Dunia Kerja

Bekerja di Bursa Efek Indonesia, Menjanjikan atau Tidak?

bekerja di bursa efek indonesia

Ajaib.co.id – Bekerja di Bursa Efek Indonesia (BEI) mungkin bukan hal yang kerap terlintas di pikiran banyak anak muda. Padahal alternatif ini juga sangat menjanjikan sama seperti bekerja di jasa keuangan lainnya. Tentu saja perkembangan pasar modal juga memberikan kesempatan di dunia kerja.

BEI selama ini dikenal sebagai penyelenggara bursa saham di Indonesia. Namun yang kurang disadari adalah keberadaan BEI sebagai perusahaan yang bergerak di bidang keuangan. Untuk menjalankan perusahaan ini tentu saja membutuhkan sejumlaj staff dan tim handal di baliknya.

Karena itu, peluang untuk bekerja di Bursa Efek Indonesia (BEI) sangat terbuka lebar untuk anak-anak muda. Hal ini sesuai dengan tujuannya BEI sebagai Self Regulatory Organization (SRO) yang menyediakan infrastruktur untuk mendukung terselenggaranya perdagangan efek yang teratur, wajar, dan efisien serta mudah diakses oleh seluruh pelaku pasar di Indonesia.

Adapun, tujuan dari BEI adalah menghasilkan bursa efek yang kompetitif dengan kredibilitas kelas dunia. Demi tujuan inilah maka dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualiatas untuk mendukung tercapainya visi dan misi itu.

Berminat Bekerja di Bursa Efek Indonesia (BEI)? Ini Caranya

Bekerja di Bursa Efek Indonesia merupakan pilihan bagi banyak remaja milenial untuk meniti karir. Minat ini berkembang relatif tinggi beberapa tahun belakangan ini. Dengan semakin tingginya kepercayaan dan pengetahuan masyarakat akan pasar modal. Hal tersebut membuat pasar modal Indonesia berkembang cukup pesat. 

Dalam akun Facebook resmi BEI sendiri mengatakan bahwa minat generasi milenial untuk magang atau bekerja saat ini cukup banyak. Jika kamu saat ini sedang mencari pekerjaan baru atau baru akan lulus dari perguruan tinggi maka mungkin bisa mempertimbangkan untuk meniti karir di bursa efek Indonesia.

Dengan meningkatnya jumlah investor di Indonesia, berarti semakin besar pula peluang mu untuk di terima. Jika kamu ingin magang di BEI maka kamu cukup mengirim CV beserta surat permohonan magang ke pusat karir Bursa Efek dan tunggu balasan emailnya.

Kamu juga bisa mencari tahu soal peluang bekerja di Bursa Efek Indonesia dengan mengakses situs resminya secara langsung di alamat www.idx.co.id. Kamu bisa pilih menu karir di bagian atas website BEI pada saat pembukaan pendaftaran program Capital Market Professional Development (CMPDP). Info terkait jadwal pembukaan pendaftaran CMPDP bisa didapatkan di seluruh media sosial BEI dan menu karir di website BEI.

Karena itu, kalau kamu berminat bekerja di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebaiknya rajin memantau peluang kerjanya di social media. Ada sejumlah akun resmi BEI yang rutin memberikan informasi soal peluang karier yang tersedia. Jika kamu bisa memanfaatkan peluang ini maka BEI akan menjadi tempat terbaik untukmu menerapkan ilmu sekaligus mendapatkan pengalaman berharga.

BEI sendiri menerima penghargaan Best Companies to Work for in Asia untuk tiga tahun berturut – turut yang diselenggarakan setiap tahun oleh HR Asia pada tahun 2019 lalu. Penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian akan employee engagement, budaya, dan peluang untuk pengembangan.

Hal ini sendiri sesuai dengan komitmen penuh untuk senantiasa mengembangkan (develop), mengapresiasi (appreciate), meningkatkan semangat dan motivasi (energize) karyawan guna meningkatkan engagement level karyawan. Dengan bekerja di BEI, kamu akan mendapatkan peluang yang besar untuk mengembangkan keterampilan dan pengalaman guna menjadi profesional pasar modal dan memberikan dampak bagi perkembangan pasar modal Indonesia.

Terlebih lagi BEI sebagai perusahaan menerapkan performance management system untuk mendorong kinerja yang produktif di lingkungan perusahaan. Selanjutnya, dengan mengaplikasikan konsep total rewards, di mana karyawan mendapatkan remunerasi dasar, pengembangan karir, dan imbalan berbasis kinerja.

Bukan hanya bekerja, BEI menyeimbangkan kegiatan perusahaan dengan berbagai program dan inisiatif untuk membuat karyawan lebih bersemangat. Beberapa program yang menjadi highlight diantaranya community interest dan corporate events.

Bekerja di Bursa Efek Indonesia (BEI) tentu saja akan memberikan dampak bagi perekonomian bangsa, khususnya di bidang pasar modal Indonesia. Kamu juga akan mendapatkan kesempatan yang besar untuk mengembangkan diri menjadi profesional yang mumpuni di industri pasar modal.

Bahkan pada level berikutnya, kamu akan mendapatkan peluang untuk memiliki karir lebih lanjut di perusahaan efek atau manajemen investasi lainnya yang kini banyak di Indonesia. Industri keuangan sendiri di Indonesia diproyeksi menjanjikan dengan semakin meningkatkanya transaksi ekonomi.

Untuk kamu ketahui, agar bisa bekerja di Bursa Efek Indonesia (BEI) ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Pertama ialah lulus dari universitas terkemuka dengan IPK 3.00, memiliki kemampuan komunikasi yang baik (Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris), baik secara lisan maupun tulisan, mampu mengoperasikan komputer (Microsoft Office), dan memiliki nilai Teamwork, Integrity, Professionalism dan Service Excellence.

Bekerja di Bursa Efek Indonesia (BEI) juga semakin diminati karena jumlah penghasilannya yang menggiurkan. Meski tidak pernah merilis data resmi, dipercaya jika gaji bekerja di bursa efek ini mulai dari Rp 7 juta per bulan untuk staf terendahnya. Angka ini jelas melampaui UMR Jakarta yang berkisar Rp3,9 juta per bulan.

Angka lebih besar bisa didapatkan untuk posisi yang lebih tinggi dengan tanggung jawab lebih. Besarnya gaji pegawai BEI juga dibuktikan dengan masuknya perusahaan ini dalam daftar perusahaan terbaik untuk bekerja di Indonesia. Hal ini dibuktikan dalam survey yang akhirnya berbuah penghargaan bernama ‘HR Asia Best Companies to Work For 2019’ yang acaranya digelar pada tengah tahun 2019 lalu.

Dikutip dari CNBC Indonesia, BEI bahkan sudah masuk dalam daftar ini selama tiga kali berturut-turut bersama dengan perusahaan T Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan PT BAT Indonesia yang sudah merger dengan PT Bentoel Internasional Investama Tbk (RMBA).

Survey ini sendiri dilakukan terhadap 12.772 pekerja di 280 perusahaan. Tentu saja ini membuktikan bahwa bekerja di Bursa Efek Indonesia (BEI) bukan hanya memberikan pengalaman terbaik namun juga penghasilan fantastis.

Pengertian Bursa Efek Indonesia (BEI)

Sebelum memutuskan untuk bekerja di Bursa Efek Indonesia (BEI), langkah pertama kamu wajib untuk memahami soal pasar modal Indonesia ini. Apakah pengertian bursa efek dan Bursa Efek Indonesia?

Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX) adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem juga sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan Efek. Keberadaannya merupakan hasil penggabungan dari Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan Bursa Efek Surabaya (BES).

Awalnya BEJ merupakan pasar saham dan BES adalah pasar obligasi dan derivatif. Demi efektivitas operasional dan transaksi, keduanya digabungan dan bursa hasil penggabungan ini mulai beroperasi pada 1 Desember 2007.

BEI menggunakan sistem perdagangan bernama Jakarta Automated Trading System (JATS) sejak 22 Mei 1995, menggantikan sistem manual yang digunakan sebelumnya. Sejak 2 Maret 2009 sistem JATS ini sendiri telah digantikan dengan sistem baru bernama JATS-NextG

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1995 pada Bab 1 Pasal 5. Menyatakan bahwa Efek merupakan surat berharga. Seperti surat pengakuan utang, obligasi dan seterusnya. Jadi bursa saham sama dengan bursa efek.

Bursa saham atau bursa efek merupakan pasar yang menjadi sumber penghasilan eksternal bagi para investor untuk menjual atau membeli saham dan juga produk keuangan lainnya. Baik kepada pemerintah, perusahan ataupun kepada individu.

Biasanya saham atau Efek yang dijual dalam bursa efek adalah dari perusahaan publik. Untuk proses pembelian serta penjualan. Saham selalu di fasilitasi oleh pialang yang menjadi perantara antara perusahaan dengan investor. Sehingga membuatnya menjadi mudah.

Untuk lebih sederhananya. Bursa efek merupakan pasar saham yang terorganisir. Di dalam pasar tersebut setiap perusahaan bisa menjual atau membeli saham sesuai keinginan serta kebutuhannya.

Oleh karena itu, sistem dalam bursa efek cukup aman dan transparan. Karena keduanya, baik pihak investor atau perusahaan bisa memonitor proses jual beli yang dilakukan setiap saat. Harga saham pun selalu bergantung faktor internal dan eksternal permintaan dan penawaran.

Cara Kerja Bursa Efek

Sistem kerja dibalik bursa saham sebenarnya lebih mudah di pahami daripada dibayangkan. Jika suatu perusahaan ingin menjadi lebih besar lagi. Perlu meningkatkan SDM atau kualitas tenaga kerja, produk, infrastruktur dan lain sebagainya.

Aktivitas untuk meningkatkan berbagai kualitas tersebut tentu membutuhkan modal yang cukup banyak. Dan untuk mengembangkan perusahaan kecil tentu tidak cukup dengan mengandalkan pinjaman Bank. Karena nominalnya yang terbatas.

Dan salah satu alasan yang membuat perusahaan menjadi go public yaitu untuk mendapatkan modal. Modal tersebut digunakan untuk membesarkan perusahaan dan memaksimalkan potensi yang ada.

Dengan begitu, modal yang diperlukan untuk mengembangkan perusahaan akan lebih cepat di dapatkan. Jadi jangan heran jika kamu melihat perusahaan yang mendominasi pasar global seperti Apple, Facebook, Google dan lain sebagainya.

Skema Saham

Hal pertama yang harus dilakukan perusahaan adalah menjual bagian perusahaan atau saham dalam bursa efek. Dari saham yang terjual tersebut, perusahaan bisa menggunakannya untuk meningkatkan SDM untuk memperbesar skala perusahaan.

Pihak yang membeli saham atau bisa juga disebut investor. Secara otomatis menjadi salah satu mitra dan pemilik perusahaan karena turut berpartisipasi menguntungkan perusahaan. Dalam kasus. Investor akan diajak untuk rapat untuk mengatur manajemen dari perusahaan.

Terdapat syarat atau pencatatan yang harus dilakukan dalam kegiatan jual beli saham tersebut. Tiap perusahaan yang ingin go public harus memenuhi syarat-syarat tersebut agar dapat turut berpartisipasi dalam bursa efek.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi yaitu melaksanakan uji tuntas atau Due Diligence untuk umum. Uji tuntas tersebut merupakan proses investigasi terkait kelayakan bisnis dari perusahaan. Hal tersebut meliputi legalitas juga omset sebuah perusahaan.

Jika perdagangan saham dikembangkan dengan serius di Indonesia. Bisa jadi perekonomian Indonesia akan maju seperti Amerika Serikat, Jepang, atau Jerman. Maka dari itu, pentingnya mengadakan sosialisasi bursa efek untuk menambah partisipasi masyarakat.

Saham dalam Bursa Efek

Istilah saham dalam bursa efek mewakili modal pada perusahaan. Jadi saham merupakan bagian perusahaan yang dijual dan berwujud berupa lembaran kertas, yang dikeluarkan oleh perusahaan yang menjual sahamnya.

Terlepas dari berapa nominal yang dibeli investor. Investor tersebut secara otomatis tetap menjadi mitra bagi perusahaan dan setiap mitra berhak mendapatkan keuntungan dari perusahaan yang sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki.

Jadi semakin besar saham yang dimiliki investor dalam sebuah perusahaan, maka keuntungan yang di dapat investor akan semakin besar pula. Namun resiko yang akan terjadi juga semakin besar juga.

Hal yang harus kamu perhatikan sebelum mulai membeli saham yakni memahami situasi pasar, kondisi perusahaan, perekonomian negara dan juga faktor-faktor lainnya. Pahami benar-benar potensi pertumbuhan dari perusahaan dalam jangka waktu yang panjang.

Fungsi Pialang Atau Broker Dalam Bursa Efek

Pialang atau broker dalam bursa efek merupakan perantara yang sudah memiliki wewenang dan izin untuk jual beli Efek dan tercatat di bursa saham. Kehadiran broker tersebut sangat dibutuhkan oleh setiap investor untuk membantu proses transaksi jual beli saham.

Fungsi dari pialang atau broker tersebut jika diibaratkan yakni seperti warung atau toko-toko kecil yang menjual berbagai kebutuhan. Dengan adanya warung tersebut, kamu tidak perlu jauh-jauh ke pabrik untuk membeli kebutuhanmu.

Itulah beberapa informasi untuk magang atau bekerja di bursa efek Indonesia. Dan jika kamu berencana membeli saham dari suatu perusahaan, jangan tergiur nama besar. Kamu tetap harus selektif dalam menentukan pilihan.

Bermain bursa efek memang memiliki resiko yang tinggi. Kamu bisa kehilangan uang dalam sekejap. Namun jika kamu mengetahui cara berinvestasi dengan bijak, hal ini bisa sangat menguntungkan mu dengan cepat pula.

Untuk memperdalam ilmu tentang investasi, kamu bisa mencoba dengan reksa dana di Ajaib yang lebih aman, minim risiko dan bisa menyesuaikan dengan budget. Memang hasil yang didapat tidak terlalu besar, namun itu sebanding dengan risiko yang kecil juga.

Bacaan menarik lainnya:

Fuady, Munir. (2001). Pasar Modal Modern (Tinjauan Hukum). Bandung : Citra Aditya Bhakti


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait