Cara Kerja Kredit Emas di Pegadaian yang Harus Kamu Tau

Cara Kerja Kredit Emas Pegadaian
Cara Kerja Kredit Emas Pegadaian

Simulasi kredit emas Pegadaian menjadi salah satu program pembiayaan investasi yang ditawarkan lembaga gadai dari PT Pegadaian Persero yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menghimpun kekayaannya. Bagaimana cara kerja simulasi kredit Emas Pegadaian? Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan kredit emas di Pegadaian, berikut penjelasannya

Buka Rekening Tabungan Emas

Pertama, kita harus buka rekening tabungan emas yang bisa dilakukan di kantor cabang Pegadaian terdekat. Sebelumnya, pastikan dulu kamu sudah menyiapkan berkas yang diperlukan yakni fotokopi identitas resmi yang masih berlaku seperti KTP, SIM, atau Paspor. 

Setelah itu, isi formulir pembukaan rekening yang telah disediakan, biasanya pembukaan rekening di sini akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp10.000 serta biaya fasilitas penitipan selama 12 bulan sebesar Rp30.000. Kamu bisa menabung emas mulai dari kelipatan 0,01 gram dengan nominal sekitar Rp5.000-an.

Dengan melakukan pembukaan rekening tabungan emas, kamu juga akan mendapatkan buku tabungan emasnya, yang bisa kamu simpan dan berfungsi mencatat semua transaksi pembelian emas batangan di pegadaian.

Kredit Emas Lewat Produk Emasku

Selain menabung emas, Pegadaian juga menyediakan investasi emas melalui produk Emasku. Di sini, kamu bisa memiliki emas logam mulia 24 karat dengan cara yang mudah, praktis, ekonomis, ditambah dengan perlindungan asuransi. 

Mengapa demikian? Karena, mulai dari Rp150.000, kamu sudah dapat berinvestasi emas dengan rincian Rp100.000 untuk uang muka logam mulia 1 gram beserta dengan Rp50.000 untuk asuransi kecelakaan diri, meninggal dunia, dan cacat tetap karena kecelakaan. Nantinya, kamu akan memperoleh biaya pertanggungan sampai dengan Rp30.000.000.

Jika tertarik untuk melakukan investasi emas lewat produk Emasku, kamu harus menyerahkan dokumen seperti fotokopi KTP/SIM/paspor atau identitas yang masih berlaku. Setelah itu, kamu memilih layanan paket. Selain paket emas Rp150.000, harga paket lain yang disediakan oleh Pegadaian adalah Rp300.000, Rp550.000, dan Rp1.250.000. Jika sudah menentukan paket yang akan diambil, kamu hanya perlu melakukan akad cicilan emas. 

Kamu juga diharuskan untuk membayar cicilan emas dalam masa angsuran sebanyak 12 kali dan bisa dilakukan via Pegadaian atau bank. Setelah cicilan lunas, maka emas akan menjadi milikmu sepenuhnya.

Dan yang perlu diperhatikan sebelum membeli emas di PT Pegadaian Persero adalah mengetahui harga emas batangan atau harga emas antam yang ingin kamu beli. Setelah berhasil menabung emas, saldo emas dapat dicetak menjadi emas cetakan atau dijual kembali (buyback). Jadi, tunggu apalagi? Mulai menabung emas sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait