Cek Pajak Motor Jawa Barat Lebih Mudah dengan SAMBARA

cek pajak motor jawa barat
cek pajak motor jawa barat

Mau cek pajak motor Jawa Barat? Jawabannya simpel. Kamu bisa gunakan aplikasi SAMBARA untuk cek pajak motor Jawa Barat. Apa itu SAMBARA? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Pajak Kendaraan Bermotor atau dikenal dengan singkatan PKB merupakan pajak yang dikenakan pada pemilik kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan darat. PKB merupakan salah satu jenis pajak daerah yang dipungut dan dikelola oleh Provinsi melalui Dinas Pendapatan Daerah.

Jenis pajak ini merupakan sebuah kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh pribadi atau badan yang sifatnya memaksa dan diatur dalam undang-undang serta tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah dan kemakmuran rakyat.

Pajak kendaraan bermotor juga merupakan salah satu sumber pendapatan daerah untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan daerah sehingga sudah tentu apabila kamu memiliki kendaraan bermotor maka akan dikenai pajak.

Tarif Berbeda-beda

Tarik pajak kendaraan bermotor tentunya berbeda-beda. Pajak kendaraan bermotor merupakan pajak progresif apabila kamu memiliki kendaraan bermotor lebih dari satu. Tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat kemacetan, selain itu untuk menambah potensi penerimaan pendapatan asli daerah. Dalam persentase, pajak kendaraan bermotor dibagi sebagai berikut:

  • Tarif pajak kendaraan pribadi sesuai dengan Peraturan Daerah No 13 Tahun 2011 adalah sebesar 1,75% dan berlaku bagi semua jenis kendaraan bermotor.
  • Pajak kendaraan bermotor kepemilikan kedua memiliki tarif pajak sebesar 2,25%
  • Pajak kendaraan bermotor kepemilikan ketiga memiliki tarif pajak sebesar 2,75%
  • Tarif pajak kendaraan bermotor kepemilikan keempat memiliki tarif pajak sebesar 3,25%
  • Dan pajak kendaraan bermotor kepemilikan kelima dan seterusnya sebesar 3,75%

Tarif pajak progresif ini tidak berlaku bagi kendaraan bukan umum yang dimiliki oleh sebuah Badan, Pemerintah/Pemerintah Daerah/TNI/Polri dan kendaraan umum. Selain itu pajak memiliki jangka selama 12 bulan atau setahun terhitung dari saat pendaftaran kendaraan bermotor dan pajak kendaraan bermotor dibayarkan sekaligus di muka.

Namun, apabila kamu memiliki kendaraan bermotor dan sudah terdaftar tetapi terlambat melakukan pembayaran pajak sesuai dengan tanggal berakhirnya masa pajak maka kamu akan digunakan sanksi administratif berupa denda sebesar 2% perbulan dari pokok pajak terutang.

Aplikasi SAMBARA

Seiring dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat memungkinkan seseorang menciptakan sebuah terobosan baru agar hidup menjadi lebih mudah. Hal ini juga dilakukan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak tahun 2018 dengan meluncurkan sebuah aplikasi telepon pintar berbasis Android bernama SAMBARA yang dapat kamu unduh melalui Play Store.

SAMBARA diluncurkan pada 18 April 2018. Aplikasi ini dimaksudkan agar pemilik kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat di Jawa Barat dapat dengan mudah mengetahui info pajak dan membayar pajak secara online. Selain lebih fleksibel, dengan menggunakan aplikasi ini juga jadi lebih cepat dan tidak memakan waktu.

Fitur-fitur SAMBARA

Aplikasi SAMBARA menampilkan berbagai informasi mengenai informasi pajak kendaraan masyarakat. Dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai macam menu untuk mengetahui informasi mengenai kendaraan bermotor.

Dengan adanya aplikasi ini juga membuat masyarakat Jawa Barat dapat mengetahui berapa biaya pajak kendaraan bermotor yang wajib dibayarkan. Selain itu dapat dengan mudah melakukan pembayaran melalui aplikasi tersebut sehingga masyarakat tidak perlu lagi lama-lama mengantri di Samsat.

Di dalam aplikasi Sambar juga terdapat informasi untuk mengetahui jadwal layanan Samsat Keliling hingga alamat kantor Samsat. Praktis sekali bukan?

Cara Menggunakan

Cara menggunakan aplikasi SAMBARA tentu saja kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui Google Play Store. Setelah itu pilih menu Info PKB dan masukkan nomor pelat kendaraan bermotor.

Selanjutnya akan muncul pilihan jenis warna nomor plat kendaraan bermotor rinciannya sebagai berikut: hitam untuk kendaraan pribadi, merah untuk kendaraan dinas pemerintah, kuning untuk kendaraan umum. Setelah nomor PKB diinput dengan warna jenisnya makan akan muncul informasi mengenai kendaraan dan informasi pajak kendaraan dari PNBP. Setelah itu akan muncul notifikasi daftar online dan kamu bisa mengisi kolom data yang kamu miliki seperti nomor.

KTP / NPWP dan 5 digit akhir nomor rangka kendaraan yang tertera di STNK kamu. Selanjutnya apabila kamu ingin melakukan pembayaran pajak, hal yang kamu lakukan cukup meng-klik opsi ya. Kemudian akan diberikan kode bayar untuk digunakan membayar pajak kendaraan.

Pembayarannya pun terbilang mudah, kamu bisa melakukannya melalui ATM, mini market bahkan website e-commerce.Setelah proses pembayaran selesai maka kamu akan mendapatkan notifikasi email mengenai status pembayaran.

Kamu dapat mencetak email tersebut dan menyiapkan fotocopy STNK disertai STNK asli dan foto KTP serta KTP asli. Persyaratan ini untuk dibawa ke kantor Samsat agar dilakukan pengesahan maksimal 30 hari setelah pembayaran.. Namun jika kamu melakukan pembayaran di ATM atau mini market maka kamu bisa membawa juga bukti pembayarannya.

Untuk pengesahan memang tetap harus disahkan oleh Samsat meskipun di sistem kita sudah membayar atau memperpanjang masa aktifnya. Namun, apabila sewaktu-waktu kamu terkena razia kendaraan di jalan yang akan dilihat oleh polisi hanyalah surat-surat kendaraan yang telah disahkan.

Bisa Melalui SMS untuk Cek Pajak Motor Online Jawa Barat

Selain melalui aplikasi SAMBARA, pemerintah daerah juga meluncurkan layanan SMS Samsat. Masyarakat dapat mencari informasi seputar keabsahan kendaraan hingga mengecek informasi biaya pajak yang harus dibayarkan dengan hanya mengirim SMS ke nomor 8787.

Dalam layanan SMS ini terdapat dua jenis layanan yaitu layanan keabsahan kendaraan dan layanan informasi biaya pajak. Untuk melakukannya jika kamu ingin mengetahui keabsahan kendaraan kamu, cukup dengan mengirim sms INFO RANMOR ke 8787 dan INFO PAJAK ke 8787 untuk mengetahui biaya pajak yang harus dibayarkan.

Yuk bayar pajak kendaraan bermotor dengan tepat jumlah dan tepat waktu agar pembangunan daerah dapat terus berjalan untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait