Reksa Dana

Produk Perusahaan Manajer Investasi Reksa Dana Terbaik 2020

Ilustrasi Manajer Investasi Reksa Dana Terbaik
Ilustrasi Manajer Investasi Reksa Dana Terbaik

Ajaib.co.id – Berinvestasi reksa dana memang sudah semakin mudah. Namun, bukan berarti bisa dilakukan sembarangan atau dengan gegabah. Selain memilih instrumen investasi yang paling tepat, ada hal lainnya yang tidak kalah penting, yakni memilih manajer investasi reksadana terbaik serta produk reksadana.

Manajer investasi adalah perusahaan atau pihak yang akan mengelola dana investasi kamu sehingga dana tersebut dapat memberikan keuntungan atau imbal hasil yang maksimal sesuai harapan. Manajer investasi tentunya bukan orang-orang sembarangan, melainkan para ahli di bidangnya yang telah memahami seluk beluk dunia investasi dan tentunya telah berlisensi untuk menginvestasikan dana kumpulan Reksa Dana.

Untuk dapat berinvestasi, perusahaan Manajer Investasi harus terdafat dan memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Saat ini perusahaan Manajer Investasi Reksa Dana yang terdaftar di OJK tidaklah sedikit. Kamu mungkin cukup bingung jika harus memilih salah satunya. Demikian juga dengan pilihan produk investasi yang sangat beragam, baik berupa investasi saham, pasar uang ataupun pendapatan tetap.

Oleh karena itu, kami akan mencoba mengulas beberapa Produk Manajer Investasi Reksa Dana terbaik 2020. Informasi ini dapat kamu dijadikan referensi sebelum mulai menginvestasikan uangmu di Reksa Dana.

1.   Schroder Dana Prestasi Plus

Salah satu produk Reksa Dana dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau dana kelolaan terbesar di Indonesia adalah produk Schroder Dana Prestasi Plus, dimana per Juni 2020, nilai NAB mencapai Rp 10,43 triliun.

Schroder Dana Prestasi Plus merupakan produk Reksa Dana saham yang dikelola oleh PT Schroder Investment Management Indonesia. PT Schroder telah memiliki izin OJK sejak tahun 1997, dimana 99% sahamnya dimiliki oleh Schroder Plc.

Selain Schroder Dana Prestasi Plus, produk lain dari PT Schroder Investment Management Indonesia adalah Schroder Dana Prestasi dan Schroder Syariah Balanced Fund. Produk Schroder Syariah Balance Fund sangat sesuai untuk kamu yang sedang mencari investasi Reksa Dana syariah.

Sementara itu, Schroder Dana Prestasi juga termasuk ke dalam daftar investasi Reksa Dana dengan dana kelolaan terbesar. Schroder Dana Prestasi menduduki posisi ke enam dengan total dana kelolaan mencapai Rp 4,95 triliun. Tentu saja termasuk besar di dalam industri reksadana.

2.   Mandiri Investa Pasar Uang (MIPU)

PT Mandiri Manajemen Investasi Indonesia atau MMI merupakan salah satu Manajer Investasi Reksa Dana terbaik di Indonesia. Produk terbaik dari MMI saat ini adalah Mandiri Investa Pasar Uang dengan dana kelolaanper Juni 2020 adalah sebesar Rp 10,16 triliun.

Sejak dibentuk pada tahun 2004, hingga saat ini MMI telah membukukan dana kelolaan Reksa Dana lebih dari Rp 45,40 Triliun. Selain Mandiri Investa Pasar Uang, produk lain dari MMI adalah Mandiri Investasi Cerdas Bangsa (MICB) dan Mandiri Investa Dana Utama (Midu).

3.   Sucorinvest Money Market Fund

Sucorinvest Money Market Fund merupakan produk Reksa Dana pasar uang dari PT Succorinvest Asset Management (Sucor AM) dengan dana kelolaan mencapai Rp 5,19 triliun. Sucor AM telah berdiri sejak tahun 1997 dan mendapatkan ijin OJK pada tahun 1999. Pada Januari 2020, Sucor AM berhasil mencatatkan diri sebagai perusahaan dengan lonjakan dana kelolaan tertinggi.

Sucor AM memiliki dana kelolaan Rp 11,19 triliun, atau melonjak hingga 11,5% dan menjadi satu-satunya Manajer Investasi Dana Terbaik dengan pertumbuhan di atas Rp 1 triliun di awal tahun tersebut.

Selain SMMF, Sucorinvest juga berencana meluncurkan produk reksa dana baru di kuartal kedua tahun 2020 ini. Kedua produk tersebut adalah Sucorinvest Stable Fund (SSF) dan Sucorinvest USD Sharia Balanced Fund (SUSBF).

4.   Batavia Dana Saham Batavia Dana Kas Maxima

Posisi keempat dan kelima untuk produk investasi Reksa Dana dengan dana kelolaan reksadana terbesar diisi oleh dua perusahan investasi yang sama. Kedua produk tersebut adalah Batavia Dana Saham dan Batavia Dana Kas Maxima.

Kedua produk Reksa Dana tersebut merupakan kelolaan Manajer Investasi Reksa Dana PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen (BPAM). BPAM memulai usahanya di industri Reksa Dana pada tahun 1996. Hingga Februari 2020, BPAM tercatat sebagai perusahaan Manajer Investasi Reksa Dana terbaik dengan total dana kelolaan tertinggi yang mencapai Rp 47 triliun.

Batavia Dana Saham merupakan produk Reksa Dana saham, sementara Batavia Dana Kas Maxima adalah produk investasi Reksa Dana Pasar Uang. Pada bulan Juli 2020, Batavia Dana Saham berhasil membukukan dana keloaan sebesar Rp 4,62 triliun. BPAM juga menyediakan produk Batavia Dana Saham Syariah untuk kamu yang lebih memilih untuk berinvestasi reksa dana saham syariah.

Batavia Dana Kas Maxima per Juli 2020 memiliki jumlah untuk mengenola dana sebanyak Rp 4,56 triliun. Produk lain dengan risiko rendah yang juga ditawarkan oleh BPAM adalah Batavia Dana Obligasi Utama, yang merupakan jenis investasi Pendapatan Tetap.

5.   Bahana Dana Likuid (BDL)

Bahana Dana Likuid merupakan produk investasi Reksa Dana Pasar Uang yang memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 3,57 triliun. Dana investasi ini dikelola oleh PT Bahana TCW Investment Management.

Kiprah PT Bahana sebagai salah satu Manajer Investasi Reksa Dana terbaik telah teruji lebih dari 24 tahun. Dana kelolaan PT Bahana hingga Februari 2020 telah mencapai Rp 41,34 triliun dan termasuk dalam tiga Manajer Investasi Reksa Dana dengan dana kelolaan terbesar di Indonesia.

Selain Bahana Dana Likuid, produk lain yang ditawarkan oleh PT Bahana adalah Bahan MES Syariah Fund yang merupakan produk investasi pendapatan tetap. Dua produk investasi pendapatan tetap lainnya dari PT Bahana adalah Bahana Pendapatan Tetap Makara Prima (MP) dan Kehati Lestari (KL).

Artikel Terkait