Cara Lengkap Cek Pajak Online yang Belum Diketahui Milenial

cara lengkap cek pajak online
cara lengkap cek pajak online

Mau cari cara lengkap cek pajak online? Kamu datang ke artikel yang tepat. Pasalnya redaksi Ajaib akan membahas cara lengkap cek pajak online dalam ulasan berikut ini.

Di era digital sekarang, semua sudah semakin mudah untuk dilakukan. Mulai dari membeli makanan, berbelanja keperluan sehari-hari, membeli tiket liburan, hingga membayar tagihan sudah bisa dilakukan hanya dari genggaman saja. Ya, internet pada ponsel genggam sangat membantu kehidupan manusia di zaman ini. Semua layanan nampaknya sudah tersedia melalui online, tidak terkecuali untuk cek pajak online.

Pemerintah dalam hal ini juga tidak ingin ketinggalan. Setiap harinya, selalu ada perbaikan dan pengembangan perbaikan layanan atau kualitas demi terpenuhinya kebutuhan warga negara. Mulai dari pembuatan paspor online hingga cek pajak online pun sudah disediakan oleh pemerintah.

Wajib Dibayarkan oleh Warga negara

Membayar pajak merupakan kewajiban setiap warga negara. Maka itu, pemerintah juga harus mampu memberikan fasilitas yang dapat memperlancar proses pengecekan dan pembayaran pajak, termasuk memberikan layanan secara online untuk seluruh jenis pajak. Cek pajak online yang akan kita bahas kali ini adalah cek pajak online untuk Pajak Bumi dan Bangunan.

Seperti yang telah kita ketahui, pajak adalah hal yang wajib dibayarkan oleh warga negara demi keberlangsungan pembangunan negara. Lebih lengkapnya, pengertian pajak yang dimaksud oleh Direktorat Jenderal Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara demi kemakmuran rakyat.

Pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan peran serta wajib pajak atau warga negara secara langsung melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Membayar pajak bukan hanya merupakan kewajiban tetapi juga merupakan hak dari setiap warga negara untuk ikut berpartisipasi dalam bentuk peran serta terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Jenis Pajak

Walaupun kaum milenial seperti kamu sudah paham mengenai pajak tetapi ternyata pajak tidak sesederhana itu. Pajak ada banyak macamnya dan terbagi lagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

Jenis Pajak Berdasarkan Sistem Pemungutan

  • Pajak Langsung
  • Pajak Tidak Langsung

Jenis Pajak Berdasarkan Sifat

  • Pajak Subjektif
  • Pajak Objektif

Jenis Pajak Berdasarkan Instansi Pemungut

  • Pajak Pusat (Negara)
  • Pajak Lokal (Daerah)

Cukup banyak, bukan? Namun, kita tidak akan membahas jenis-jenis pajak secara satu per satu. Di sini kita akan membahas satu jenis pajak yaitu Pajak Bumi dan Bangunan dan bagaimana cara lengkap cek pajak online untuk mengetahui besaran biaya Pajak Bumi dan Bangunan yang perlu kamu penuhi.

Pajak Bumi dan Bangunan

Pajak Bumi dan Bangunan adalah pajak yang dipungut dari wajib pajak yang memiliki tanah atau bangunan di suatu wilayah pada suatu negara. Besaran pajak yang dikenakan tidak hanya dari jumlah luas saja tetapi juga melihat faktor kenaikan harga jual dari tanah dan bangunan tersebut. Ada tiga cara untuk cek Pajak Bumi dan Bangunan secara online, yaitu:

Cara Lengkap Cek Pajak Online melalui Website

Situs resmi cek pajak online untuk Pajak Bumi dan Bangunan berbeda alamat di setiap daerahnya. Berikut situs resmi cek pajak online untuk Pajak Bumi dan Bangunan di beberapa daerah:

Jakarta

Depok

http://pbb-bphtb.depok.go.id/

Bogor

http://pbb.kabbogor.net/login

Semarang

http://www.e-pbb.bapenda.semarangkota.go.id/

Jika daerahmu tidak masuk ke dalam daftar tersebut dan ingin mengetahui situs resmi cek pajak online untuk Pajak Bumi dan Bangunan di daerah kamu, kamu bisa memasukkan kata kunci pencarian dengan format “PBB (nama daerah) online”.

Setelah mendapatkan situs resminya, kamu bisa langsung memasukkan Nomor Objek Pajak (NOP) dan tahun pajak. Kamu juga akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi sebelum informasi yang dicari muncul.

Cek Pajak Online melalui Aplikasi

Cara cek pajak online untuk Pajak Bumi dan Bangunan melalui aplikasi hanya berlaku pada daerah berikut:

  • Tangerang Selatan
  • Banjar
  • Cilegon
  • Kabupaten Majalengka
  • Kabupaten Subang
  • Bekasi
  • Kabupaten Kuningan
  • Bogor

Aplikasi ini pun hanya bisa digunakan oleh pengguna Android karena belum tersedia di perangkat iOS.

Langkah-langkah untuk Cek Pajak Online

  • Masuk ke dalam PlayStore dan unduh “iPBB”.
  • Ketika aplikasi sudah ter-download, kamu bisa buka aplikasinya. Di sini, kamu diminta untuk memasukkan Nomor Objek Pajak (NOP) dan Tahun Pajak.
  • Data pajak kamu pun muncul. Akan tertera pula jumlah atau besaran biaya Pajak Bumi dan Bangunan yang harus kamu penuhi.

Cek Pajak Online melalui SMS

Jika kota yang kamu tinggali tidak menyediakan layanan cek pajak online melalui situs online ataupun aplikasi, kamu tidak perlu khawatir! Karena pemerintah telah menyiapkan layanan cek pajak online melalui SMS, termasuk untuk informasi Pajak Bumi dan Bangunan. Cara untuk cek pajak online melalui SMS adalah dengan mengirimkan SMS menggunakan format di bawah ini dan mengirimkannya ke nomor 081317872525.

Format SMS: PBB<spasi>NomorObjekPajak<spasi>Tahun Pajak

Setelah kamu mengirimkan SMS tersebut, informasi mengenai jumlah atau besaran biaya Pajak Bumi dan Bangunan yang harus kamu penuhi pun akan dikirimkan ke nomor kamu.

Setelah memahami cara cek pajak online untuk Pajak Bumi dan Bangunan ini, tidak ada lagi alasan untuk kamu telat membayar pajak, ya! Pastikan kamu menjadi generasi milenial penerus bangsa yang baik dengan selalu memenuhi kewajibanmu tepat waktu. Tidak hanya untuk Pajak Bumi dan Bangunan, carilah informasi mengenai cek pajak online lainnya supaya kamu terhindar dari keterlambatan pembayaran pajak. Selamat mengecek pajakmu!

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait