Bisnis & Kerja Sampingan

9 Faktor Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Seseorang

Ajaib.co.id – Berwirausaha dikatakan sebagai pekerjaan yang menjanjikan. Dengan memiliki usaha sendiri kamu bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar dibandingkan ketika menjadi seorang karyawan.

Dengan berwirausaha seseorang bisa lebih bebas mengekspresikan diri dan menyalurkan ide-idenya. Dan banyak keuntungan lain yang akan kamu dapatkan dengan berwirausaha.

Hanya, keberhasilan berwirausaha tidak bisa diraih begitu saja. Ada banyak faktor yang mempengaruhi.

Berwirausaha memang membutuhkan usaha yang maksimal. Yang harus kamu perhatikan juga, kamu tidak bisa melakukannya seorang diri. Kamu membutuhkan bantuan orang lain agar usahamu bisa berjalan dengan baik.

Jadi, kamu harus bisa memiliki faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam menjalankan usahanya ini.

1.     Niat yang sangat kuat

Niat yang sangat kuat akan membuatmu lebih serius menjalankan usaha. Mendirikan bisnis dari bawah itu membutuhkan usaha yang ekstra. Kamu tidak perlu menjadi anak orang kaya dulu ketika ingin mendirikan usaha.

Modal utama yang dibutuhkan adalah niat yang sungguh-sungguh. Dalam keadaan apapun, niat yang kuat ini akan membantumu untuk terus maju ke depan.

2.     Pantang menyerah walaupun gagal berkali-kali

Banyak yang gagal menjalankan usahanya karena itu adalah hal yang wajar. Banyak faktor yang membuat seseorang bisa mengalami kegagalan dalam usahanya, tapi keberhasilan hanya bisa diraih oleh mereka yang mau mencoba sekali lagi.

Kegagalan akan menjadi pelajaran terbaik bagi mereka yang berwirausaha karena mereka tahu salahnya dimana, dan akan mencoba mencari solusi yang terbaik.

3.     Memiliki modal, dan tahu bagaimana cara mencarinya

Untuk mendirikan usaha, dan mengembangkannya lebih besar, kamu diharuskan memiliki modal usaha. Berapa jumlah modalnya tidak ada patokan, yang penting cukup untuk kebutuhan operasional usahamu.

Jika kamu langsung ingin mempekerjakan orang lain, kamu harus memberikan gaji yang layak untuknya.

Jika kamu tidak memiliki modal, banyak cara lain yang bisa dilakukan. Ada yang meminjam uang pada saudara, meminjam uang ke bank atau kamu bisa juga mengandalkan investor.

Namun, kamu harus bisa meyakinkan pada mereka bahwa pinjaman itu akan dikembalikan. Jangan sampai kamu tidak membayarnya karena uang itu memang bukan milikmu.

4.     Menghasilkan produk barang atau jasa yang unik

Keunikan akan menjadi daya tarik calon pelanggan. Misalnya saja kamu ingin membuka usaha penjualan roti. Asal kamu tahu saja, yang menjual roti di sekitarmu itu cukup banyak. Kamu harus bisa melakukan kreasi dibentuk dan cita rasanya.

Untuk makanan memang cita rasa itu yang paling pertama diperhatikan. Jika rotimu punya cita rasa yang khas, tentu pelanggan tidak ragu mengkonsumsi roti berkali-kali. Hal ini juga berlaku untuk produk jasa.

5.     Mengenal betul bisnis yang dijalankan

Keberhasilan usahamu juga bisa ditentukan dari apakah kamu mengenal usahamu dengan baik atau tidak. Jika kamu mendirikan bisnis ternak ayam, kamu harus tahu bagaimana cara pengelolaan kandang ayam yang baik seperti apa.

Hal ini sekilas terlihat remeh, tapi rasanya akan sulit menjalankan bisnis yang jauh dari pengetahuanmu.

Untuk itulah banyak yang menyarankan untuk menjalankan bisnis yang dunianya tidak asing lagi bagimu. Dengan begitu kamu akan jadi lebih cepat beradaptasi.

6.     Mengenal betul target pasarnya

Hal ini juga akan menentukan keberhasilan usaha. Tentukan siapa target pasarmu. Mulai dari gender, umur, hingga ke hal yang spesifik lainnya, misalkan jika ingin membuka usaha toko buku, target pelanggan adalah mereka yang suka membaca buku.

Penentuan target pasar ini dilakukan sebelum kamu mendirikan usaha. Dilakukan dengan riset yang memakan waktu tak menentu.

Jika kamu mengenal target pasar dengan baik, kamu pun akan mudah melakukan promosi pada orang yang tepat.

7.     Networking yang luas

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu tidak bisa mendirikan sebuah usaha seorang diri. Pasti kamu membutuhkan orang yang bisa membantumu. Untuk itulah kamu memerlukan koneksi yang luas agar bisa mengembangkan bisnismu dengan lebih baik.

Jangan ragu juga untuk membagikan ilmu kepada orang lain. Hal itu juga akan membawamu bisa mengenal orang-orang baru yang bisa berpengaruh terhadap bisnismu.

8.     Melakukan promosi yang tepat sasaran

Promosi yang tepat sasaran ini maksudnya adalah ketika kamu melakukan promosi pada orang yang tepat. Contoh sederhananya saja, jika kamu menggunakan promosi endorse selebgram, kamu harus memastikan bahwa selebgram itu ada hubungannya dengan produk barang dan jasa yang kamu tawarkan.

Misalnya saja jika kamu menjual berbagai macam sambal, pilihlah selebgram yang hobi kulineran atau jika kamu berhasil menemukan selebgram yang suka dengan sambal itu akan jadi lebih baik.

Konten selebgram hobi kulineran biasanya tidak jauh dari makanan, yang mengikutinya pasti tertarik karena makanan-makanan yang disajikan.

9.     Terus melakukan inovasi

Usaha yang bertahan lama adalah usaha yang terus melakukan inovasi. Inovasi dibutuhkan karena zaman semakin berkembang. Kompetitor juga pasti melakukan inovasi. Selain itu, pelanggan mudah bosan.

Untuk menarik hati pelanggan lama dan pelanggan baru, tentu kamu harus mengembangkan produkmu. Misalnya saja kamu biasanya menjual roti yang isinya rasa-rasa manis, kamu bisa mencoba membuat roti yang isinya bahan-bahan gurih.

Inovasi bisa didapatkan dari pengalaman yang sudah-sudah. Untuk itulah riset dibutuhkan kembali. Jangan lelah melakukan riset sampai kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

Seperti itulah faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan suatu usaha. Uangmu mungkin akan hilang begitu saja, dan kamu harus memulai semuanya dari nol lagi. Namun, selama kamu ingin bangkit, kamu pasti bisa bangkit lagi.

Artikel Terkait