Fungsi Surat Kuasa Khusus Dalam Mengurus Administrasi Bisnis

surat kuasa khusus
surat kuasa khusus

Dalam berbagai urusan bisnis atau investasi, seringkali kamu harus mengurus berbagai hal yang bersifat administratif. Namun, ada kalanya kamu bisa memakai surat kuasa khusus. Seperti misalnya dikarenakan kamu sedang sakit, berada jauh dari lokasi tempat mengurus administrasi atau memiliki kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan.

Dalam kondisi seperti ini, kamu bisa mewakilkan kepengurusannya kepada pihak lain dengan menggunakan surat kuasa. Surat kuasa ini diperlukan untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan masalah administrasi.

Di mana setiap urusannya telah memiliki prosedur tetap dan hanya bisa diakses oleh pihak yang bersangkutan. Itulah manfaat surat kuasa dimana kamu bisa menunjuk orang lain untuk mewakili.

Penerima Kuasa

Pada dasarnya, surat kuasa bisa diberikan oleh pemberi kuasa kepada siapa saja (Penerima kuasa). Namun demikian, patut diperhatikan bahwa pada saat kamu menunjuk seseorang sebagai penerima kuasa, pastikan dia adalah orang yang benar-benar bisa dipercaya. Hal itu tentunya untuk menghindari penyalahgunaan dari surat kuasa yang diberikan.

Ciri-ciri

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang menjadi ciri-ciri sebuah surat kuasa:

  • Terdapat judul pada kepala surat yang menyatakan tujuan surat tersebut. Harus jelas keterangan pada judul apakah “Suarat Kuasa Umum” atau “Surat Kuasa Khusus”
  • Bahasa yang digunakan baku, formal dan jelas. Maksudnya mudah dipahami dan dimengerti.
  • Terdapat pernyataan melimpahkan kuasa tertentu dari pemilik/pemberi kuasa kepada penerima kuasa
  • Berkaitan dengan kepentingannya, mungkin diperlukan materai untuk menambah kekuatan hukum.

Perbedaan dari Surat Kuasa Umum dan Surat Kuasa Khusus berdasarkan Undang-Undang dibedakan sebagai berikut.

Surat Kuasa Khusus

Fungsi Surat Kuasa Khusus dijelaskan dalam Pasal 1975 Kitab Undang-undang Hukum Perdata. Dalam hal ini, dijelaskan dengan rinci mengenai tindakan-tindakan apa saja yang boleh dilakukan oleh penerima kuasa. Termasuk di dalamnya hal-hal yang berkekuatan hukum seperti misalnya pemindahtanganan suatu benda, pengalihan rekening dan sebagainya.

Surat Kuasa Umum

Fungsi Surat Kuasa Khusus dijelaskan dalam Pasal 1976 Kitab Undang-undang Hukum Perdata. Surat Kuasa Umum merupakan sebuah pengalihan kuasa dalam hal yang berkaitan dengan kepengurusan semata. Sehingga pemegang Surat Kuasa Umum lebih terbatas tindakan dan perbuatan yang boleh dilakukan.

Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan Surat Kuasa Umum dan Khusus terletak batasan perbuatan yang diijinkan oleh surat kuasa tersebut. Hal ini dilihat dari segi hukum perdata yang berlaku.

Jika diaplikasikan, misalnya pada saat mengurus surat ijin usaha. Jika menggunakan Surat Kuasa Umum, maka penerima kuasa hanya dapat mengurus pembuatan Surat Ijin Usaha saja. Sementara proses pengambilannya dilakukan oleh pemilik resmi yang berhak. Namun, dengan Surat Kuasa Khusus, maka penerima kuasa memiliki kuasa untuk mengambil Surat Ijin Usaha dari kantor yang menerbitkannya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait