Bisnis & Kerja Sampingan

8 Faktor Kegagalan Wirausaha dan Penjelasannya

Ajaib.co.id – Tidak seorangpun berharap mengalami kegagalan saat menjadi seorang wirausaha. Berbagai upaya dan langkah dilakukan untuk meminimalisir kegagalan kala menjadi seorang wirausaha. Walau demikian, ada banyak faktor kegagalan wirausaha yang tidak diduga-duga sebelumnya bisa menimpa siapa saja. Nah, maka dari itu, bersiap diri atau sedia payung sebelum hujan adalah hal yang perlu kamu lakukan.

Dalam menyikapi banyak faktor kegagalan wirausaha tentunya perlu disikapi dengan motivasi yang kuat dari kamu dan juga lingkungan. Hal ini akan menentukan bagaimana kamu kedepannya dalam menjadi wirausaha yang berhasil. Motivasi tentunya bisa diperoleh dari mana saja, misalkan saja dari bacaan-bacaan seperti media massa, buku dan internet. Dengan begitu, wawasan kamu akan semakin terbuka dan memudahkan kamu untuk menghindari kegagalan.

Nah, lalu apa saja sebenarnya faktor kegagalan wirausaha yang acap kali terjadi. Untuk lebih jelas terkait dengan hal ini, Ajaib merangkum 8 faktor yang bisa berpotensi menyebabkan kegagalan wirausaha, antara lain :

1. Tidak kompeten dalam manajerial

Hal pertama yang merupakan faktor kegagalan wirausaha adalah kapabilitas, kemampuan dan pengetahuan yang minim terkait dengan pengelolaan usaha. Hal ini menghambat potensi seseorang dalam meraih kesuksesan sebagai seorang wirausaha.

Minimnya pengetahuan mengenai pengelolaan usaha tentunya akan mendorong kamu pada level yang tidak kompeten dalam manajerial, sehingga menghalangi kamu untuk menjadi wirausaha yang sukses, namun hal ini bisa saja karena posisi yang kamu emban saat ini tidak sesuai dengan kompetensi kamu. 

2. Kurang berpengalaman baik dalam kemampuan

Minim pengalaman adalah cambukan yang paling keras bagi seorang wirausaha. Padahal di manapun dan apapun kegiatan seseorang, pengalaman merupakan hal yang utama dalam menjajal kewirausahaan. 

Hal ini sangat memiliki koherensi dalam dunia wirausaha di mana kemampuan mengkoordinasikan, mengelola SDM, mengintegrasikan operasi perusahaan merupakan pengalaman yang sangat penting dan tidak bisa terelakkan dalam setiap pekerjaan.

3. Kurang dapat mengendalikan keuangan

Kondisi ini juga merupakan faktor kegagalan wirausaha, di mana kamu sebagai seorang wirausaha tidak mampu mengendalikan keuangan. Kamu tentunya harus mampu mengatur cash flow dan memeliharanya dengan baik dan benar. 

Minimnya kecermatan dalam pengelolaan cash flow akan membawa kamu pada jurang kehancuran sebagai wirausahawan. Di sisi lain, kamu juga harus teliti dan paham bagaimana memisahkan dana usaha dan dana pribadi sehingga tidak meminimalisir kerugian yang kamu alami. 

4. Kegagalan dalam perencanaan

Perencanaan merupakan salah satu hal yang penting dalam melakukan apapun. Terlepas dari bisnis dan usaha, perencanaan menjadi hal yang sangat krusial dan merupakan faktor penentu kesuksesan.

Bagaimana mau sukses sebagai wirausaha, jika saja perencanaan kamu tidak matang. Maka dari itu, untuk agar kamu tidak gagal dalam wirausaha, kamu tentunya harus memiliki perencanaan yang matang agar memudahkan kamu dalam melakukan implementasi dari perencanaan dan juga melakukan tindakan yang tepat.

5. Lokasi yang kurang memadai

Hal lain yang menjadi penyebab kegagalan dalam wirausaha adalah lokasi kurang strategis yang tidak mendukung proses implementasi kewirausahaan kamu. Misalkan saja lokasi yang jauh dari kawasan pemukiman, jauh dari pusat pendidikan dan juga fasilitas umum. Ini tentunya mendorong kamu kesulitan dalam menjalankan usaha. Maka dari itu, lokasi menjadi sebuah penentu kesuksesan usaha kamu.

Jika memang sudah demikian, ada baiknya jika kamu menggeser lokasi usaha kamu ke tempat yang lebih strategis. Misalkan saja dekat dengan pasar dan fasilitas umum. Dengan begitu perlahan tapi pasti usaha kamu akan berkembang.

6. Kurangnya pengawasan peralatan

Di sisi lain, pengawasan tentunya memiliki hubungan yang sangat erat terkait dengan hal efisiensi dan dan juga efektifitas. Dengan minimnya pengawasan akan berdampak pada penggunaan peralatan yang jauh dari kata efisien atau hemat dan berdaya guna tepat.

7. Kurang sungguh-sungguh dalam berusaha

Hal selanjutnya adalah sikap yang tidak serius dengan usaha yang tengah dijalani. Sikap ini tentunya akan membuat kamu menjadi labil dan sulit untuk memutuskan mana yang prioritas dan mana yang bukan prioritas. Dengan begitu, dengan sikap yang tidak sungguh-sungguh tentunya kamu berpeluang mengalami kegagalan dalam melakukan usaha.

8. Tidak bisa menyesuaikan konsep

Faktor kegagalan wirausaha selanjutnya adalh minimnya kemampuan untuk mengubah konsep usaha. Padahal konsep usaha terus mengalami perkembangan semakin harinya mengingat kondisi masyarakat yang semakin maju, dan cenderung meninggalkan gaya hidup konvensional.

Para wirausaha tentunya harus memanfaatkan kondisi tersebut sebagai peluang yang baik, namun hal ini jika saja wirausaha memiliki kapabilitas dalam pengetahuan. Namun jika tidak, maka akan sulit untuk mengembangkan usaha semakin maju dan mengikuti zaman.

Nah itulah 8 faktor kegagalan wirausaha yang perlu kamu ketahui. Namun pada intinya, mengasah kemampuan dan keahlian adalah solusi agar kamu bisa terhindar dari kegagalan menjadi wirausahawan. 

Artikel Terkait