Bekerja di Bursa Efek Indonesia, Menjanjikan atau Tidak?

bekerja di bursa efek indonesia
bekerja di bursa efek indonesia

Bekerja di bursa efek Indonesia merupakan pilihan bagi banyak remaja milenial untuk meniti karir. Dengan semakin tingginya kepercayaan dan pengetahuan masyarakat akan pasar modal. Hal tersebut membuat pasar modal Indonesia berkembang cukup pesat. 

Dalam akun Facebook resmi bursa efek Indonesia sendiri mengatakan. Bahwa minat generasi milenial untuk magang atau bekerja saat ini cukup banyak. Dengan begitu kamu semakin berpeluang untuk meniti karir di bursa efek Indonesia.

Dengan meningkatnya jumlah investor di Indonesia, berarti semakin besar pula peluang mu untuk di terima. Jika kamu ingin magang di BEI (Bursa Efek Indonesia) kamu cukup mengirim CV beserta surat permohonan magang ke pusat karir Bursa Efek dan tunggu balasan emailnya.

Pengertian Bursa Efek Indonesia

Apakah pengertian bursa efek? Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1995 pada Bab 1 Pasal 5. Menyatakan bahwa Efek merupakan surat berharga. Seperti surat pengakuan utang, obligasi dan seterusnya. Jadi bursa saham sama dengan bursa efek.

Bursa saham atau bursa efek merupakan pasar yang menjadi sumber penghasilan eksternal bagi para investor untuk menjual atau membeli saham dan juga produk keuangan lainnya. Baik kepada pemerintah, perusahan ataupun kepada individu.

Biasanya saham atau Efek yang dijual dalam bursa efek adalah dari perusahaan publik. Untuk proses pembelian serta penjualan. Saham selalu di fasilitasi oleh pialang yang menjadi perantara antara perusahaan dengan investor. Sehingga membuatnya menjadi mudah.

Untuk lebih sederhananya. Bursa efek merupakan pasar saham yang terorganisir. Di dalam pasar tersebut setiap perusahaan bisa menjual atau membeli saham sesuai keinginan serta kebutuhannya.

Oleh karena itu, sistem dalam bursa efek cukup aman dan transparan. Karena keduanya, baik pihak investor atau perusahaan bisa memonitor proses jual beli yang dilakukan setiap saat. Harga saham pun selalu bergantung faktor internal dan eksternal permintaan dan penawaran.

Cara Kerja Bursa Efek

Sistem kerja dibalik bursa saham sebenarnya lebih mudah di pahami daripada dibayangkan. Jika suatu perusahaan ingin menjadi lebih besar lagi. Perlu meningkatkan SDM atau kualitas tenaga kerja, produk, infrastruktur dan lain sebagainya.

Aktivitas untuk meningkatkan berbagai kualitas tersebut tentu membutuhkan modal yang cukup banyak. Dan untuk mengembangkan perusahaan kecil tentu tidak cukup dengan mengandalkan pinjaman Bank. Karena nominalnya yang terbatas.

Dan salah satu alasan yang membuat perusahaan menjadi go public yaitu untuk mendapatkan modal. Modal tersebut digunakan untuk membesarkan perusahaan dan memaksimalkan potensi yang ada.

Dengan begitu, modal yang diperlukan untuk mengembangkan perusahaan akan lebih cepat di dapatkan. Jadi jangan heran jika kamu melihat perusahaan yang mendominasi pasar global seperti Apple, Facebook, Google dan lain sebagainya.

Skema Saham

Hal pertama yang harus dilakukan perusahaan adalah menjual bagian perusahaan atau saham dalam bursa efek. Dari saham yang terjual tersebut, perusahaan bisa menggunakannya untuk meningkatkan SDM untuk memperbesar skala perusahaan.

Pihak yang membeli saham atau bisa juga disebut investor. Secara otomatis menjadi salah satu mitra dan pemilik perusahaan karena turut berpartisipasi menguntungkan perusahaan. Dalam kasus. Investor akan diajak untuk rapat untuk mengatur manajemen dari perusahaan.

Terdapat syarat atau pencatatan yang harus dilakukan dalam kegiatan jual beli saham tersebut. Tiap perusahaan yang ingin go public harus memenuhi syarat-syarat tersebut agar dapat turut berpartisipasi dalam bursa efek.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi yaitu melaksanakan uji tuntas atau Due Diligence untuk umum. Uji tuntas tersebut merupakan proses investigasi terkait kelayakan bisnis dari perusahaan. Hal tersebut meliputi legalitas juga omset sebuah perusahaan.

Jika perdagangan saham dikembangkan dengan serius di Indonesia. Bisa jadi perekonomian Indonesia akan maju seperti Amerika Serikat, Jepang, atau Jerman. Maka dari itu, pentingnya mengadakan sosialisasi bursa efek untuk menambah partisipasi masyarakat.

Saham dalam Bursa Efek

Istilah saham dalam bursa efek mewakili modal pada perusahaan. Jadi saham merupakan bagian perusahaan yang dijual dan berwujud berupa lembaran kertas, yang dikeluarkan oleh perusahaan yang menjual sahamnya.

Terlepas dari berapa nominal yang dibeli investor. Investor tersebut secara otomatis tetap menjadi mitra bagi perusahaan dan setiap mitra berhak mendapatkan keuntungan dari perusahaan yang sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki.

Jadi semakin besar saham yang dimiliki investor dalam sebuah perusahaan, maka keuntungan yang di dapat investor akan semakin besar pula. Namun resiko yang akan terjadi juga semakin besar juga.

Hal yang harus kamu perhatikan sebelum mulai membeli saham yakni memahami situasi pasar, kondisi perusahaan, perekonomian negara dan juga faktor-faktor lainnya. Pahami benar-benar potensi pertumbuhan dari perusahaan dalam jangka waktu yang panjang.

Fungsi Pialang Atau Broker Dalam Bursa Efek

Pialang atau broker dalam bursa efek merupakan perantara yang sudah memiliki wewenang dan izin untuk jual beli Efek dan tercatat di bursa saham. Kehadiran broker tersebut sangat dibutuhkan oleh setiap investor untuk membantu proses transaksi jual beli saham.

Fungsi dari pialang atau broker tersebut jika diibaratkan yakni seperti warung atau toko-toko kecil yang menjual berbagai kebutuhan. Dengan adanya warung tersebut, kamu tidak perlu jauh-jauh ke pabrik untuk membeli kebutuhanmu.

Itulah beberapa informasi untuk magang atau bekerja di bursa efek Indonesia. Dan jika kamu berencana membeli saham dari suatu perusahaan, jangan tergiur nama besar. Kamu tetap harus selektif dalam menentukan pilihan.

Bermain bursa efek memang memiliki resiko yang tinggi. Kamu bisa kehilangan uang dalam sekejap. Namun jika kamu mengetahui cara berinvestasi dengan bijak, hal ini bisa sangat menguntungkan mu dengan cepat pula.

Untuk memperdalam ilmu tentang investasi, kamu bisa mencoba dengan reksa dana di Ajaib yang lebih aman, minim risiko dan bisa menyesuaikan dengan budget. Memang hasil yang didapat tidak terlalu besar, namun itu sebanding dengan risiko yang kecil juga.

Bacaan menarik lainnya:

Fuady, Munir. (2001). Pasar Modal Modern (Tinjauan Hukum). Bandung : Citra Aditya Bhakti


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait