Pajak

Cukup 5 menit, Inilah Cara Cek Pembayaran Pajak Motor Kamu!

cek pembayaran pajak motor

Mau cek pembayaran pajak motor kamu? Untuk mengetahui caranya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini. Cukup lima menit, kamu sudah bisa cek pembayaran pajak motor.

Hampir semua orang paham bahwa sebagai warga negara yang baik, kita harus membayar pajak. Namun, apa arti dari pajak itu sendiri? Dilansir dari web resmi Direktorat Jenderal Pajak, pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara demi kemakmuran rakyat.

Kewajiban tiap Warga Negara

Pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan peran serta wajib pajak atau warga negara secara langsung melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Membayar pajak bukan hanya merupakan kewajiban tetapi juga merupakan hak dari setiap warga negara untuk ikut berpartisipasi dalam bentuk peran serta terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Jenis Pajak

Pajak terbagi dalam beberapa jenis, termasuk jenis pajak berdasarkan subjek pajak dan objek pajak yang disebut dengan pajak subjektif dan pajak objektif. Pajak subjektif adalah yang perhitungannya berdasarkan subjeknya, seperti pajak penghasilan. Sementara itu, pajak objektif adalah pajak yang perhitungannya berdasarkan objeknya, seperti bea materai dan Pajak Kendaraan Bermotor.

Pajak Kendaraan Bermotor termasuk ke dalam pajak dan retribusi daerah. Undang-undang yang mengatur Pajak Kendaraan Bermotor pun diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang perubahan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pajak Kendaraan Bermotor.

Pada peraturan tersebut, ditetapkan bahwa kendaraan bermotor adalah semua kendaraan beroda beserta gandengannya yang digunakan di semua jenis jalan darat dan digerakkan oleh peralatan teknik berupa motor. Sistem kerja Pajak Kendaraan Bermotor ialah dipungut pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan atas suatu kendaraan bermotor.

 Faktor Penentu Besaran Pajak

Besaran pajak ditentukan oleh dua faktor, yaitu faktor nilai dan bobot potensi pencemaran serta kerusakan jalan yang relatifnya ditimbulkan dari penggunaan kendaraan. Selain demi kelancaran pembangunan yang bisa dinikmati bersama, dengan membayar Pajak Kendaraan Bermotor juga bisa mempermudah kamu untuk mengajukan pinjaman ke bank karena rekaman pembayaran kewajiban pajak kamu bisa menjadi bukti pendukung untuk penyetujuan pinjaman tersebut.

Untuk mengetahui besaran Pajak Kendaraan Bermotor, kamu cukup melihat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kamu yang mencantumkan besaran Pajak Kendaraan Bermotor dari kendaraan yang kamu miliki. Jika kamu memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor, maka besaran pajak dari masing-masing kendaraan akan berbeda.

Ini dikarenakan Pajak Kendaraan Bermotor bersifat progresif, di mana perhitungannya didasarkan pada urutan kepemilikan kendaraan, seperti kendaraan pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Perhitungan persentase tersebut merupakan acuan untuk perhitungan pajak progresif yang harus dibayar tahunan untuk kendaraan pribadi. Berikut tabel penjelasannya:

 Tarif Pajak Progresif Motor

  • Kendaraan Motor Pertama Memiliki Tarif Pajak 2%
  • Motor Kedua memiliki tarif pajak 2,5%
  • Motor Ketiga memiliki tarif pajak 3%
  • Dan kepemilikan seterusnya akan terus bertambah 0,5% per unitnya.

Pusing ya menghitung Pajak Kendaraan Bermotormu? Gak perlu khawatir! Di zaman serba digital seperti sekarang sudah banyak berbagai kemudahan, termasuk layanan yang disediakan pemerintah masing-masing daerah agar warganya bisa cek besaran biaya Pajak Kendaraan Bermotor yang harus dibayarkan. Cara cek besaran biaya Pajak Kendaraan Bermotor ini bisa dilakukan dengan ponsel genggammu melalui SMS ataupun internet. Berikut penjelasannya:

Cek Pembayaran Pajak Motor melalui SMS

Fitur ini hanya bisa digunakan untuk kamu yang memiliki kendaraan bermotor dengan kode wilayah Jawa Barat. Kamu bisa cek bayar pajak motor kamu dengan SMS menggunakan format berikut ini:

Info<spasi>Kode Plat Kendaraan/Nomor Polisi/Kode Seri Plat Kendaraan<spasi>Warna Plat Kendaraan

Untuk kode plat kendaraan di Jawa Barat yaitu B/D/E/F/T/Z. Sementara itu, kode seri plat kendaraan berupa tiga kombinasi huruf A-Z yang terletak pada plat nomor kendaraan bermotormu. Untuk warna kendaraan bisa kamu isi dengan hitam/kuning/merah tergantung warna plat kendaraan bermotormu yang biasanya disesuaikan dengan tujuan kendaraan bermotor tersebut.

Kamu bisa mengirimkan SMS tersebur ke nomor Dispenda Jawa Barat di 0811-211-9211.

Cek Pembayaran Pajak Motor melalui Internet

Kamu juga bisa melakukan pengecekan jumlah bayar pajak motor melalui situs yang telah disediakan pemerintah daerah. Namun sayang, belum semua daerah di Indonesia memiliki situs untuk memudahkan akses bayar pajak ini. Sampai saat ini, pemerintah daerah yang menyediakan layanan cek Pajak Kendaraan Bermotor secara online antara lain:

Langkah Cek pembayaran Pajak Motor

Berikut langkah-langkah untuk melakukan cek bayar pajak motor online:

  • Kunjungi situs e-samsat provinsi di mana kendaraan kamu terdaftar.
  • Akan ada beberapa kolom yang harus kamu isi terkait data kendaraan. Isilah data tersebut sesuai dengan identitas kendaraan bermotor kamu.
  • Setelah semua data terisi, klik tombol “Cek” lalu akan muncul semua informasi mengenai kendaraan bermotor kamu, termasuk jumlah pajak yang harus dibayar dan tanggal jatuh temponya.

Cukup mudah, bukan? Sekarang kamu tidak perlu lagi mendatangi samsat di daerahmu jika hanya ingin mengetahui besaran Pajak Kendaraan Bermotor yang harus kamu penuhi. Walaupun memang, masing-masing situs samsat setiap provinsi akan berbeda tampilannya tetapi kurang lebih intruksi yang diberikan sama seperti itu.

Kesimpulan

Dengan ini pun, kamu jadi bisa lebih mudah mengetahui informasi mengenai Pajak Kendaraan Bermotornu dan bisa mempersiapkan diri jauh hari untuk mempersiapkan pembayaran pajak.

Yuk, menjadi warga negara yang baik dengan mematuhi aturan negara untuk membayar pajakmu, termasuk Pajak Kendaraan Bermotor. Hasil pembayaran pun akan bisa langsung kamu rasakan kok dengan membaiknya infrastruktur jalan dan kemudahan akses transportasi. Jangan lupa membayar pajak, ya!

Bacaan menarik lainnya:

Nurmantu, Safri. 2003. Pengantar Perpajakan. Kelompok Yayasan Obor: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait