5 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan, Mudah dan Efisien

aplikasi cek pajak kendaraan
aplikasi cek pajak kendaraan

Aplikasi cek pajak kendaraan bisa mempermudah kamu dalam membayar pajak. Lalu apa saja aplikasi cek pajak kendaraan yang bisa digunakan? Simak ulasan oleh redaksi Ajaib berikut ini untuk mengetahuinya.

Kamu pasti pernah terlambat dalam membayar pajak kendaraam atau mungkin lupa karena tidak sempat mengeceknya? Karena keteledoran itu, kamu harus membayar uang tambahan untuk denda karena telat bayar pajak kendaraan.

Pajak kendaraan bermotor adalah pajak yang dipungut atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor. Kini, pajak kendaraan bermotor dapat dibayar melalui aplikasi.

Sekilas Mengenai Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor yang dimaksud adalah kendaraan beroda beserta gandengannya yang digunakan di semua jenis jalan darat, dan digerakkan oleh peralatan teknik berupa motor, mobil atau kendaraan beroda lebih dari dua lainnya.

Pengertian ini termasuk alat berat dan alat besar yang dalam operasinya menggunakan roda dan motor yang tidak melekat secara permanen serta kendaraan bermotor yang dioperasikan di air.

Penjelasan tersebut dapat kita temukan dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pajak Kendaraan Bermotor.

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi bila berniat membayar pajak kendaraan. Dengan perkembangan zaman yang semuanya sudah era digital, kamu bisa melajak pajak kendaraan melalui sebuah aplikasi.

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan

Aplikasi-aplikasi ini sudah banyak ditemukan dan diunduh gratis pada Play Store atau App Store. Ada aplikasi yang dapat mengecek status pajak kendaraan untuk seluruh wilayah Indonesia, namun adapula aplikasi yang hanya menyediakan informasi status pajak di daerah atau provinsi tertentu, seperti DKI, Jawa Tengah, Jawa Barat dan lain sebagainya.

Aplikasi-aplikasi ini cukup ringan dan tidak memakan penyimpanan internal ponsel kamu. Jadi kamu dapat menggunakannya secara berkala untuk mengetahui status pajak kendaraan bermotor.

Tak ada alasan lagi untuk menunggak pembayaran pajak. Berikut beberapa aplikasi cek status pajak kendaraan bermotor yang dapat Ajaib rangkum dari berbagai sumber:

Cek Pajak Kendaraan

Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk cek status pajak dan nomor polisi kendaraan bermotor. Untuk saat ini, aplikasi Cek Pajak Kendaraan mendukung daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang ringan dan tidak menampilkan banyak iklan di dalamnya. Untuk mengetahui status pajak kendaraan, kamu cukup membuka aplikasi Cek Pajak Kendaraan yang telah diunduh melalui Play Store atau App Store. Setelah itu pilih provinsi di mana kendaraan kamu terdaftar. Lalu masukkan plat nomor kendaraan.

Hasilnya, kamu akan memperoleh detail informasi kendaraan, tanggal akhir pajak, tanggal akhir STNK dan jumlah pajak yang harus kamu bayarkan. Jika kamu menunggak pembayaran pajak, maka aplikasi ini juga akan menampilkan jumlah denda yang harus dibayar.

SAKPOLE e-SAMSAT JATENG

Bagi warga Jawa Tengah, kamu dapat memperoleh informasi seputar pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi ini. SAKPOLE e-SAMSAT JATENG merupakan aplikasi yang dikelola oleh PSI – BPPD Provinsi Jawa Tengah.

Aplikasi ini juga mempermudah kamu dalam pembayaran pajak melalui e-samsat atau samsat online. Jadi kamu tak perlu datang langsung ke samsat untuk membayar pajak kendaraan. Aplikasi ini memiliki tampilan yang menarik dan ringan bagi para penggunanya.

Selain informasi pajak, kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui Informasi Status (Blokir) Kendaraan Bermotor, Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor, Pencarian Lokasi beberapa pelayanan masyarakat di Jawa Tengah seperti Kantor SAMSAT, ATM, Kantor Jasa Raharja, Kantor Polisi, Lokasi RS/Klinik/Dokter.

SAMBARA

Jika Jawa Tengah punya SAKPOLE, maka Jawa Barat mempunyai SAMBARA. Aplikasi ini dikelola oleh BAPENDA Jawa Barat untuk melakukan pengecekan Pajak Kendaraan Bermotor di wilayah Jawa Barat. Sama seperti SAKPOLE, SAMBARA juga dapat menampilkan status pajak kendaraan, mengetahui lokasi samsat di wilayah Jawa Barat dan melakukan pembayaran samsat secara online.

Aplikasi ini juga cukup ringan dan kamu tak akan menemukan iklan di dalamnya. Cara penggunaannya juga sama seperti aplikasi pengecek pajak kendaraan lainnya. Kamu cukup memasukkan plat nomor kendaraan kamu, dan informasi pajak kendaraan sudah dapat kamu peroleh.

Aplikasi-aplikasi ini memang hanya mendukung beberapa daerah saja. Jika daerah Anda tidak didukung oleh aplikasi-aplikasi di atas, kamu mungkin dapat langsung membuka Play Store atau App Store di ponsel Anda dan mencari aplikasi cek pajak kendaraaan bermotor di daerah tempat kamu tinggal.

Beberapa pemerintah daerah memang sudah mengeluarkan aplikasi pajak sendiri bagi warganya. Namun jika Anda masih belum menemukan aplikasi untuk cek status pajak kendaraan untuk daerah tempat anda tinggal, Anda dapat langsung mengunjungi situs samsat online yang ada.

Cek Pajak Motor Mobil

Yang keempat ada aplikasi terbaru yaitu Cek Pajak Motor Mobil. Sama halnya dengan aplikasi cek pajak kendaraan lainnya, aplikasi ini juga berguna untuk mengecek status pajak kendaraan seperti motor dan juga mobil lalu mengetahui data kendaraan seperti alamat serta nomor polisi.

Samsat Online

Dan aplikasi cek pajak kendaraan yang terakhir adalah Samsat Online. Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile yang digunakan untuk mengetahui beragam informasi mengenai pajak, pembayaran, data kendaraan bermotor serta nilai jual kendaraan secara online. Maka dari itu aplikasi ini tentunya sangat bermanfaat bagi kalian semua untuk menghindari keterlambatan pembayaran pajak.

Nah itulah beberapa aplikasi cek pajak kendaraan terbaru. Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi cek pajak kendaraan bermotor yang dapat kalian unduh secara gratis melalui App Store dan Google Playstore.

Hanya saja aplikasi diatas adalah aplikasi yang kami rekomendasikan untuk kalian. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel mengenai aplikasi cek pajak kendaraan bermotor terbaru dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait