Emas

7 Model Anting Emas yang Paling Populer di Indonesia

7 Model Anting Emas yang Paling Populer di Indonesia

Ajaib.co.id – Anting-anting adalah salah satu jenis perhiasan yang amat disukai kaum wanita. Terlebih lagi jika bahannya dari emas sehingga menambah nilai dan keanggunannya. Ada banyak berbagai model anting emas yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan gaya setiap pemakainya.

Wanita selalu menyukai perhiasan apapun bentuknya. Tujuannya untuk menambah keindahan diri sekaligus memberikan perasaan senang kepada penggunanya. Alasan inilah maka ada banyak jenis perhiasan yang ditujukan untuk dikenakan perempuan dibandingkan laki-laki.

Namun dari berbagai jenis perhiasan, anting menjadi statement tersendiri. Bukan hanya sekedar hiasan, bahkan pada tradisi tertentu jenis anting akan menentukan kasta seseorang. Sejak zaman dulu, perhiasan telinga ini jadi saksi akan status orang tersebut. Mulai dari zaman kekaisaran cina, kerajaan nusantara sampai dengan putri kerajaan modern seperti Kate Middleton.

Selain itu, menggunakan anting-anting juga dianggap penanda akan status kewanitaan. Beberapa tahun lalu, anak perempuan yang tidak mengenakan perhiasan ini akan dianggap tomboy dan menjadi hal yang aneh. Itulah alasannya wanita tetap menggunakan giwang meskipun kecil atau tidak terlalu terlihat misalnya karena berjilbab.

Giwang juga menjadi salah satu jenis perhiasan yang hampir semua wanita pasti memilikinya. Kalung atau gelang emas belum tentu dimiliki semua perempuan namun tidak demikian dengan anting-anting. Bahkan ada yang bisa memiliki beberapa model anting emas sekaligus untuk dipakai bergantian.

Berbagai Model Anting Emas, Bisa Dipakai Sesuai Gaya Berpakaian

Anting emas sudah dikenakan sejak 4.000 tahun yang silam oleh masyarakat Yunani kuno. Saat itu para perempuan mengkhususkan diri untuk menggunakan giwang demi tampilan yang lebih cantik dan memikat para ksatria.

Model anting emas kala itu juga sudah sangat beragam karena banyaknya sumber tambang emas dan kreasi para pandai emas dalam berbagai bentuk. Meski demikian, model anting emas bulan sabit dan kapal menjadi salah satu yang paling banyak dikenakan.

Tren ini sempat menurun karena wanita kemudian banyak menutupi kepalanya dengan rambut palsu atau desain pakaian yang tertutup. Baru pada abah ke 2- kemudian model anting emas kemudian kembali digemari. Pada masa inilah kemudian model anting emas jepit ditemukan dan tindik menjadi hal yang lazim dimiliki oleh para wanita.

Sedangkan di Indonesia, banyak suku pedalaman sudah lama menggunakan giwang sebagai penanda kuasa penggunanya. Ambil contoh wanita suku dayak yang menggunakan berbagai anting emas yang sangat berat dan membuat telinganya panjang. Hal inilah yang menjadi penanda kecantikannya di kalangan masyarakat suku tersebut.

Karena itu, tak heran sampai saat ini anting emas tak pernah gagal menjadi penghias paling paripurna dari seorang perempuan. Ukurannya mungil namun efeknya sangat besar. Selain itu, subang juga bisa disesuaikan dengan kepribadian atau gaya pemakaiannya.

Saat ini sudah banyak model anting emas yang bisa kamu temui di pasaran. Apalagi, wanita sangat memperhatikan penampilan. Model dan bentuknya yang terus berkembang, membuat jenis perhiasan ini jadi andalan bagi wanita yang ingin tampil cantik dan elegan.

Selain membuat diri semakin cantik, anting juga menjadi salah satu perhiasan yang bisa menjadi salah satu investasi baik, Kalau kamu masih bingung ingin membeli model anting emas seperti apa, berikut ini adalah 3 model anting emas yang paling populer :

Anting Stud

Anting yang satu ini merupakan jenis perhiasan yang paling umum digunakan oleh banyak orang. Model anting emas ini sangat sederhana dan tidak menarik perhatian karena hanya sekedar menepel di daun telinga.

Mengapa begitu? Sebab, anting stud merupakan model anting sederhana dan elegan. Bagi yang ingin tampil sederhana atau simpel, anting stud adalah jawabannya. Jenis anting ini biasanya dikenakan anak perempuan atau wanita dewasa yang suka dengan tampilan simple.

Bentuknya pun beragam, ada yang berbentuk hati, bulat, bunga, bentuk hewan, hingga tokoh kartun. Kelebihan lainnya dari model anting emas ini adalah tidak terlalu menarik perhatian sehingga aman dikenakan sehari-hari. Kamu tak perlu khawatir dengan akan menjadi korban kejahatan jika menggunakannya.

Namun kamu juga bisa menghasilkan kesan mewah dengan menggunakan model ini. Pilih model anting stud yang dikombinasikan dengan mutiara, berlian atau batu berharga lainnya. Apalagi, jika digunakan saat menghadiri acara-acara formal.

Anting Hoop

Model anting emas ini memiliki bentuk yang beragam, terutama ukurannya. Anting hoop cocok bagi yang memiliki wajah kotak dan tegak garis. Dengan menggunakan anting ini, bisa memberikan kesan rahang yang lebih halus.

Anting hoop juga terkesan klasik, karena populer pada tahun 90-an. Model anting ini cocok dipadukan dengan gaya outfit apa pun. Tidak masalah bagaimana gaya outfit-mu, model anting ini cocok untuk semua tampilan.

Model anting emas hoop memang belum terlalu populer. Namun mengenakannya akan memberikanmu tampilan eksotis dan unik, berbeda dibandingkan yang lain.

Anting Drop

Anting drop cocok buat kamu yang memiliki bentuk wajah bundar. Berbeda dari yang lain, anting drop bisa membuat wajah kamu terlihat lebih tirus. Model anting ini juga cocok dipadukan dengan pakaian berkerah atau sabrina. 

Model anting emas ini akan memberikan kesan lehermu lebih jenjang sehingga nampak lebih ramping. Kalau kamu suka dengan model pakaian kerah terbuka maka jenis giwang ini akan menjadi padanan sempurna.

Anting Dangle

Jika kamu tidak percaya diri dengan bentuk wajahmu yang bulat, maka kamu bisa menggunakan anting dangle. Anting ini memiliki bentuk seperti tetesan air mata, oval, dan menggantung. Sehingga, bisa memberi kesan feminim dan anggun.

Anting dangle memiliki beragam warna dan material. Kamu bisa menggunakan anting dangle dengan sentuhan mutiara sebagai paduan outfit. Kombinasinya dengan berbagai material bisa menyesuaikan dengan outfit maupun occasion kala kamu kamu mengenakannya.

Anting Huggies

Kalau kamu tidak ingin menggunakan anting berukuran besar, anting huggies bisa jadi pilihan yang tepat. Model yang melingkar di telinga ini akan terlihat simple namun juga mempercantik diri.

Anting huggies juga terlihat manis dalam ukuran yang mini. Desainnya sendiri sangat simpel dan terbuat dari emas atau perak. Ketika menggunakan anting ini, kamu akan terlihat elegan. Anting huggies cocok digunakan saat beraktivitas dan acara formal.

Anting Emas Custom

Saat ini, sudah banyak tempat perhiasan yang menyediakan anting emas custom. Dengan pilihan ini, maka bentuk dan ukurannya bisa disesuaikan dengan keinginan. Dari segi harga, tentunya berbeda dengan perhiasan anting emas lainnya yang sudah jadi.

Selain itu, diperlukan waktu untuk membuat anting emas custom ini. Tergantung dari tingkat kesulitan dan keinginan kamu. Namun, kamu bisa yakin jika tidak ada yang menyamai bentuknya karena ini adalah kreasimu sendiri.

Saat ini sudah banyak pengrajin emas yang bersedia membuat perhiasan dengan model yang kamu inginkan. Biayanya juga terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kemampuan finansialmu.

Anting Emas Rose Gold

Rekomendasi model anting emas yang terakhir bukan ditentukan dari bentuknya namun dari materialnya. Kalau kamu bosan dengan anting emas kuning atau emas putih, saat ini sudah ada tambahan pilihan warna anting, yaitu rose gold.

Warna rose gold sendiri berasal dari pencampuran bahan emas murni dan perunggu atau perak. Sehingga, menghasilkan perhiasan dengan warna pink keemasan yang elegan dan cantik. Warna ini memberikan kesan feminin sekaligus manis bagi penggunanya tanpa menghilangkan unsur berharganya sebagai logam mulia.

Warna dari perhiasan ini cenderung lebih tahan lama jika dibandingkan dengan perhiasan emas putih. Berbeda dengan perhiasan emas putih yang dilapisi oleh rhodium. Namun biasanya rose gold memiliki harga jual yang lebih rendah dibandingkan emas kuning sehingga kurang tepat dijadikan aset investasi.

Perhiasan emas memang punya fungsi serbaguna. Bukan hanya sekedar perhiasan saja namun juga menjadi aset investasi. Kamu bisa menjualnya sewaktu-waktu ketika perlu dana tunai. Hanya saja, investasi ini tidak cocok dilakukan dalam jangka pendek.

So, sudah tau mana anting emas yang mau kamu pilih sebagai investasi dan cocok kamu gunakan untuk penampilan setiap harinya? Jika sudah, jangan tunggu nanti! Investasi sekarang!

Artikel Terkait