Sepak Terjang Saham Astra Otoparts Tbk (AUTO)

Sepak Terjang Saham Auto (Astra Otoparts Tbk)

Jika kita membicarakan mengenai Grup Astra, nampaknya tidak ada habis-habisnya. Mengapa? Perusahaan Grup Astra memang dikenal oleh publik tanah air secara luas, di bawah naungan PT Astra International Tbk.  Perusahaan Astra International Tbk yang dikenal sebagai perusahaan induk dari berbagai perusahaan yang bergerak di berbagai bidang usaha. Salah satunya adalah PT Astra Otoparts Tbk (AUTO).

Mungkin publik sudah tidak asing dengan salah satu perusahaan dari Grup Astra ini, di mana PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) merupakan perusahaan otomotif yang menawarkan dan menjual berbagai macam kebutuhan spare part kendaraan baik itu motor dan mobil untuk masyarakat di seluruh Indonesia.

Sebut saja beberapa produk anyar yang mereka jual seperti Aki GS Astra, ban Aspira, dan masih banyak lagi. Di mana produk-produk tersebut bisa Anda jumpai di gerai-gerai yang menjadi partnership dari PT Astra Otoparts Tbk (Shop&Drive dan MotoQuick).

Sejarah Singkat dan Profil Perusahaan 

PT Astra Otoparts Tbk sudah berdiri sejak tahun 1976, kala itu nama perusahaan bukanlah PT Astra Otoparts Tbk melainkan PT Alfa Delta Motor. Dalam sejarahnya perusahaan ini sudah berganti nama lebih dari satu kali. Pada tahun 1983, Astra mulai membeli saham perusahaan ini.  Pada tahun 1993, Astra mengambil seluruh saham yang terdapat di perusahaan ini. Barulah pada tahun 1997, perusahaan ini resmi berganti nama menjadi PT Astra Otoparts Tbk. 

Kepemilikan Saham AUTO?

Tepatnya pada tahun 1998, PT Astra Otoparts Tbk menjadi perusahaan publik dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode entimen saham AUTO. Saat ini kepemilikan Saham AUTO masih dimiliki oleh PT Astra International Tbk sebesar 80%, sedangkan 20% dimiliki oleh publik dengan total jumlah saham 4.819.733.000.

Harga Saham AUTO

Perusahaan ini melakukan penawaran saham perdana ke publik pada tahun 1998, di mana kala itu harga saham yang ditawarkan Rp575 per saham dengan melepas 75.000.000 saham. Melalui IPO Saham AUTO ini, perusahaan mampu mengumpulkan dana sebesar Rp43.125.000.000.

Kini Saham AUTO yang beredar mencapai 4.819.733.000 saham dengan rentang harga Rp1.345 – Rp1.365 per saham. Sedangkan market cap Rp6,43 triliun.

Pendapatan PT Astra Otoparts Tbk Tahun 2019

Pada kuartal 1 2019, PT Astra Otoparts Tbk mampu mencatatkan kenaikan 3%, kenaikan ini disumbang oleh dua lini usaha AUTO, yaitu manufacturing dan trading.

Masing-masing dari lini usaha ini naik 3% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya, sehingga pendapatan AUTO dari lini perdagangan mencapai Rp1,83 triliun dari Rp1,78 triliun. Sedangkan, lini manufaktur mengalami peningkatan menjadi Rp2,11 trilun dari Rp2,05 triliun. Laporan keuangan AUTO berdasarkan laporan dipublikasikan perusahaan ke Bursa Efek Indonesia pada 12 April 2019.

Keuntungan AUTO pada Kuartal 1 2019

Pada kuartal 1 2019, pihak perusahaan AUTO tercatat mendapatkan laba bersih sebesar Rp159,36 miliar atau mengalami kenaikan sebesar 9% dibandingkan dengan kuartal 1 2018 yaitu sebesar Rp146 miliar.

Baik itu pendapatan dan keuntungan diprediksi mengalami peningkatan, dengan adanya perbaikan kinerja melalui perjanjian joint venture yang sudah aktif pada 31 maret 2019 lalu menjadi prospek jangka panjang. Hal ini akan mendorong Saham AUTO untuk target jangka panjang. Harga yang direkomendasikan untuk membeli saham AUTO di kisaran Rp1.750 – Rp2.000 per saham.

Setelah mengetahui kinerja dari saham AUTO di atas, apakah kamu berniat untuk membeli saham AUTO tersebut? Jika iya, tentu saja kamu bisa memilih investasi saham AUTO di Ajaib. Selain saham auto, kamu juga bisa memilih saham lain atau investasi reksa dana. Jadi, yuk segera investasi saham di Ajaib,


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , ,
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait