Milenial, Teknologi

Berbagai Aplikasi Desain Grafis Android Terbaru untuk Pemula

Ajaib.co.idAplikasi desain grafis kini sudah semakin beragam. Ada yang khusus untuk PC/Laptop. Banyak juga yang bisa dijalankan di smartphone berbasis Android. Namun untuk kesempatan kali ini akan diulas berbagai software desain grafis untuk HP Android. 

Paling tidak akan ada 7 aplikasi yang nantinya akan di-review. Dan semua aplikasi tersebut bisa dikatakan sangat mudah dijalankan. Artinya sangat cocok untuk Anda yang masih pemula. Selain itu, secara fitur yang disediakan pun terbilang sangat lengkap. 

Dan yang perlu ditekankan lagi adalah aplikasi-aplikasi yang akan diulas di sini adalah aplikasi untuk perangkat berbasis Android. Hal ini sekaligus sebagai jawaban banyaknya orang yang bertanya terkait dengan software desain grafis yang bisa di-install pada perangkat berbasis Android. 

Hal penting lainnya adalah aplikasi yang diulas di sini secara penggunaan bisa dikatakan cukup simpel dan mudah. Artinya sangat cocok jika dimanfaatkan untuk Anda yang baru belajar di dunia desain grafis. 

PicsArt

Tidak hanya sekedar untuk mengedit foto dengan menambahkan stiker atau teks, aplikasi bernama PicsArt ini memiliki kemampuan lebih dari itu. Aplikasi ini bisa untuk menggambar dan bahkan untuk membuat desain grafis. Termasuk diantaranya adalah desain 3D. 

Pada aplikasi desain grafis yang satu ini Anda bisa menikmati berbagai fitur. Mulai dari membuat desain grafis dari brush tools, hingga membuat foto tampak lebih artistik. Selain itu Anda pun bisa menambahkan efek-efek keren untuk desain grafis Anda. 

Bahkan terdapat juga fitur untuk mengatur tingkat kecerahan, color, opacity, shadow, hingga blend. Ketika Anda bingung atau kekurangan inspirasi, Anda pun bisa mengecek hasil karya orang lain yang diedit lewat aplikasi ini. 

Adobe Photoshop Lightroom CC

Jika menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengkreasikan foto dengan beberapa fitur menarik yang sudah disediakan. Misalnya saja seperti mengedit dan mengatur pencahayaan foto sehingga foto pun akan lebih menarik. 

Jika memilih aplikasi ini, Anda pun tidak akan merasa repot saat edit foto. Selain itu foto yang dihasilkan pun dijamin akan semakin maksimal dengan adanya fitur dan cara pemakaian yang sederhana. 

Canva

Di aplikasi ini Anda dimungkinkan untuk membuat desain apapun. Mulai dari membuat logo, ucapan selamat pagi, ucapan ulang tahun, flyer, hingga membuat label.

Terdapat dua pilihan untuk desain grafis di Canva. Pertama adalah murni membuat sendiri. Atau kedua adalah menggunakan template yang sudah ada. 

Untuk Anda yang ingin membuat desain sendiri, Canva sudah menyiapkan tools yang sangat lengkap. Tetapi jika ingin yang lebih simpel, Anda sudah disediakan lebih dari 6.000 template untuk dipilih salah satunya. Selanjutnya Anda tinggal mengedit bagian teks dan gambarnya saja. 

Adobe Photoshop Express

Tentunya Anda sudah sangat familiar dengan aplikasi edit foto yang satu ini. Biasanya aplikasi ini hanya bisa digunakan pada perangkat PC atau Laptop. Tetapi kini Adobe meluncurkan aplikasi desain grafis untuk HP Android. 

Fitur-fitur yang disesuaikan pun cukup lengkap. Dengan demikian, akan memudahkan Anda untuk membuat gambar atau desain grafis yang lebih menarik dan kreatif. Di sisi lain Anda pun tidak perlu khawatir masalah format foto atau gambar. 

Pasalnya dalam aplikasi ini tidak hanya disediakan dalam format JPG dan PNG saja. Aplikasi Adobe Photoshop Express juga menyediakan dalam bentuk format Raw Files: arw (Sony), crw (Canon), raf (Fuji), nrw (Nikon), cr2 (Canon), dng, orf (Olympus), srw (Samsus), pef (Pentax), erf (Epson), dan masih banyak lagi yang lainnya. 

3DC.io for Android

Untuk Anda yang memiliki hobi menggambar 3D di Android, software ini mungkin bisa Anda manfaatkan. Pasalnya aplikasi ini diklaim mampu memudahkan para penggunanya dalam menggambar 3D pada ponsel berbasis Android. Ditambah lagi pada aplikasi ini tersedia berbagai macam ide yang bisa digunakan untuk menggambar 3D. 

Di sisi lain, cara penggunaannya pun dikatakan sangat mudah. Sebab Anda tinggal memilih bentuk lalu mengeditnya dengan menggunakan beberapa fitur yang sudah disediakan di dalam aplikasi. Salah satu aplikasi yang cocok untuk pemula yang ada minat di dunia desain grafis. 

AutoCAD

AutoCADadalah pilihan software desain grafis untuk Anda yang hobi dalam dunia menggambar. Kenapa tidak? Aplikasi yang satu ini akan memudahkan para penggunanya menggambar serta membuat desain apapun yang diinginkan. 

Ditambah lagi berbagai fitur menarik yang ada di dalamnya. Misalnya saja seperti para pengguna memungkinkan melihat setiap koordinat yang digambar. Selain itu, Anda bisa menyimpan hasil karya Anda di PDF maupun DWF. 

Adobe Illustrator Draw

Untuk Anda yang ada minat dalam dunia desain grafis, aplikasi desain grafis bernama Adobe Illustrator Draw ini layak untuk dimanfaatkan. Sebuah aplikasi desain grafis Android yang cocok untuk pemula. Apalagi aplikasi ini sudah didukung dengan berbagai fitur penunjang untuk membantu memaksimalkan hasil desain Anda. 

Misalnya saja fitur yang memungkinkan para penggunanya bisa melakukan zoom hingga 64 kali. Dan tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Aplikasi ini juga menyediakan fitur bernama layer. Dengan adanya fitur layer ini, para penggunanya menjadi lebih mudah saat menggambar. 

Selain aplikasi-aplikasi yang sudah diulas di atas tadi, sebenarnya masih cukup banyak aplikasi yang bisa Anda pilih untuk mengasah kemampuan desain grafis Anda. Dengan cukup banyaknya aplikasi desain grafis seperti ini pastinya akan sangat menunjang kemampuan desain grafis Anda.

Artikel Terkait