Bisnis & Kerja Sampingan

Pengertian Wirausaha, Tujuan & Ciri-Cirinya

Pengertian Wirausaha, Tujuan & Ciri-Cirinya

Ajaib.co.id – Wirausaha adalah usaha seseorang untuk melakukan aktivitas bisnis yang dilakukan secara mandiri dalam mengalokasikan berbagai sumber daya. Kegiatan usaha juga merupakan upaya untuk mensukseskan bisnis yang sedang dijalankan.

Kewirausahaan (entrepreneurship) atau Wirausaha juga didefiniskan sebagai proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

Apa itu Wirausaha?

Kewirausahaan atau Wirausaha dalam bahasa inggris memiliki arti entrepreneurship. Secara sederhana, pengertian wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan yang berujung dengan dibentuknya usaha. Wirausaha kerap disebut juga wiraswasta dan dianggap memiliki definisi yang sama.

Namun, menurut para ahli, seperti yang dikatakan Richard Cantillon (1755), pengertian wirausaha secara umum adalah seorang bisa menemukan cara-cara baru atau yang bisa berinovasi dan seorang pribadi yang bisa mengembangkan sesuatu yang unik dan baru.

Kemudian pengertian wirausaha menurut Vernon A. Musselman dan John H. Jackson, wirausaha adalah menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk dapat memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil dan sukses. Sehingga seorang wirausaha merupakan seseorang yang memiliki kemauan untuk menanggung risiko dan keberanian memulai usaha.

Teori Kewirausahaan

Dalam kewirausahaan terdapat tiga teori utama yang perlu kamu ketahui, yaitu:

a. Neo Klasik. Teori ini memandang perusahaan sebagai teknologis, di mana management perusahaan hanya untuk mengetahui biaya.

b. Kirzerian Entrepreneur. Teori ini membahas tentang kinerja manusia, kesungguhan manusia, dan keseriusan manusia berusaha secara mandiri. Yang menyimpulkan bahwa kemajuan atau kegagalan tergantung pada orang yang menjalankan usaha tersebut.

c. Teori Perilaku. Teori mengenai wirausahawan yang memiliki kecakapan dalam pengorganisasian usaha, meliputi pengaturan keuangan, pembangunan jaringan, dan pemasaran produk baru yang diciptakan. Di mana, produk baru menentukan keberhasilan bisnis, karena akan terlihat bisnis atau usahamu terus berinovasi.

Tujuan Wirausaha

Ketika berada di dunia bisnis, wirausaha memiliki beragam tujuan yang berbeda pemahaman. Berikut ini, beberapa tujuan wirausaha yang bisa kamu pahami.

1. Membentuk sikap pantang menyerah tidak putus asa, semangat tinggi dan optimis pada masyarakat

Dalam menjalani kehidupan, sikap yang dimiliki oleh wirausaha sangat penting untuk dimiliki. Karena hal ini dapat menjadikan kita sebagai seseorang yang akan terus berusaha dan berjuang untuk mencapai suatu tujuan bisnis yang sukses.

2. Mewujudkan kemampuan wirausaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Dengan banyaknya wirausaha yang tersebar luas di Indonesia, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena hal ini bisa menjadi suatu solusi yang baik untuk bisa mewujudkan kemampuan wirausaha yang dimiliki oleh setiap individu.

3. Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkompeten dan kualitas bisnis yang bagus

Adanya wirausaha yang tersebar di Indonesia bisa meningkatkan jumlah wirausaha yang memiliki kompetensi yang bagus dan kualitas bisnis yang terbaik sehingga dapat membantu meningkatkan produktifitas bisnis.

4. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang wirausaha

Adanya wirausaha dapat menjadikan kesadaran masyarakat semakin meningkat. Kesadaran masyarakat akan adanya wirausaha sangat penting agar masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam menyukseskan bisnis tersebut.

Ciri-Ciri Wirausaha

Wirausahawan adalah orang-orang yang menemukan ide inovatif dalam berwirausaha, bukan dengan menjual produk yang sudah ada atau mencontoh produk yang ada. Seorang wirausahawan biasanya memiliki pemikiran yang luar biasa dan memiliki orientasi pada uang.

Meski begitu, tujuan akhir mereka bukan hanya uang, tapi mereka juga memiliki keberuntungan dalam segi apapun, adanya keuntungan yang didapatkan. Wirausahawan adalah mereka yang pemberani dalam menentang risiko. Mereka tidak takut akan gagal. Namun, mereka bekerja dengan keras untuk membuat perencanaan yang bisa meminimalisir kegagalan.

Seseorang dikatakan wirausaha sudah tentu memenuhi definisi wirausaha itu sendiri, untuk lebih jelasnya silahkan dibaca ciri-ciri wirausaha di bawah ini:

1. Memiliki keberanian & daya kreasi

Seorang wirausaha atau pelaku usaha juga harus memiliki keberanian dalam memiliki daya kreasi atau memberikan nilai tambah untuk bisa merencanakan dan membuat inovasi baru. Segala ketakutan menjadi sia-sia dalam bermimpi dan berencana haruslah dihilangkan. 

2. Berani mengambil risiko 

Wirausaha adalah orang yang memiliki sifat berani untuk mengambil risiko dan mampu mengubah kesempayan menjadi peluang usaha. Hal ini tentu saja harus sejalan dengan perencanaan yang sebelumnya telah dilakukan serta pengamatan yang dilakukannya terhadap ide yang dimilikinya.

3. Memiliki semangat dan kemauan keras 

Seorang dapat dikatakan wirausaha selain berani mengambil risiko haruslah memiliki semangat dan kemauan yang keras untuk sukses

4. Memiliki analisis yang tepat 

Seseorang dapat dikatakan wirausaha apabila memiliki pengetahuan yang tepat untuk membuat analisis yang tepat, diusahakan mendekati 100 % benar

5. Tidak konsumtif 

Ini adalah penyakit untuk masa sekarang. Seorang wirausaha haruslah tidak konsumtif atau setidaknya, konsumsinya jauh lebih sedikit dari penghasilannya.

Kelebihan & Kekurangan Wirausahawan

Ada banyak kelebihdan dan kekurangan yang biasanya dimiliki atau diperoleh seseorang ketika memulai berwirausaha, yaitu:

1. Kelebihan Wirausahawan

  • Kesempatan mewujudkan cita-cita.
  • Banyak memiliki kesempatan mengembangkan ide-idenya.
  • Memiliki kesempatan menunjukkan potensi diri.
  • Mendapat pengakuan atas usaha yang dimiliki.
  • Bisa mendapatkan keuntungan yang fantastis.
  • Memiliki kemampuan untuk berkontribusi pada masyarakat.
  • Bebas melakukan apa yang diinginkan namun tidak melupakan aturan.

2. Kekurangan Wirausahawan

  • Ketidakpastian pendapatan.
  • Tidak ada jaminan dalam bertahan hidup.
  • Risiko terjadi kegagalan dalam berwirausaha.
  • Jam kerja yang tidak produktif.
  • Kualitas hidup yang tidak pasti hingga usaha yang didirikan mencapai keberhasilan.
  • Merasa sendiri ketika ingin mengembangkan ide-idenya.
  • Tanggung jawab yang lebih berat.

Tips Sukses Menjadi Wirausahawan

Untuk menjadi wirausahawan yang sukses, tentu kamu harus bekerja keras agar bisnis lancar, juga mampu membuat produk yang bisa diterima oleh target pasar. Jika Anda ingin menjadi wirausahawan yang sukses, berikut adalah tips yang bisa kamu ikuti:

1. Memiliki Skill sebagai Pengusaha

Pentingnya skill sebagai seorang pengusaha bisa menjadi langkah awal yang tepat jika kamu ingin menjadi wirausahawan yang sukses. Mental pengusaha harus dibentuk sejak awal, sebelum membangun suatu usaha.

Skill tersebut seperti memahami target pasar, memahami kebutuhan pasar, mampu membaca kesempatan, kemampuan komunikasi yang baik, dan sebagainya. Di mana, semua skill tersebut bermanfaat bagi wirausahawan karena akan sangat dibutuhkan selama mengembangkan usaha atau bisnis.

2. Memiliki Akses Permodalan

Untuk memulai usaha, kamu tentu juga membutuhkan dan perlu mengatur permodalan. Memiliki akses modal yang bagus akan membantu usaha lancar dan tentunya akan mempercepat proses produksi. Modal bisnis inilah yang merupakan salah satu kunci agar bisnis bisa berjalan dan tetap lancar.

Kamu bisa mendapatkan modal dari manapun, misalnya dari investor, uang pribadi, saudara atau teman, hingga dari lembaga keuangan seperti bank.

3. Mampu Menghasilkan Solusi

Seorang wirausahawan juga merupakan orang yang mampu memberikan solusi tepat untuk masalah yang sedang terjadi. Solusi yang diberikan juga benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan menciptakan solusi yang tepat, produk atau jasa yang ditawarkan akan lebih mudah diterima pasar. Hal inilah yang akan membantu kelancaran suatu bisnis karena meningkatkan penjualan yang terjadi.

4. Cepat Mengambil Kesempatan

Wirausahawan juga haruslah orang cerdik dalam mengambil kesempatan. Persaingan yang ketat dalam berbisnis akan membuat bisnis menjadi lambat terhadap penjualan. Oleh karena itu, wirausahawan harus cepat mengambil kesempatan yang ada agar tidak tertinggal dengan kompetitor.

Kesempatan yang diambil ini bisa jadi kesempatan untuk mengeksekusi ide, kecepatan mengambil momentum, bahkan kecepatan mengambil target pasar dengan strategi pemasaran yang tepat. Pengambilan kesempatan yang cepat bukan berarti tanpa dipertimbangkan terlebih dahulu. Namun, ada pertimbangan yang tepat untuk setiap langkahnya.

Itulah beberapa hal terkait wirausaha yang perlu kamu ketahui. Untuk menciptakan peluang untuk usaha baru, biasanya seorang wurausahawan melakukan usaha secara mandiri dengan mengerahkan segala kemampuan untuk menghasilkan apa yang mereka inginkan. Hal ini tidak lain dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Nah, setelah mendapatkan penghasilan dari beriwirausaham ada baiknya kamu memanfaatkan pendapatan untuk berinvestasi. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan dana darurat yang mungkin dibutuhkan di kemudian hari untuk mengembangkan usaha tersebut.

Ajaib merupakan salah satu platform investasi yang dapat membantu kamu memulai investasi reksa dana dan saham kapan dan di mana saja secara online. Hanya dengan modal mulai dari Rp10 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan sesuai tujuan investasi kamu. Yuk mulai investasi sekarang juga di Ajaib!

Artikel Terkait