Milenial

Selain Mimpi Sejuta Dolar, Ini Buku Motivasi dari Indonesia

Ajaib.co.idKesuksesan tidak datang dengan mudah dan dalam waktu yang singkat, butuh proses dan perjuangan panjang untuk mencapai semua itu. Sayangnya, tidak semua orang bisa terpacu dan mau bekerja keras untuk menggapai kesuksesan, padahal sukses bukan hanya sekedar mencapai puncak karier, atau bergelimang harta di usia muda.

Agar bisa mengembangkan potensi diri dan memaknai kesuksesan lebih baik lagi, beberapa buku motivasi dari orang-orang sukses dan hebat di Indonesia ini, mungkin bisa membuatmu semakin semangat dalam menjalani hidup serta meraih cita-cita.

Salah satu buku motivasi asal Indonesia yang paling terkenal adalah Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah. Seperti apa isi buku tersebut?

Mimpi Sejuta Dolar (Alberthiene Endah)

Pernah merasa berada di titik terendah hidup dengan masalah yang selalu datang bertubi-tubi? Dibanding merenungkan nasib dan terpuruk dalam penyesalan, mungkin kamu bisa mencoba bangkit dan belajar dari masa lalu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Kira-kira seperti itulah kisah hidup Merry Riana yang tertuang dalam buku Mimpi Sejuta Dolar.

Seperti yang banyak orang tahu, Mimpi Sejuta Dolar merupakan buku non-fiksi karangan Alberthiene Endah, yang menceritakan tentang kisah perjuangan Merry Riana saat mengenyam bangku kuliah di Singapura.

Kala itu, Merry Riana hanya memiliki 10 dolar Singapura untuk memenuhi kebutuhan hidupnya setiap minggu. Meski begitu, Merry tak patah semangat dan terus berjuang untuk membayar utang dan menutup pengeluarannya. Hingga pada satu titik, akhirnya perjuangannya terbalas dan Merry Riana bisa meraih penghasilan 1 juta dolar Singapura di usia muda (26 tahun).

Kisah hidupnya pun telah diangkat ke film layar lebar dengan judul, “Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar”, dan diperankan oleh Chelsea Islan.

Selain buku ini, ternyata banyak lho buku motivasi asal Indonesia yang tidak kalah keren dari buku Mimpi Sejuta Dolar. Inilah beberapa bukunya:

Young on Top (Billy Boen)

Berbeda dengan Mimpi Sejuta Dolar yang diangkat dari kisah hidup Merry Riana, buku Young on Top: 35 Kunci Sukses di Usia Muda adalah salah satu buku pengembangan diri yang berisi cara-cara dan pengetahuan dalam mencapai kesuksesan.

Ditulis oleh Billy Boen, entrepreneur muda lulusan Utah State University, Amerika Serikat, serta mantan manajer di sejumlah perusahaan besar, Young on Top memberikan semua alat (tools) yang kamu butuhkan untuk bisa meraih puncak karier di usia yang muda.

Meski bukan kisah hidup, Billy Boen tetap menuangkan pengalaman dan pengetahuannya dalam menjalankan bisnis, serta memberikan gambaran tentang konsep dan cara menjadi pengusaha ulung lewat bukunya tersebut.

Mestakung (Yohannes Surya)

Siapa bilang kisah sukses penuh motivasi hanya bisa datang dari pengusaha dan motivator? Tidak seperti dua orang sebelumnya, Yohannes Surya bukanlah seorang motivator, melainkan dikenal sebagai fisikawan ternama di Indonesia.

Lewat buku Mestakung: Rahasia Sukses Meraih Impian, ia membagikan pengalaman dan rahasia sukses dan juga pengembangan diri. Diambil dari kata ‘Semesta Mendukung’, Mestakung menjelaskan tentang strategi sukses yang diambil dari konsep Fisika, yaitu self-organizing.

Menurut Yohannes Surya, konsep tersebut menunjukkan bahwa ketika sesuatu berada dalam kondisi atau saat kritis, maka setiap partikel yang mengelilinginya akan bekerja sama demi mencapai titik ideal. Dalam bukunya, Yohannes menjelaskan, ada tiga tahapan yang harus dilakukan agar Mestakung bisa terjadi, yaitu menempatkan diri pada situasi kritis, melangkah, dan tetap tekun menghadapi rintangan.

Never Too Young to Become A Billionaire (Yasa Singgih)

Yasa Singgih dikenal berkat cerita suksesnya di usia yang sangat muda, yaitu menginjak 20 tahun. Melalui buku Never Too Young To Become A Billionaire, kisah tersebut ia tulis dan bagikan sebagai motivasi kepada para pemuda lain yang juga punya mimpi menjadi pengusaha.

Yasa Singgih adalah pendiri dari merek apparel khusus pria yang bernama Men’s Republic. Lewat perjuangannya, Yasa berhasil membuktikan diri dengan menjadi salah satu anak muda yang sukses membangun bisnis di usia muda. Pada tahun 2016 lalu, Yasa Singgih berhasil masuk dalam daftar Forbes 30 under 30 paling berpengaruh di Asia untuk kategori e-commerce dan ritel.

Meski terbilang sukses, Yasa tak pernah lelah memberi dukungan kepada pengusaha muda lainnya, lho. Bahkan sampai sekarang, ia masih aktif memberi saran dan kata-kata motivasi lewat akun media sosialnya.

Lead Like A Tour Leader (Eddy Efendy & Paulus Winarto)

Meraih kesuksesan bukan berarti harus menjadi pengusaha dan memiliki banyak uang, sukses bisa juga diartikan berhasil menjadi pemimpin yang baik dan berpengaruh bagi banyak orang. Seperti yang dituangkan Eddy Efendy dan Paulus Winarto dalam buku mereka, Lead Lika A Tour Leader.

Sesuai dengan namanya, buku ini mengajarkanmu tentang cara menjadi pemimpin yang baik dengan simulasi menjadi seorang tour leader. Jika kamu tertarik menjadi pemimpin di masa depan, buku ini cocok dijadikan pedoman karena berisi cara-cara mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Nilai-nilai kepemimpinan dalam buku ini ditulis dalam bahasa yang kesannya tidak menggurui, memerintah, atau bahkan memaksa. Bahkan dengan membacanya, kamu akan menyadari bahwa kita tak boleh patah semangat karena tantangan akan selalu ada kapanpun dan di mana pun.

Well, itu tadi lima buku self-improvement yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan potensi dalam diri. Dibanding mencoba meraih hasil akhir, cobalah untuk menikmati proses belajar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, karena hal itu akan lebih berdampak pada cita-citamu nanti. Kira-kira manakah buku yang sudah pernah kamu baca?

Jika kamu sudah membaca buku tersebut dan kamu ingin merasakan kesuksesan, mungkin langkah awal yang dapat kamu lakukan adalah dengan mulai berinvestasi. Karena dengan berinvestasi, uang yang kamu miliki akan terus berkembang. Salah satu platform investasi yang terpercaya adalah Ajaib.co.id. Memiliki banyak produk reksa dana, Ajaib.co.id juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Yuk mulai berinvestasi di Ajaib.co.id!

Artikel Terkait