Dunia Kerja

Cara Membuat Surat Kuasa Sesuai Kebutuhannya

Cara Membuat Surat Kuasa Sesuai Kebutuhannya

Surat kuasa adalah dokumen yang berisikan pernyataan pemberian kuasa kepada orang yang membawa surat tersebut. Kategorinya di Indonesia memang merupakan salah satu surat resmi dan memiliki kekuatan hukum. Biasanya kita paling membutuhkan surat kuasa ketika berurusan dengan transaksi bank. Umumnya membantu kerabat yang lebih tua misalnya mewakili kakek atau nenek mengakses rekeningnya. 

Surat kuasa juga bisa digunakan untuk pengambilan dan pembuatan dokumen penting lainnya seperti ijazah, surat tanah, atau berkas investasi yang bernilai lainnya. Sebenarnya ada banyak hal lain yang membutuhkan surat kuasa dengan model yang berbeda-beda. Intinya, dokumen ini diberikan kepada orang yang dipercaya untuk mengurus hal yang penting. 

Format Surat Kuasa

Karena jika salah pilih orang maka surat kuasa ini bisa disalahgunakan dan merugikan kita. Sampai saat ini tidak ada format baku mengenai surat kuasa namun ada beberapa poin penting yang harus tercantum. Sayangnya masih banyak orang yang belum menguasai cara membuat surat kuasa yang benar. Agar kamu bukan salah satu diantaranya, berikut adalah 3 hal penting yang harus ada dalam surat kuasa. 

a. Judul surat

Berikan judul ‘SURAT KUASA’ di bagian atas surat dan di tengah halaman. Tuliskan dengan huruf kapital sebagai pembuka surat.  Jangan lupa untuk menambahkan nomor surat di atas.

b. Gunakan Bahasa Indonesia

Gunakan Bahasa Indonesia yang baku dan efisien. Ada sejumlah kasus surat kuasa ditulis tangan namun akan lebih baik jika diketik komputer. Hal ini memudahkan pihak yang terkait memahami isi surat tersebut. 

c. Tujuan surat jelas

Jelaskan secara ringkas dan informatif mengenai tujuan surat kuasa tersebut dibuat. Misalnya pelimpahan kuasa terhadap seseorang maka tambahkan alasan dan identitas yang jelas. Uraikan sedetail mungkin kebutuhan yang harus diakomodir dengan surat tersebut agar tidak ada masalah yang muncul.

Ketiga hal di atas harus diterapkan agar surat kuasa yang kamu buat sah dan dapat digunakan. Jangan lupa tambahkan materai yang ditandatangani. Materai penting agar surat kuasamu sah dan kuat di mata hukum. Dalam praktiknya, akan lebih baik apabila surat kuasa juga dilengkapi dengan dokumen lainnya seperti identitas atau surat keterangan. 

Misalnya kamu membawa surat kuasa untuk mengambil gaji pensiun kakekmu maka sebaiknya bawa fotokopi KTP milikmu dan kakekmu juga. Dengan demikian, pihak terkait, misalnya bank, akan lebih percaya dan urusanmu bisa lebih lancar. 

Berbagai Macam Surat Kuasa

Surat kuasa sebenarnya memiliki beberapa tipe tergantung kebutuhannya. Berikut ada 3 tipe surat kuasa yang banyak digunakan antara lain:

a. Surat kuasa perseorangan

Tipe ini mungkin yang paling sering kamu buat atau pergunakan. Fungsinya untuk kebutuhan pribadi seseorang misalnya surat kuasa untuk mengambil pensiun kakekmu atau membuat surat penting lainnya. 

b. Surat kuasa kedinasan

Surat kuasa ini dikeluarkan oleh instansi atau perusahaan atau pimpinan untuk bawahannya. Misalnya menghadiri suatu acara tertentu atau melakukan sesuatu yang di luar kewenangan orang yang diberikan kuasa. Intinya kebutuhannya ialah untuk kepentingan kelembagaan tersebut. 

c. Surat kuasa istimewa

Tipe surat kuasa ini di luar dari 2 contoh di atas. Fungsinya untuk kebutuhan khusus yang diwakilkan orang lain. Model ini paling sering diberikan dari sesorang kepada pengacaranya berkaitan dengan masalah hukum. Surat ini memungkinkan pengacara mengambil keputusan soal permasalahan klien tersebut di wilayah hukum.

Itulah beberapa hal terkait cara membuat surat kuasa dan jenis surat kuasa yang perlu kamu ketahui. Biasanya, surat ini sangat diperlukan ketika kamu tidak bisa menghadiri kepentingan pribadi, misalnya ketika seorang CEO memberi kuasa kepada divisi finance untuk ke bank dan mengurus penggajian karyawan.

Bacaan menarik lainnya:

Smith, K.K. & Berg, D.N. (1987), Paradoxes of Group Life: Understanding Conflict, Paralysis, and Movement in Group Dynamics, San Francisco, CA: Jossey-Bass.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait