Jadi Trader Handal, Saham

Scalping Saham, Strategi yang Sering Digunakan Trader Handal untuk Dapat Cuan

scalping saham

Ajaib.co.id – Pada aktivitas trading saham dikenal banyak sekali istilah, salah satunya ialah Scalping saham. Scalping saham sendiri merupakan salah satu strategi trading yang membantu trader untuk mendapat keuntungan dengan cepat, biasanya dalam jangka pendek yaitu satu hari. Nah, apa sih sebenarnya arti dari scalping saham itu? Dan bagaimana jurus jitu seorang trader menggunakan scalping saham ini agar menuai cuan?

Apa Itu Scalping Saham?

Secara pengertian, scalping dalam trading saham merupakan suatu strategi untuk menghasilkan keuntungan dengan cara yang cepat, baik berupa harian ataupun dalam hitungan detik. Seorang trader yang menerapkan strategi scalping saham ini biasa disebut juga dengan istilah scalper.

Scalper melakukan transaksi pembelian saham kemudian menjual saham Kembali dengan memasang target kenaikan yang tidak terlalu tinggi dalam pergerakan harga harian sahamnya. Oleh karena itu, seorang scalper memiliki frekuensi trading yang tinggi karena dapat membeli kemudian akan menjual sahamnya dalam periode hari atau dalam suatu sesi perdagangan.

Para scalper hendaknya memonitor pergerakan pasar sepanjang sesi perdagangan, biasanya scalper memiliki waktu yang cukup untuk trading saham dan dilakukan oleh seseorang yang memang sudah mahir atau cukup berpengalaman dalam trading saham.

Yang mana para scalper biasanya mampu membaca pergerakan berdasarkan Analisa teknikal dengan memanfaatkan posisi di level terendah untuk membeli saham dan melihat ada potensi ataupun sinyal untuk bisa naik ke level tertinggi saham yang diincarnya.

Strategi Dalam Scalping Saham

Dalam setiap gaya perdagangan saham pasti memiliki strategi yang berbeda, termasuk dalam teknik scalping saham. Berikut ini strategi yang bisa kamu gunakan dalam menjalankan gaya perdagangan scalping:

1. Membaca Tren Perdagangan

Ketika kamu menggunakan strategi scalper saham, maka kamu wajib mengamati dan bisa membaca tren pergerakan pasar dengan baik. Dengan memiliki skill ini, kamu bisa membaca dan mengetahui momentum yang tepat untuk mengambil keuntungan.

Tentu perlu waktu atau jam terbang yang tinggi untuk bisa menguasai skill ini, namun jika sudah ahli, kamu bisa melakukan jual beli saham dengan waktu yang singkat karena sudah menguasai pattern pergerakan sahamnya.

2. Bisa Menganalisa Saham

Ada beberapa pendekatan yang bisa kamu gunakan dalam perdagangan saham, namun pendekatan yang sering digunakan adalah pendekatan fundamental dan teknikal. Hal ini karena prinsip dasar scalping adalah mengambil momentum pada price action suatu saham, maka analisis teknikal yang sering trader gunakan dalam scalping.

Namun kamu juga bisa mengombinasikannya dengan pendekatan lain sebagai pendukung dalam proses pengambilan keputusan.

Tips & Cara Melakukan Scalping Saham

Jika kamu memiliki waktu untuk dapat memonitor pergerakan pasar saham, dan memang merupakan individu yang memiliki profile risk yang agresif sehingga berminat untuk menerapkan strategi scalping saham ini, maka berikut tips nya:

1. Memiliki kemampuan Analisa teknikal

Sebelum memulai untuk menerapkan strategi scalping saham, sebaiknya kamu memastikan bahwa kemampuan Analisa teknikal yang kamu miliki sudah mumpuni. Kamu juga harus paham mengenai strategi entry yang baik maupun strategi keluar suatu saham yang baik.

2. Mencoba dengan swing trading

Scalping saham merupakan strategi yang lebih cepat dibanding melakukan swing trading, sehingga ada baiknya kamu menerapkan strategi swing trading terlebih dahulu dengan ritme yang sedikit lebih lamban, bisa dalam periode mingguan atau bulanan dibandingkan dengan scalping saham yang memiliki ritme trading cukup pendek.

Strategi swing trading tersebut biasanya dilakukan dalam periode mingguan atau secara bulanan, sehingga kamu dapat membiasakan diri terlebih dahulu untuk memahami karakter atau pola suatu saham yang terbentuk.

Baca Juga: Menyusun Strategi Swing Trading untuk Keuntungan Maksimal

3. Perhatikan frekuensi trading dan modal trading

Scalper biasanya memiliki frekuensi trading yang sangat cepat sehingga harus memperhatikan modal yang dimilikinya sebelum melakukan scalping saham.

4. Manajemen Keuangan dan Risiko

Kemampuan mengelola risiko dan membatasi kerugian sangat dibutuhkan ketika kamu ingin menjadi seorang scalper. Alasannya karena frekuensi transaksi perdagangannya yang begitu tinggi. Selain itu manajemen keuangan saham yang kuat juga bisa membantu kamu mendapatkan profit secara konsisten. Sebab prinsip scalping adalah agar scalper lebih banyak profit dari sekian banyaknya transaksi perdagangan yang dilakukan.

5. Fokus dan disiplin dengan trading plan

Tips terakhir cobalah untuk fokus dan disiplin dengan trading plan yang dimiliki, para scalper biasanya memiliki waktu trading yang cepat sehingga harus fokus terhadap potensi pergerakan suatu saham nya untuk mengejar keuntungan tersebut. Disiplin terhadap trading plan yang dimiliki agar dapat meminimalisir kemungkinan risiko loss terburuk untuk terjadi.

Indikator Teknikal Saham untuk Scalping

Scalper biasanya menggunakan beberapa indikator teknikal seperti berikut, diantaranya :

1. Moving Average (MA)

Scalper menggunakan indikator teknikal moving average ini karena cukup sederhana cara kerjanya. Cara kerja indikator ini juga dapat menentukan suatu time frame dan Batasan support ataupun resistance dalam trading saham.

2. Stochastic

Biasanya scalper juga melihat momentum saham tersebut bullish atau bearish dengan memanfaatkan indikator stochastic.

3. Bollinger bands

Indikator terakhir yang biasanya digunakan scalper adalah Bollinger bands. Ketika harga suatu saham terpantau menyentuh lower band, maka bisa dimanfaatkan untuk mengambil posisi buy. Jika sebaliknya, dimana harga suatu saham sudah menyentuh garis atas atau upper band nya, maka scalper biasanya akan bersiap untuk sell.

Ajaib Hadirkan 30 Fitur dalam 30 Hari untuk #JadiTraderHandal

Ajaib akan membantu kamu #JadiTraderHandal dengan menghadirkan berbagai fitur terbaru yang cocok digunakan untuk trader profesional. Ajaib akan meluncurkan 30 fitur baru dalam 30 hari ke depan. Semua fitur terbaru ini akan memberikan pengalaman trading yang lebih baik, cepat, dan handal.

Semua fitur terbaru ini dapat kamu simak di website Ajaib dan semua akun media sosial Ajaib Sekuritas. Yuk, langsung coba fitur terbaru Ajaib sekarang juga! Jangan lupa untuk membagikan pengalaman trading kamu bersama Ajaib di Social media dan tag @ajaib_investasi untuk mendapatkan hadiah.

Artikel Terkait