Teknologi

Cara Membuat Aplikasi Mudah Untuk Pemula

cara membuat aplikasi

Ajaib.co.id – Siapa bilang membuat aplikasi itu sulit? Kamu tidak harus belajar formal untuk bisa membuat sebuah aplikasi. Pada dasarnya, smartphone memiliki sistem standar aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Aplikasi ini bisa diunduh sesuai dengan sistem operasinya seperti Apple App Store dan Google Play Store

Proses pembuatan aplikasi mungkin terkesan rumit dan harus dikerjakan oleh orang yang memiliki kemampuan tinggi di bidang bahasa pemrograman, tetapi pengerjaannya tidak sesulit yang dibayangkan, lho. Kamu juga bisa membuat aplikasi pada smartphone kamu. Penasaran? Yuk, baca ulasan berikut ini: 

Menentukan Sistem Operasi 

Ada banyak jenis sistem operasi smartphone, misalnya Android OS, Symbian OS, Apple iOS, Palm OS, Blackberry OS, Meego, Microsoft Windows Phone dan masih banyak lagi. Nah, sebelum kamu membuat aplikasi, kamu harus terlebih dahulu memilih sistem operasinya. Hal ini dikarenakan masing-masing sistem operasi memiliki cara coding yang berbeda. 

Kamu bisa menggunakan sistem operasi Android dan Apple iOS untuk membuat aplikasi karena 2 sistem operasi ini lebih mudah digunakan. Keduanya juga merupakan sistem operasi yang paling banyak banyak digunakan pengguna smartphone di dunia. 

Sistem operasi Android dan Apple iOS memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Kelebihan dari Android adalah memiliki aplikasi yang open source yang artinya gratis untuk diakses.

Kelebihan lainnya adalah banyak produsen smartphone menggunakan Android, sehingga walaupun berbeda merek smartphone, aplikasi tersebut dapat diakses selama menggunakan sistem operasinya adalah Android. Walaupun demikian, aplikasi open source dari Android juga memiliki kelemahan yaitu mengundang banyak serangan virus atau malware

Hal tersebut diatas yang menjadi kelebihan sistem operasi Apple iOS. Engineer Apple memang terkenal sangat memerhatikan kualitas produk mereka. Namun, kelemahan dari pengunaan aplikasi untuk perangkat Apple adalah rata-rata aplikasinya berbayar. Ditambah lagi, aplikasi yang ada dalam perangkat Apple iOS tidak bisa digunakan dalam perangkat lain selain merek Apple.

Cara Membuat Aplikasi 

Membuat aplikasi membutuhkan usaha dan resource yang tidak sedikit. Namun, bagi kamu yang pemula, tenang saja kamu dapat menggunakan beberapa website berikut untuk membuat aplikasi. Berikut cara membuat aplikasi melalui beberapa website: 

1. Jagel.id

Jagel.id adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat aplikasi android sederhana yang bisa kamu unduh melalui Google Play Store. Cara menggunakan software ini adalah kamu harus mempunyai smartphone dengan sistem operasi Android karena aplikasi ini hanya dapat digunakan dalam perangkat Android.

Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah dan kamu tidak perlu repot untuk membuat skrip code. Aplikasi Jagel.id umumnya digunakan untuk membuat aplikasi transportasi online, toko online dan aplikasi sistem bisnis lainnya.

Langkah yang perlu kamu lakukan cukup sederhana yaitu mengunduh dari Google Play Store lalu membuat akun. Kemudian menekan ‘Buat Aplikasi’ untuk masuk ke dalam panel ‘Appku’. Selanjutnya, kamu tinggal mendesain tampilan aplikasi sesuai dengan keinginan kamu.

2. Appery.io

Buat kamu yang pemula, Appery.io dapat menjadi pilihan kamu membuat aplikasi yang bisa diakses melalui Android dan Apple iOS. Appery.io menggabungkan pengembangan visual dengan JavaScript untuk membuat aplikasi pada perangkat Android. Editor visual dilakukan dengan cara ‘drag and drop plugin’ untuk membangun aplikasi pada Android Anda. 

Appery.io merupakan web base, sehingga kamu tidak perlu mengunduh aplikasi di komputer atau di smartphone. Kamu hanya membutuhkan web browser dan jaringan yang stabil saja untuk membuat aplikasi pada website ini.

Appery.io memang sudah banyak dikenal dalam dunia pengembang aplikasi mobile dan sudah pernah dibahas dalam 30 situs-situs IT ternama seperti InfoWorld, SDTimes, CloudTimes, ChinaTimes, infoTech, ComputerWorld, TechTarget dan masih banyak lagi.

Appery.io juga menawarkan pilihan paket yang dapat kamu gunakan untuk membuat aplikasi yaitu Starter, Standard, Pro, Premium, dan Enterprise.

Untuk kamu yang baru mulai mencoba membuat aplikasi, kamu dapat menggunakan paket ‘Starter’ tanpa biaya apapun untuk 1 aplikasi. Walaupun, aplikasi bentukan website ini memiliki fitur terbatas yaitu sampai 1.000.000 API call dengan penyimpanan 1GB, namun patut untuk dicoba.

Apabila kamu sudah selesai membuat aplikasi melalui laman Appery.io, kamu dapat mengubahnya dari file menjadi aplikasi Android ataupun aplikasi iOS. 

3. AppMachine

Sama seperti Appery.io, Appmachine merupakan web base yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi pada perangkat Android maupun Apple dengan menggunakan sistem user interface professional.

AppMachine sangat mudah dipakai. Namun, penggunaan web base ini tidak gratis. Kamu harus membeli paket terlebih dahulu untuk bisa membuat aplikasi pada web ini. Untuk membuat aplikasi Android, kamu dapat menggunakan paket Plus seharga US$49. Paket yang paling murah ditawarkan dengan harga US$19 yang hanya bisa membuat aplikasi HTML5 saja.

4. Appy Pie

Appy Pie merupakan web base yang memiliki fungsi pembuatan aplikasi secara cuma-cuma. Pengoperasian Appy pie termasuk mudah karena kamu hanya perlu memilih kategori aplikasi yang ingin dibuat seperti bisnis online, informasi, fotografi, edukasi, dan lainnya.

Setelah memilih kategori aplikasinya, kamu tinggal menentukan tema tampilan aplikasi dan mengikuti semua petunjuk penggunaannya sampai menerbitkan aplikasi. Selanjutnya kamu bisa menerbitkan aplikasi kamu ke semua sistem operasi, lho.

Appy Pie juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi permainan. Paket yang terdapat dalam Appy Pie adalah Free, Basic, Gold, dan Platinum. Paket Free dapat digunakan dengan gratis, namun, fiturnya terbatas. 

Untuk paket lainnya adalah paket berbayar dengan skema pembayaran setiap bulannya untuk 1 aplikasi. Paket Basic dihargai sebesar US$18 sedangkan paket Gold sebesar US$36. Apabila kamu ingin menggunakan Appy Pie untuk membuat aplikasi pada Apple iOS, maka kamu harus menggunakan paket Platinum sebesar US$60.

Masih banyak situs web yang dapat kamu gunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi seperti halnya Appmakr, MIT App Inventor, Goodbarber, Thunkable, dan lainnya. 

Namun, seperti situs lainnya, untuk membuat aplikasi yang bagus, kamu harus membeli paket berlangganan setiap bulannya. Nah, daripada kamu selalu mengeluarkan sejumlah uang setiap bulan untuk maintained aplikasi ciptaan sendiri, kamu dapat menggunakan instrumen investasi yang menghasilkan imbal hasil yang cukup menggiurkan untuk bisa membayar biaya langganan kamu.

Dengan menggunakan aplikasi investasi Ajaib, kamu bisa berinvestasi melalui instrumen reksa dana dan saham yang dinilai dapat memberikan imbal hasil yang besar dibandingkan deposito ataupun emas. Oh iya, aplikasi Ajaib juga gratis loh dan sudah bisa kamu unduh melalui Apple App Store dan Google Play Store.  

SUMBER:

Domainesia, aridz-tech, infoku-share, appypie, qwords

Artikel Terkait