Bursa Saham Eropa Waspadai Pergerakan Brexit

bursa-saham-eropa-brexit

Bursa saham Eropa sedang sangat berhati-hati pada 30 Agustus 2019 kemarin. Pasalnya investor masih memantau kemungkinan Brexit tanpa kesepakatan dan kekhawatiran resesi global yang terus membayangi akhir-akhir ini.

Seperti dikutip dari indeks acuan Eropa, Stoxx 600 bergerak perlahan tepat di atas garis datar. Indeks saham Eropa ini mengalami penurunan signifikan dengan angka penurunan 0,4 persen. Sementara investasi saham-saham konstruksi dan bahan-bahan naik 0,3 persen. Indeks FTSE naik 0,1 persen, indeks DAX naik 0,1 persen dan indeks CAC menguat 0,1 persen.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson akan menangguhkan parlemen Inggris selama lebih dari sebulan sebelum keberangkatan negara itu dari Uni Eropa. Langah ini berpotensi menggagalkan upaya dari partai-partai oposisi untuk memblokir jalan keluar tanpa kesepakatan yang akan runyam jika Johnson tidak dapat mengamankan kesepakatan baru dengan blok tersebut sebelum 31 Oktober.

Ketakutan pertumbuhan global terus membebani pasar setelah hasil obligasi menggoda dengan rekor terendah di seluruh dunia. Imbal hasil obligasi Treasury AS 30-tahun dan obligasi Jerman 10-tahun keduanya mencapai posisi terendah sepanjang masa dalam 24 jam terakhir.

Hal ini turut disebabkan oleh turbulensi ekonomi dari gesekan perdagangan Amerika Serikat dan China yang tidak menentu. Ditambah, adanya ketidakpastian geopolitik mendorong investor menjauh dari aset berisiko.

Pasar-pasar utama Asia merosot pada Kamis sore karena investor juga bereaksi terhadap pelebaran inversi dalam penyebaran antara nota Treasury 10-tahun Amerika Serikat dan nota 2-tahun. Inversi kurva imbal hasil yang secara historis mendahului periode resesi memperpanjang lebih lanjut setelah mencapai level terendah sejak 2007 selama sesi sebelumnya.

Politik Italia juga menjadi fokus ketika Gerakan Lima Bintang (M5S) dan Partai Demokrat (PD) oposisi pada hari Rabu mengumumkan bahwa mereka akan mencoba membentuk pemerintah koalisi. Hal ini cukup menarik karena mereka mengesampingkan permusuhan bertahun-tahun untuk menghindari pemilihan cepat yang diharapkan oleh pemimpin Lega, Matteo Salvini.

Di Amerika Serikat, Presiden Federal Reserve San Francisco Mary Daily mengatakan pada hari Kamis bahwa ia berada dalam mode “melihat dan melihat” tentang perlunya pemotongan suku bunga AS lebih lanjut dari bank sentral.

Sementara itu administrasi Trump telah meresmikan tambahan tarif 5 persen pada impor Cina senilai 300 miliar dolar Amerika Serikat, menetapkan tanggal penagihan 1 September dan 15 Desember serta mendorong ratusan perusahaan ritel, alas kaki, mainan dan teknologi untuk memperingatkan kenaikan harga.

Rakit data ekonomi zona Euro akan dirilis pukul 10 pagi waktu London, didahului oleh harga impor Jerman, angka pengangguran, data inflasi Spanyol dan pesanan industri Italia.

Kegamangan yang ditimbulkan oleh Brexit ternyata memang menjadi konsentrasi utama bagi dunia investasi di Eropa. Strategi menahan dan melihat-lihat dulu dirasa sebagai langkah paling efektif bagi investor pada waktu sekarang ini.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait