Investasi

Cerdas Berinvestasi dengan Panin Asset Management

panin asset management

Ajaib.co.id – Semakin banyak orang sadar pentingnya melakukan investasi. Namun, investasi apa yang tepat? Di sinilah peran dari Panin Asset Management. Mereka Ini sebuah perusahaan yang akan membantu siapa saja yang ingin berinvestasi mendapatkan keuntungan seperti yang mereka inginkan.

Banyak model investasi yang bisa kamu pilih. Namun, kamu harus ingat banyak sekali investasi bodong. Ini jelas investasi dengan risiko penuh karena uang kamu bakal hilang menguap begitu saja. Bukannya dapat untung tapi modal yang kamu investasikan hilang begitu saja.

Sementara itu, ada juga investasi yang sebenarnya. Hanya saja, kamu harus pahami bahwa setiap investasi ada risiko. Di sinilah Panin Asset Management akan membantu siapa saja untuk meminimalisir risiko tersebut.

Sekilas Mengenai Panin Asset Management

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana meminimalisir risiko dalam berinvestasi, kamu perlu tahu dulu perusahaan seperti apa ini. Sebenarnya, ini merupakan perusahaan manajemen investasi. Artinya, perusahaan akan membantu kamu dan investor lainnya untuk mengelola dana yang investor investasikan.

Bagaimana cara yang mereka terapkan? Salah satunya dengan menerapkan strategi active investment management. Dengan strategi ini, mereka percaya bahwa risiko buruk dalam investasi bisa benar-benar diminimalisir.

Kredibilitas perusahaan ini tidak perlu diragukan lagi. Tidak mungkin perusahaan ini tetap ada jika tidak kredibel. Kamu harus tahu usia perusahaan ini sudah mencapai 20 tahun. Berdiri pada tahun 1989, dulunya perusahaan ini berada di bawah nama PT Panin Sekuritasindo.

Penerapan Active Investment Management

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Panin Asset Management menerapkan strategi active investment management. Apa itu? Ini merupakan strategi yang diterapkan karena belum efisiennya pasar saham di Indonesia. Yang dimaksud dengan ketidakefisienan adalah dalam hal tingkat pengembalian investasi.

Perusahaan tidak menggunakan benchmark sebagai acuan untuk menentukan portofolio investasi. Benchmark hanya digunakan sebagai alat ukur kinerja rekasa dana. Inilah yang menjadi pembeda antara Panin Asset Management dengan perusahaan kompetitor lainnya.

Ada banyak sekali faktor yang digunakan untuk dipertimbangkan ketika menghitung nilai intrinsk perusahaan. Ada faktor kondisi industri, kondisi ekonomi, hingga gambaran besar prospek perusahaan. Dengan penggunaan faktor-faktor tersebut, diharapkan risiko dalam berinvestasi bisa diminimalisir.

Produk yang Ditawarkan

Sudah siap untuk berinvestasi bersama Panin Asset Management? Tunggu dulu. Kamu harus pahami juga apa saja produk yang mereka tawarkan.

Ada beberapa produk reksa dana terbuka yang bisa kamu pilih. Atau kamu juga bisa ambil produk KPD atau Kontrak Pengelola Dana. Berikut ini produk-produk yang ditawarkan secara lebih detail.

Saham

Masyarakat Indonesia sudah familiar sekali dengan saham. Mungkin kamu juga sudah pernah atau saat ini masih bermain saham. Apakah sudah cukup menguntungkan? Apakah keuntungannya sudah maksimal kamu dapatkan?

Jika masih belum puas dengan hasil yang kamu dapatkan, kamu bisa berinvetasi saham di perusahaan ini. Ada berbagai pilihan seperti Panin Dana Maksima, Panin Dana Prima, Panin Dana Syariah Saham, dan masih banyak pilihan lagi. Kamu bisa pilih sesuai dengan kemampuan investasi atau sesuai dengan apa yang ingin kamu dapatkan.

Campuran

Ada juga produk campuran, seperti Panin Dana Unggulan, Panin Dana US Dollar, Panin Dana Bersama, dan Panin Dana Prioritas.

Pendapatan Tetap

Produk yang satu ini lain dari dua produk sebelumnya. Dan ada 4 variasi produk yang bisa kamu pilih, yaitu Panin Dana Utama Plus 2, Panin Dana Gebyar Indonesia II, Panin Dana Pendapatan Berkala, dan Panin Dana Pendapatan Utama

Pasar Uang

Ini juga produk investasi di Panin Asset Management yang sangat banyak peminatnya. Hampir sama popularnya dengan saham. Dalam hal ini, ada dua jenis produk yang bisa dipilih, yaitu Panin Dana Likuid dan Panin Dana Likuid Syariah.

ETF

Tidak banyak tahu yang satu ini. Tapi, ini layak untuk kamu coba. Panin menawarkan Panin ETF IDX30 Dinamis.

Nah, dari kelima produk tersebut, mana yang membuat kamu tertarik?

Tips Cerdas Berinvestasi dengan Dana Minim

Muncul satu pertanyaan, apakah investasi itu hanya bisa dilakukan ketika kamu sudah kaya? Justru seharusnya investasi itu dilakukan ketika kamu belum kaya. Investasi sebenarnya dilakukan agar keuangan kamu meningkat terus menerus.

Maka dari, jangan tunggu hingga kamu merasa sudah kaya. Semakin dini kamu berinvestasi, itu semakin bagus.

Jika kamu hanya punya dana minim, ada tips yang harus kamu terapkan. Yang pertama, pikirkan apa tujuan jangka panjang. Investasi itu digunakan untuk tujuan jangka panjang, bukan itu satu bulan ke depan. Setidaknya, investasi itu untuk 5 tahun ke depan. Pikirkan apa yang mungkin terjadi di 5 tahun mendatang dan apa yang ingin kamu dapatkan.

Kedua, cari model investasi yang sangat relevan untuk kamu lakukan. Investasi tidak harus menggunakan dana yang besar. Yang terpenting ada uang yang tidak kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan. Sekecil apapun, kamu harus investasikan.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menghitung berapa pendapatan kamu dan berapa biaya hidup kamu. Lalu, kamu akan mendapatkan sisa uang yang bisa kamu investasikan.

Yang ketiga, pilih tempat investasi yang terpercaya. Jangan mudah percaya dengan model investasi yang mudah. Apalagi yang menawarkan keuntungan yang tidak masuk akal. Maka dari itu, sebaiknya pilih Panin Asset Management. Di sinilah uang yang mungkin kecil menurut kamu bisa diinvestasikan sehingga nilainya lebih tinggi di kemudian hari.

Jadi, kapan kamu mulai benar-benar menyisakan uang untuk diinvestasikan. Ingat masa depan. Maka kamu akan lebih semangat berinvestasi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Artikel Terkait