Investor Pemula, Saham

Macam-Macam Perdagangan Saham untuk Investor Baru

Ajaib.co.id – Perdagangan saham bukanlah hal yang mudah bagi investor baru untuk terjun ke perdagangan saham. Pasar yang dinamis dan istilah-istilah yang asing kerap menjegal investor saham untuk berinvestasi.

Nah, guna mencegah hal ini, berikut hal-hal yang perlu dimengerti mengenai perdagangan saham dan aspek pentingnya.

Perdagangan Aktif

Perdagangan aktif atau active trading adalah aktivitas yang dilakukan investor yang aktif menempatkan saham per bulannya. Umumnya, mereka menggunakan strategi timing di pasar atau Bursa Efek Indonesia, mengambil keuntungan atas kejadian jangka pendek, termasuk dalam fluktuasi pasar, untuk mengubahnya menjadi keuntungan dalam periode minggu atau beberapa bulan kedepan.

Perdagangan Harian

Perdagangan harian atau daily trading adalah strategi yang dilakukan investor yang ingin mengambil risiko pada investasi saham. Biasanya mereka membeli, menjual dan menutup posisi perdagangan secara harian.

Biasanya, investor yang melakukan perdagangan secara harian hanya mempunyai tujuan menghasilkan pendapatan dalam jangka pendek, mulai dari menit, jam hingga harian.

Bagaimana Bertahan dalam Perdagangan Saham?

Kapan pun kamu menjadi investor saham, pahami tips berikut supaya transaksi transaksi saham yang kamu lakukan menjadi aman.

Kurangi risiko dengan membangun posisi secara bertahap

Tidak perlu langsung merangsek maju dan melakukan transaksi saham dengan jumlah yang besar. Ambil waktu yang tepat untuk menghindari kerapuhan pasar.

Pilihlah broker yang benar

Untuk melakukan transaksi saham, kamu memerlukan broker atau pialang yang hebat, jadi harus lebih teliti melakukannya. Pilihlah salah satu broker dengan pengalaman dan karakter yang sesuai denganmu sehingga kamu akan menjadi nyaman melakukan investasi kedepannya.

Bagaimana Melakukan Perdagangan Saham?

Jika kamu adalah investor baru yang ingin melakukan perdagangan saham, maka penting untuk membuat segalanya menjadi simpel. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk melakukan trading saham.

Buka rekening dana nasabah

Perdagangan saham membutuhkan akun bank yang spesifik untuk melakukan investasi. Jika tidak memiliki akun, kamu selalu bisa mencari referensi rekening dana nasabah yang ada di internet.

Buat anggaran perdagangan saham

Setiap transaksi saham membutuhkan lembar saham yang dibeli dengan uang. Berikut nasihat penting: investasikan jumlah uang yang siap dirugikan, jangan menggunakan uang jangka pendek apalagi tagihan kredit.

Pelajari pasar saham yang ada

Sesudah menentukan anggaran dan mempunyai rekening dana nasabah, kamu bisa memilih tempat untuk membeli saham yang tepat. Pelajari mana yang kira-kira tempat menjual yang valid dan mana yang mencurigakan agar kamu tidak terkena investasi bodong.

Trading saham adalah salah satu bentuk investasi yang populer saat ini, bersanding dengan investasi emas dan reksa dana yang perlahan mulai mengambil porsi investasi di masyarakat. Mau apa pun bentuk investasinya, pastikan kamu mempunyai pengetahuan dan data riset yang valid agar investasi berjalan lancar. Karena jika tidak, trading saham kamu akan berjalan dengan sia-sia.

Nah, untuk mendapatkan pemahaman awal tentang dunia investasi dan finansial secara keseluruhan, jangan lupa untuk membaca artikel-artikel Ajaib lainnya ya.

Bacaan menarik lainnya:

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi (Edisi Pertama ed.). Yogyakarta: Kanisius.

Artikel Terkait