Saham

Apa Itu Enterprise Value, dan Manfaatnya bagi Investor?

Enterprise Value

Ajaib.co.id – Saat ini, berinvestasi bukanlah menjadi hal yang asing bagi kita. Jenis instrumen investasi dan  informasi mengenai berbagai instrumen tersebut dapat kita akses dengan mudah. 

Salah satu jenis investasi yang cukup sering dibahas adalah saham. Saham merupakan jenis investasi yang menawarkan imbal hasil yang tergolong tinggi dan tentunya juga berbanding lurus dengan risikonya. 

Namun meskipun memiliki risiko yang tinggi, berinvestasi saham akhir-akhir ini cukup popular lho dikalangan masyarakat Indonesia. 

Untuk menghindari risiko kerugian dalam berinvestasi saham, kamu perlu memahami dan menganalisis saham perusahaan yang hendak kamu beli. 

Nah, menghitung enterprise value suatu perusahaan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menganalisis kelayakan saham. Berikut ini kita akan membahas mengenai hal itu, yuk simak pembahasannya:

Memahami Enterprise Value

Secara sederhana enterprise value atau EV dapat didefinisikan sebagai ukuran nilai total perusahaan yang biasa digunakan sebagai alternatif yang lebih komprehensif untuk mengukur kapitalisasi pasar suatu ekuitas. 

Banyak rasio keuangan yang mengukur kinerja suatu perusahaan menggunakan EV sebagai dasar perhitungan. EV juga merupakan perhitungan yang biasa digunakan untuk menilai sebuah entitas sebelum dilakukan akuisisi. 

Enterprise value memberikan informasi nilai dari total bisnis perusahaan seandainya investor ingin mengakuisisi perusahaan 100 persen. Oleh karena itu, EV sering digunakan sebagai ukuran fundamental untuk valuasi bisnis, analisis portofolio, analisis risiko, permodalan finansial maupun akuntansi. 

Menghitung EV dari Laporan Keuangan Perusahaan

Nah, untuk mengetahui EV dari suatu perusahaan kita dapat menggunakan rumus:

Enterprise Value (EV) = Kapitalisasi Pasar + Total Utang – Kas 

Berikut ini adalah contoh menghitung enterprise value salah satu emiten saham dengan menggunakan data laporan keuangan Q4 PT Bank Central Asia, Tbk tahun 2020:

Market cap BBCA = 843,922,5T

Total Utang = 885,537,9T

Sumber: idx.co.id

Kas = 24,322,3T

Sumber: idx.co.id

Maka, 

EV = 843,922,5T + 885,537,9T  – 24,322,3T

     = 1,705,208,1T

Oleh karena itu, Rp1,705,208,1T adalah nilai minimum yang harus disiapkan jika ingin melakukan akuisisi emiten BBCA. Enterprise value dianggap lebih akurat untuk menunjukkan nilai akuisisi sebuah perusahaan. 

Hal tersebut karena terdapat komponen utang perusahaan dalam perhitungan EV yang dikurangi dengan kas perusahaan yang akan digunakan untuk membayar utang perusahaan dan sebagai dasar perhitungan dari banyak rasio keuangan. 

Manfaat Enterprise Value 

Enterprise value merupakan bagian yang penting untuk meningkatkan valuasi bisnis suatu entitas. Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi atau manfaat EV, yakni:

  1. Dengan mengetahui EV, para investor akan diberikan kemudahan untuk mengetahui nilai akuisisi yang lebih tepat dan akurat serta menyeluruh dari emiten yang akan  dibeli.
  2. Enterprise value merupakan elemen dasar dan penting untuk mengukur rasio keuangan perusahaan. Nah, dari angka tersebut, investor akan mengetahui dan dapat menilai kinerja perusahaan yang akan dibeli.
  3. Jika dibandingkan dengan market capitalizationEV dinilai memberikan perhitungan dengan nilai yang lebih akurat karena menunjukkan hasil pengurangan dari total utang perusahaan dan total kas. Berdasarkan nilai perhitungan tersebut, pengakuisisi dapat mengetahui  jumlah keseluruhan kas perusahaan yang dapat dipakai untuk melunasi utang perusahaan.
  4. Selain itu, EV dapat digunakan oleh pelaku usaha sebagai alat pembanding untuk memperhitungkan struktur permodalan yang berbeda. Dengan tujuan agar dapat menetralkan risiko yang mungkin terjadi di pasar. 

Enterprise value biasanya digunakan oleh investor nilai sebagai cara untuk melihat perusahaan yang telah dinilai terlalu rendah oleh pasar. 

Sebuah perusahaan dengan pendapatan yang solid dan bahkan mungkin dividen yang layak terlihat bagus di permukaan. Perusahaan mungkin juga memiliki kapitalisasi pasar yang besar.

Namun, jika kamu sebagai investor melihat lebih jauh dan menghitung EV, kamu mungkin saja menemukan kewajiban utang yang serius yang dapat menimbulkan masalah.

Enterprise Value Multiple 

Nah, setelah melakukan perhitungan EV, analis juga akan menghitung enterprise value multiple yang dihitung untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik BEP (Break Even Point) setelah akuisisi dilakukan. 

Rumus untuk menghitung enterprise value multiple yakni:

= EV / EBITDA

Enterprise value multiple yang mengandung nilai perusahaan menghubungkan nilai total perusahaan yang tercermin dalam nilai pasar modalnya dari semua sumber dengan ukuran laba operasi yang dihasilkan, seperti laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA).

EBITDA merupakan ukuran kemampuan perusahaan untuk menghasilkan pendapatan dan digunakan sebagai alternatif pendapatan sederhana atau laba bersih dalam beberapa keadaan. Kita sebagai calon investor akan mendapatkan gambaran manfaat dari enterprise value multiple untuk dapat menilai harga saham, lho

Jika angka enterprise value multiple semakin kecil maka kinerja perusahaan semakin baik karena akan membutuhkan waktu yang lebih pendek agar dapat mencapai titik impasnya, yang akan memberikan dampak pada kinerja harga saham yang sedang diperdagangkan. 

Nilai yang diperoleh dari perhitungan enterprise value multiple harus dibandingkan dengan nilai yang dihasilkan perusahaan lain dalam sektor industri yang sama yah, agar kamu sebagai investor dapat memutuskan harga saham tersebut tergolong overvalued atau undervalued

Demikian pembahasan mengenai enterprise value, metode ini merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menganalisa saham suatu perusahaan secara fundamental dan juga melakukan penilaian sebelum berinvestasi pada suatu emiten.

Nah, apakah kamu tertarik untuk berinvestasi saham, namun bingung untuk memulai? Yuk, berinvestasi di Ajaib.

Aplikasi online yang memudahkan kamu untuk berinvestasi kapan saja dan dimana saja. Ajaib dapat kamu download langsung di smartphone milikmu, segera download yah!

Artikel Terkait