Rumah Tangga Masa Kini

Biaya Rontgen Itu Mahal? Coba Cek Dulu Biayanya di Sini!

Biaya rontgen
Biaya rontgen

Ajaib.co.id – Biaya rontgen atau x-ray yang perlu kamu bayarkan saat melakukan pemeriksaan radiologi di sebuah rumah sakit. Tentunya memiliki tarif yang berbeda-beda, hal ini tergantung dari jenis pemeriksaan foto rontgen yang dilakukan dan di mana kamu melakukan pemeriksaan tersebut.

Seperti diketahui, pemeriksaan radiologi di rumah sakit bukan hanya rontgen atau x-ray saja. Melainkan, ada pula pemeriksaan lainnya seperti MRI, fluoroskopi, USG, CT scan, dan kedokteran nuklir. Pemeriksaan radiologi seperti foto rontgen memang diperlukan untuk membantu seorang dokter untuk memberikan diagnosanya terhadap penyakit yang sedang kamu alami secara lebih akurat.

Radiasi dalam pemeriksaan rontgen dianggap bisa memicu pertumbuhan sel-sel kanker di tubuh. Namun, risiko kanker tersebut kemungkinannya sangat kecil. Lantaran, radiasi saat melakukan rontgen sangat rendah bila dibandingkan dengan sumber radiasi alami yang terdapat di lingkungan sekitar seperti pancaran sinar matahari. Sehingga, pemeriksaan foto rontgen masih dianggap aman bila dilakukan dalam batas yang wajar.

Paparan radiasi dari rontgen juga dinilai lebih rendah dibanding pemeriksaan radiologi lainnya seperti melalui CT scan dan fluoroskopi. Risiko kanker akibat foto rontgen lebih rentan dialami oleh pasien dengan kriteria. Pertama, pasien yang melakukan pemeriksaan rontgen lebih dari 10 kali dalam setahun. Selain itu, pasien dengan usia lebih mudah dan yang memiliki jenis kelamin wanita.

Efek Samping Rontgen

Selain berisiko menumbuhkan sel-sel kanker di tubuh, pemeriksaan foto rontgen juga bisa memberikan efek samping bagi kesehatan pasien antara lain:

·        Rasa logam di mulut. namun ini hanya bersifat sementara waktu saja bagi penderita kanker saat menjalani kemoterapi.

·        Pusing dan mual-mual. akibat dari adanya radiasi yang sedikit mengganggu kinerja otak.

·        Diare. Efek radiasi bisa menyerang saluran pencernaan dan mengakibatkan pasien mengalami diare.

·        Gatal-gatal. Radiasi dari rontgen ke tubuh dapat memberikan mutasi pada sel, sehingga gatal-gatal maupun bercak-bercak merah di kulit bisa dialami oleh pasien.

·        Tekanan darah rendah. Efek radiasi rontgen bisa mengganggu kinerja otak yang membuat kepalamu pusing dan menganggu peredaran dalam tubuh. Hal ini bisa menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Tekanan darah yang rendah ini akan menurun kadar oksigen yang masuk ke otak.

·        Sulit bernapas. Efek samping ini umumnya dirasakan oleh pasien yang melakukan pemeriksaan foto rontgen di bagian dada. Di mana, radiasi membuat fungsi jantungmu menjadi terganggu dan membuat darah sulit terpompa ke dalamnya, yang membuat kamu memiliki tekanan darah rendah dan kesulitan untuk bernapas.

Keenam efek samping di atas menunjukkan bahwa pemeriksaan foto rontgen yang kamu lakukan dapat berisiko buruk bagi kesehatanmu. Namun, pemeriksaan foto rontgen berbanding lurus dengan tingkat keakuratan diagnosa penyakit bagi seorang dokter untuk memastikan kamu menderita penyakit apa, dan seberapa parah penyakit yang kamu alami tersebut.

Walaupun memiliki efek samping, namun pemeriksaan foto rontgen dianggap aman bila kamu melakukan pemeriksaan rontgen tidak lebih dari 10 kali dalam setahun. Jadi, sebelum kamu melakukan pemeriksaan rontgen. Kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter apakah perlu atau tidak untuk melakukan pemeriksaan tersebut.

Biaya Rontgen Berdasarkan Jenis dan Manfaatnya

Ketika kamu melakukan pemeriksaan foto rontgen atau x-ray di sebuah rumah sakit, kamu bisa dikenakan biaya rontgen mulai dari Rp200.000 untuk satu jenis foto rontgen. Berikut adalah estimasi biaya rontgen:

1.     Biaya Rontgen Dada

Rontgen dada umumnya dilakukan oleh pasien yang menderita berbagai penyakit terkait paru-paru dan jantung. Di mana, foto rontgen bisa menunjukkan kondisi jantung, paru-paru, saluran pernafasan, pembuluh darah, dan kelenjar getah bening melalui x-ray.

Biasanya rontgen dada ini dilakukan untuk memastikan penyakit yang pasien derita, yang sudah menunjukkan gejala-gejala awal misalnya sulit bernapas, dada terasa sakit, dan lain-lain. Guna diobservasi lebih lanjut lagi terkait masalah kesehatan di area dada yang meliputi kesehatan paru-paru dan jantung.

Setidaknya, ada 7 penyakit yang bisa diketahui bila kamu melakukan pemeriksaan foto rontgen dada di antaranya:

·        Penyakit paru-paru yang diderita oleh pasien.

·        Penyakit jantung yang berhubungan dengan paru-paru.

·        Ukuran dan bentuk jantung.

·        Masalah pembuluh darah.

·        Deposit kalsium.

·        Patah tulang.

·        Mengetahui perkembangan hasil operasi apakah berjalan baik atau tidak.

Ketujuh hal di atas bisa kamu ketahui setelah menjalani pemeriksaan foto rontgen di area dada. Biaya rontgen untuk area dada secara umum mulai dari Rp180.000 di rumah sakit swasta. Namun, tarif ini bisa bertambah bila kamu melakukan foto rontgen dari berbagai posisi.

2.     Biaya Rontgen Tulang Belakang

Pengeroposan tulang belakang sering dialami oleh orang-orang dewasa yang sudah lanjut usia. Hal ini dikarenakan kepadatan tulang seseorang akan mulai menurun saat memasuki usia 35 tahun ke atas. Biasanya rontgen tulang belakang banyak dilakukan oleh pasien untuk mengetahui apakah mereka terkena osteoporosis, osteoarthritis, dan jenis penyakit tulang lainnya.

Biaya rontgen tulang belakang misalnya di RSUD Wangaya, Bali. Tarif pemeriksaan untuk satu kali x-ray sebesar Rp 83.000.

3.     Biaya Rontgen Kepala

Dari pemeriksaan foto rontgen seperti dada, tulang belakang, dan bagian tubuh lainnya. Biaya rontgen di area kepala menjadi salah satu yang paling termahal. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk mengetahui berbagai kelainan di bagian kepala, seperti pada penderita sinusitis, mastoiditis, hingga trauma wajah.

Tarif rontgen kepala di rumah sakit bisa mencapai jutaan rupiah. Misalnya kamu melakukan rontgen di Rumah Sakit Premier Bintaro, kamu akan dikenakan estimasi biaya sebesar Rp3.035.000 untuk sekali rontgen.

Selain biaya rontgen yang sudah redaksi Ajaib jelaskan di atas, sebenarnya masih ada lagi jenis-jenis foto rontgen yang perlu kamu ketahui misalnya gigi dan juga perut. Untuk biaya pemeriksaan rontgen gigi mulai dari Rp120.000, sedangkan rontgen perut memiliki tarif mulai dari Rp 254.000.

Terlepas dari bahaya dan efek samping yang bisa ditimbulkan dari radiasi rontgen. Pemeriksaan rontgen hingga saat ini masih menjadi andalan bagi seluruh rumah sakit untuk mendeteksi penyakit dari para pasien secara cepat dan akurat.

Artikel Terkait