seperti pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai atau PPN dan pajak penjualan atas barang mewah masing-masing memberikan efek yang berbeda kepada kehidupan sehari-hari.

Lalu sebenarnya bagaimana cara lapor pajak yang tepat dan cepat? Apalagi mengingat ini akhir tahun, penting untuk membangun dasar lapor pajak yang baik.

Memahami Aplikasi e-Filing

Perkembangan zaman yang sudah semakin maju membuat cara lapor pajak juga berbeda, salah satunya keberadaan e-filing. Lalu apa sebenarnya itu e-filing? E-filing merupakan sistem yang memiliki fungsi utama untuk melaporkan Surat Pemberitahuan atau SPT secara online.

Satu fakta yang mungkin baru kamu ketahui adalah e-filing sebenarnya sudah ada semenjak tahun 2005. Namun, baru mulai populer sekarang karena di tahun tersebut masih ‘menumpang’ pada aplikasi yang disediakan oleh perusahaan swasta. Tujuh tahun berselang, baru e-filing disediakan secara gratis.

Cara Lapor Pajak Online dengan e-Filing

Cara lapor pajak melalui e-filing sebenarnya cukup mudah sehingga seharunya lapor SPT bisa berjalan dengan lancar. Berikut beberapa syarat yang harus dipersiapkan untuk lapor pajak dengan e-filing, yaitu:

  • SPT atau Surat Pemberitahuan, baik dalam bentuk hard copy atau soft copy.
  • Kode EFIN atau Electronic Filing Identification Number
  • kamu sudah terdaftar di Online Pajak.

Cara Mendapatkan EFIN

Seperti yang telah disinggung di atas, untuk mampu memastikan lapor pajak melalui e-filing, kamu harus memiliki EFIN. Sebenarnya bagaimana cara mendapatkan EFIN bagi wajib pajak baru?

  • Unduh formulir aktivasi di tautan www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-efin
  • Siapkan dokumen ini: KTP, Paspor atau KITAS, NPWP dan alamat email
  • Tinggal datang ke kantor pajak terdekat atau booth event kantor pajak untuk aktivasi EFIN kamu.
  • Aktivasi harus kamu lakukan agar EFIN kamu bisa digunakan, jika proses aktivasi tidak kamu lakukan, maka lapor pajak melalui e-filing tidak akan berjalan dengan lancar.

Melihat tata cara lapor pajak serta dampak yang diberikan, seharusnya kamu dan wajib pajak lainnya mulai taat pajak dan disiplin dalam melakukan pembayaran pajak. Jika kamu sudah melakukan lapor pajak secara disiplin, kamu mulai bisa memengaruhi teman-teman kamu, para wajib pajak lain yang masih kurang disiplin dalam membayarkan pajak.

Jika kamu tertarik dengan dunia pajak dan subyek lainnya tentang dunia finansial, seperti investasi saham, investasi emas, investasi reksa dana hingga perencanaan finansial, kamu bisa mulai membaca blog Ajaib Indonesia yang memberikan pemahaman dasar tentang dunia finansial serta dinamikanya.

Bacaan menarik lainnya:

Nurmantu, Safri. 2003. Pengantar Perpajakan. Kelompok Yayasan Obor: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait