Ajaib.co.id – Bank BRI memiliki visi dan sejarah pendirian yang sampai sekarang masih menjadi identitas tersendiri. Hal ini pula yang tergambar dalam logo BRI yang begitu ikonik dan sangat diingat oleh masyarakatnya. Kali ini Ajaib akan menguaraikan makna logo bank pedesaan ini dan sejarah penggunaanya.
Pada dasarnya logo adalah gambar, grafis, simbol, tanda atau sketsa yang memiliki arti tertentu. Sebuah logo perusahaan tidak semata-mata hanya gambar tanpa makna. Logo harus bisa menyampaikan identitas perusahaan, sehingga mereka yang melihat akan mampu menghubungkannya dengan perusahaan bersangkutan.
Ada satu ucapan yang amat dimaknai oleh para pembuat logo dan penggiat visual. “how you look is your logo, your hello is your business card and your personality is you brand identity.” Kalimat di atas menggambarkan betapa pentingnya makna dari sebuah logo.
Logo mewakili visi dan misi dari sebuah perusahaan, lembaga, maupun instansi yang diwakilinya. Tentu saja pemilihan bentuk, warna, dan peletakan dari sebuah logo memiliki arti dan prinsipnya masing-masing. Sebuah logo dapat menceritrakan sejarah lahirnya instansi, lembaga, perusahaan, maupun sebuah organisasi.
Selain itu, logo juga dapat mencitrakan ideologi, passion, serta hasrat dari penggunanya. Dengan kata lain, logo merupakan sebuah identitas. Logo adalah cerminan dari pengguna. Oleh karena itu sebuah logo sangat sarat akan makna yang filosofis, ideologis, dan historis.
BRI sudah beberapa kali mengalami pergantian logo. Perubahan logo BRI tak bisa lepas dari branding perbankan pelat merah ini untuk menjadi lebih relevan dengan nasabahnya. Logo BRI terbaru kini terhitung sangat sederhana dibandingkan logo sebelumnya.
Banyak yang meyakini jika logo BRI yang sekarang mencerminkan harapan dan arah pengembangan bisnisnya yang juga menyasar anak muda. Garis sederhana namun tegas dianggap lebih bisa mewakili perubahan ini. Untuk lebih jelasnya, berikut Ajaib uraikan makna filosofi di balik logo BRI terbaru.
- Logo BRI didominasi warna biru dengan latar belakang putih. Huruf B, R, dan I dikreasikan dari lekukan-lekukan dan garis lurus, dinaungi oleh persegi empat dengan lengkung di sudut-sudutnya.
- Cukup dilihat sekilas, kita sudah bisa melihat tulisan BRI pada logo tersebut. BRI yang mudah dibaca menandakan BRI merupakan sebuah perusahaan yang terbuka untuk siapa saja.
- Dari segi warna, biru laut menandakan kepercayaan dan ketenangan. Sehingga warna biru pada logo BRI menandakan kestabilan, bisa dipercaya dan diharapkan dapat memberikan ketenangan pada nasabahnya.
- Sementara warna putih dalam logo perusahaan dapat memberikan kesan santun dan integritas tinggi.
- Persegi empat tertutup yang menaungi tulisan BRI, menandakan bahwa BRI merupakan perusahaan yang aman dan terlindungi. Sehingga nasabah tidak perlu khawatir saat memberikan kepercayaan kepada BRI.
- Sementara kombinasi garis lurus dan lekuk yang digunakan dalam membuat logo, menandakan bahwa BRI sebagai sebuah bank yang telah melalui berbagai kejadian sejarah, senantiasa fleksibel (lengkung) dan mampu menyesuaikan diri. Namun demikian, tetap berpegang teguh pada hal-hal yang prinsipil (garis lurus).
Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu Bank BUMN terbesar dan terpopuler di Indonesia. Bank yang telah berusia 123 tahun ini, dikenal dengan berbagai produknya yang menaungi UMKM. Selain itu, BRI juga memiliki banyak nasabah dari menengah bawah, termasuk mereka yang berada di pelosok.
Saat ini Bank BRI merupakan bank negara dengan status paling profitable dibandingkan pelat merah lainnya. Hal ini tak lain karena kinerja keuangannya yang juga cemerlang. Salah satu andalannya ialah penyaluran kredit UMKM yang menopang pertumbuhannya.
Prestasi serupa juga berlaku di pasar saham. Saham Bank BRI (BBRI) merupakan salah satu saham terbaik untuk dikoleksi dari sektor perbankan. Saham bank ini bahkan menjadi yang paling diminati invetor asing dan berjasa mendongkrak nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).
Terinspirasi Logo BRI, Kamu Bisa Membuka Jasa Pembuatan Logo
Bicara soal logo BRI tak lengkap rasanya tanpa membicarakan soal peluang bisnisnya. Mungkin tak banyak yang tahu siapa pembuat logo terbaru bank tersebut. Namun satu hal yang pasti bahwa pembuatan logo tersebut pasti dibandrol dengan harga cukup mahal.
Bagi sebagian kalangan mungkin merasa membuat logo adalah hal yang mudah. Nyatanya tidak semua orang bisa mengkreasikan goresan gambar, garis dan huruf yang mengandung filosofi tertentu. Karena itulah jasa pembuatan logo laris manis khususnya di era seperti sekarang.
Terlebih lagi dengan tren visual yang mendominasi. Keberadaan logo dianggap jalan singkat untuk meraih perhatian konsumen. Visual speak louder than words, demikian ujarannya. Tak heran kemudian bisnis ini langsun diserbu pembeli.
Peluang usaha membuat logo ternyata cukup menjanjikan. Banyak brand ternama yang memiliki logonya sendiri, contohnya saja logo BRI. Logo ini nantinya bisa mencerminkan brand itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.
Keahlian merupakan modal utama yang bisa membawa seseorang pada kesuksesan. Kalau kamu menyukai desain grafis, maka ada banyak cara sukses yang bisa kamu lakukan. Diantaranya adalah dengan membuka sablon digital produk-produk merchandise, sablon spanduk dan alat-alat promosi, cover buku dan lain sebagainya.
Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit dengan menawarkan jasa sebagai pembuat logo. Baik logo sederhana dengan warna yang sederhana seperti logo BRI, atau logo dengan banyak warna seperti logo visit Indonesia.
Membuat logo perusahaan bukanlah hal yang mudah. Karena logo harus mampu menyampaikan nilai-nilai perusahaan dan juga memberikan kesan mendalam bagi setiap orang. Logo juga identik dengan brand dan citra sebuah perusahaan. Ada kalanya, saat sebuah perusahaan ingin berubah citra mereka di tengah masyarakat, perusahaan mengubah logo mereka selama ini.
Tentunya, mendesain logo tidak bisa sembarangan. Untuk memastikan kamu mampu melakukannya, beberapa keahlian yang harus kamu kuasai adalah :
- Keahlian menggunakan software desain
- Memahami makna penggunaan bentuk dan simbol dalam desain
- Memahami makna warna dalam desain
- Mampu memberikan sentuhan estetika yang menarik
- Memahami Visi dan Misi Perusahaan, dan bagaimana menyampaikannya pada sebuah logo
Walaupun sederhana, mendesain logo BRI atau pun logo lainnya bukan hal yang mudah. Tentunya proses kreativitas dalam menciptakan sebuah logo sangat berharga. Oleh karena itu, jasa pembuatan logo bisa sangat dihargai. Mulai dari ratusan ribu rupiah, hingga jutaan rupiah untuk satu buah logo.
Kalau kamu punya jiwa seni tinggi dan kreativitas tanpa batas maka jasa pembuatan logo agaknya cocok untukmu. Terlebih lagi saat ini banyak usaha kecil bermunculan yang tentu saja butuh logo tersendiri. Mungkin belum sekelas logo BRI namun tetap saja peluang ini bisa menghasilkan uang.
Pekerjaan ini juga cocok dilakoni di masa pandemi. Kalau kamu kehilangan pekerjaan saat krisis ini atau butuh pemasukan tambahan maka jasa pembuatan logo amat menarik. Bisa kerja dari rumah dan dapat bayaran untuk hasil karyamu. Tertarik mencobanya?