Milenial

6 Perusahaan Multinasional Favorit Konsumen di Indonesia

Sumber: Unilever

Ajaib.co.id – Ketika kamu merasa haus dan ingin membeli sebuah air mineral, apakah kamu secara otomatis menyebut suatu merek? Atau ketika melihat berbagai merek dan ternyata saat kamu telaah itu berasal dari induk perusahaan yang sama? Bisa jadi merek tersebut berasal dari perusahaan multinasional.

Perusahaan multinasional adalah perusahaan yang memiliki banyak anak perusahaan dan berdiri di banyak negara. Dalam praktiknya, tidak semua perusahaan multinasional masuk ke satu negara dengan berdiri sendiri, beberapa berbentuk kerjasama dengan perusahaan lokal dan membentuk perseroan terbatas (PT).

Berpusat di negara maju dan memiliki banyak anak perusahaan di berbagai negara menjadikan perusahaan multinasional memiliki jangkauan bisnis yang global dan memiliki peranan pada kondisi ekonomi dan politik negara hingga politik global.

Dengan dampak dan posisi seperti itu, sudah sewajarnya kita mengetahui berbagai macam perusahaan multinasional yang ada di Indonesia. Indonesia sebagai negara yang memiliki populasi terbanyak keempat di dunia menjadi incaran perusahaan multinasional. Berbagai perusahaan besar kenamaan dari Benua Amerika dan Eropa melebarkan sayapnya ke tanah air dengan mendirikan anak usaha di berbagai industri mulai dari makanan, fashion hingga otomotif. Pada kali ini kita akan membahas 6 perusahaan multinasional favorit konsumen di Indonesia

Unilever

Perusahaan yang didirikan pada 1 Januari 1930 ini masuk ke Indonesia pada tanggal 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever. Hampir seluruh produknya dapat kamu temukan di berbagai pasar, minimarket hingga supermarket di Indonesia. Sebut saja seperti Rinso, Royco, Ponds, Axe dan lain-lain. 

Sebagai perusahaan multinasional dengan berbagai anak perusahaan, Unilever mampu menjadi top of mind untuk setiap kategori produknya. Contohnya dalam sehari-hari untuk membeli bumbu penyedap masakan di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Royco, salah satu merek dari Unilever. Unilever di Indonesia sendiri memiliki kantor utama di BSD City Tangerang dengan luas 3 hektar dan puluhan pabrik dari proses hulu ke hilir untuk produknya di seluruh Indonesia. 

Danone

Siapa yang tidak kenal dengan produk Aqua? Sebuah merek air mineral dalam kemasan yang dapat ditemukan di seluruh pelosok negeri. Aqua hanya  salah satu dari anak perusahaan yang dimiliki oleh Danone. Berdiri sejak tahun 1919 dan memiliki kantor pusat di Prancis, Danone menjadi perusahaan multinasional yang mendunia. Pada mulanya Danone adalah sebuah produsen makanan jenis yoghurt yang beroperasi di Kota Barcelona, Spanyol. Kesuksesannya membuat Danone memperluas bisnisnya dengan berbagai produk baru yang sampai sekarang bisa kamu temui.

Tidak hanya Aqua, Danone juga berhasil melahirkan berbagai merk seperti Vit, Yakult, Mizone, SGM, Bebelac dan lain-lainnya. Walau tidak semua produknya menjadi top of mind konsumen Indonesia, berbagai produk Danone mengambil share market yang tidak bisa dianggap remeh. Terbukti berbagai iklan produknya bisa kamu temui dalam berbagai medium seperti televisi hingga media sosial, menunjukan kehadiran merek Danone dekat dengan masyarakat Indonesia.

Mondelez

Perusahaan multinasional ini mungkin masih terdengar asing di telinga, tetapi kamu pasti tahu merek Oreo bukan? Merek yang terkenal dengan jargonnya “diputar, dijilat, dicelupin” ini adalah salah satu dari karya Mondelez. Berdiri sejak tahun 1923 dengan nama National Dairy, dan berubah menjadi Mondelez International di tahun 2012. 

Mondelez di Indonesia sendiri memiliki kantor pusat di Jakarta dan dua pabrik di Cikarang dan Bandung yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan di Indonesia bahkan luar negeri dengan sistem ekspor. Beberapa produk Mondelez International selain Oreo adalah Biskuat, Kraft, Cadbury dan Toblerone.

Nestle

Berdiri sejak tahun 1866 oleh Henri Nestlé, berawal dari produk bubur bayi. Hingga kini memiliki beragam produk inovatif yang dapat meningkatkan kualitas hidup. Di Indonesia sendiri, Nestlé merajai berbagai produk berbasis susu dan bubuk. Contohnya Milo, produk yang yang berasal dari cokelat ini tidak hanya nikmat tapi memberikan energi. Berawal dari susu coklat bubuk, kini Milo memiliki banyak varian seperti coklat, susu kemasan hingga sereal. Selain Milo, produk Nestlé yang tidak asing adalah Nescafe, Dancow, Koko Krunch, Kitkat, Fox dan Cerelac.

KFC

Didirikan pada tahun 1952 oleh Colonel Harland Sanders, KFC kini memiliki belasan ribu gerai di dunia. Di Indonesia sendiri KFC mulai masuk ke Indonesia pada 1979 dengan mendirikan PT Fast Food Indonesia Tbk.

Pembukaan gerai pertamanya di Jakarta membawa kesuksesan hingga kini memiliki 700 gerai lebih di berbagai kota di Indonesia. KFC yang menjual ayam goreng dengan rasa yang khas ini berada di bawah naungan grup Yum! Asia Franchise Pte Ltd, suatu bagian dari Yum! Restaurants International (YRI). Yum! Adalah perusahaan publik di Amerika dan pemilik berbagai macam  merek ternama, yaitu: Pizza Hut, A&W, dan Taco Bell.

Coca Cola

Dibangun pada tahun 1886, Coca-Cola berkembang dan merajai minuman soda dengan nama merek yang sama. Tidak hanya minuman soda, Coca-Cola hingga kini berhasil menciptakan banyak merek minuman lain yang tidak kalah populer di masyarakat, seperti Fanta, Sprite, Minute Maid, serta Ades.

Coca cola di Indonesia sendiri sudah masuk sejak tahun 1927. Pada saat itu Netherland Indische Mineral Water Fabriek (Pabrik Air Mineral Hindia Belanda) berhasil menjual dalam kemasan botol di Batavia (Jakarta). Hingga kini Coca Cola di Indonesia berdiri di bawah PT Coca Cola Amatil Indonesia dan memiliki 11 pabrik Coca-Cola yang beroperasi di berbagai provinsi di Indonesia.

Itu dia  6 perusahaan multinasional favorit konsumen di Indonesia. Tentunya masih ada puluhan hingga ratusan perusahaan multinasional di berbagai macam bidang industri. Semoga informasi mengenai perusahaan multinasional ini dapat membantu kamu ya!

Artikel Terkait