Pahami Istilah Equity dalam Ekonomi beserta Elemennya

equity dalam ekonomi
equity dalam ekonomi

Apa sih yang dimaksud dengan equity dalam ekonomi? Untuk menjawabnya, simak ulasan redaksi Ajaib mengenai equity dalam ekonomi berikut ini.

Pernahkah kamu mendengar Equity dalam ilmu ekonomi? Bukan, bukan nama gedung. Kata ini merupakan salah satu istilah yang terdapat dalam ekonomi. Memang banyak sekali istilah yang ada dalam ilmu ekonomi, termasuk istilah Equity dalam ekonomi ini.

Sebagai generasi milenial cerdas yang tertarik dengan dunia investasi, sebaiknya kamu memahami istilah yang satu ini. Bukan hanya untuk ilmu pribadi tetapi ini juga akan sangat berguna untuk kegiatan perencanaan investasi kamu ke depannya.

Pengertian Equity

Equity, yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan ekuitas, berarti hak milik atas suatu aset perusahaan setelah semua kewajiban dilunasi. Equity dalam suatu perusahaan dapat dihitung dengan mengurangi kewajiban perusahaan dari total seluruh aset perusahaan. Dengan kata lain, pemilik perusahaan atau pemegang saham akan memiliki semua sisa aset setelah semua kewajiban dilunasi.

Equity disebut juga dengan Aset Bersih (Net Assets) atau aset yang ada setelah semua kewajiban dilunasi. Equity bisa berasal dari berbagai sumber, termasuk penambahan modal (investasi dari pemilik) dan laba dari kegiatan usaha perusahaan tersebut.

Pemilik perusahaan atau orang yang berwenang atas suatu perusahaan berhak meningkatkan jumlah bagian kepemilikannya dengan menyetorkan atau berinvestasi lebih dan mengkontribusikan sejumlah uang kepada perusahannya. Orang ini juga berhak untuk mengurangi Equity dengan menarik dana dari perusahaannya.

Definisi Equity dalam Ekonomi Lebih Lanjut

Equity juga didefinisikan sebagai perbedaan antara nilai aset dan nilai kewajiban dari suatu perusahaan. Definisi ini dibuatkan menjadi sebuah rumus yang berbunyi:

Ekuitas = Nilai Total Aset – Kewajiban

Jenis Equity dalam Ekonomi

Equity dalam ekonomi memiliki beberapa jenis, antara lain:

Pendapatan

Dalam ilmu ekonomi dikenal dengan istilah revenue, adalah suatu entitas yang memberikan penambahan nilai untuk perusahaan pada suatu periode pencatatan tertentu. Pendapatan berarti juga laba yang ditahan dan dipakai untuk melakukan kegiatan perusahaan yang mampu memperbesar aset perusahaan tersebut.

Akun Pengurang Ekuitas

Terdiri dari pengambilan pribadi dan biaya tambahan perusahaan. Pengambilan pribadi (prive) yang dimaksud termasuk pengambilan modal yang dilakukan oleh pemilik. Jika perusahaan yang terkait berbentuk perseroan maka pengambilan pribadi ini hanya dapat dilakukan jika hal tersebut telah disetujui oleh Dewan Komisaris. Pengambilan Pribadi dan Biaya Tambahan ini biasanya akan ikut terlampir pada laporan keuangan.

Beban atau Pengeluaran

Seluruh biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan operasional perusahaan dalam menghasilkan barang atau jasa demi mencapai keuntungan. Pada laporan keuangan, beban atau pengeluaran dan pendapatan tidak dicantumkan secara langsung tetapi tertulis dalam bentuk laba atau rugi.

Modal PT

Kemudian, beberapa contoh Equity yang terdapat pada suatu perusahaan yang berbentuk PT adalah sebagai berikut:

  • Modal Perseroan Terbatas
  • Akun Tambahan Modal Disetor
  • Saham Preferen

Saham Treasury. Berikut masing-masing mengenai modal PT ini:

Modal Disetor

Elemen ekuitas yang satu ini adalah jumlah modal yang dikontribusikan oleh pemiliknya yang terdiri dari investasi awal yang dilakukan pemilik ditambah hasil dari penjualan saham dari pemilik lainnya. Kedua ini dianggap sebagai modal awal karena keduanya terdiri dari kontribusi tunai yang dilakukan oleh pemilik kepada perusahaan.

Dengan kata lain, modal disetor adalah besaran uang yang disetorkan oleh pemegang saham. Lalu akan masuk ke dalam laporan perubahan ekuitas karena merupakan salah satu unsur dari penambah ekuitas.

Agio dan Disagio Saham, selisih antara setoran pemegang saham dengan jumlah nominal saham, baik saham biasa maupun saham preferen. Agio maksudnya adalah selisih di atas nominal sedangkan Disagio adalah selisih di bawah nominal.

Saham Preferen

Saham-saham yang memiliki tambahan hak melebihi dari saham biasa, terutama dalam pembagian keuntungan (dividen) atau aset pada saat sebuah perusahaan dilikuidasi.

Saham Treasury

Saham pemilik yang dibeli kembali oleh perusahaan dan disimpan atas nama perusahaan yang bersangkutan. Jadi seperti pergantian nama, dari nama pribadi pemilik menjadi nama perusahaan, tetapi tetap harus ada transaksi pembelian saham yang terjadi. Adanya pembelian kembali saham seperti ini akan mengurangi jumlah saham yang beredar.

Modal Sumbangan

Berasal dari sumbangan sehingga dapat dilaporkan sebagai bagian dari tambahan modal disetor. Modal jenis ini disebut juga dengan donated capital.

Selisih Aktiva

Selisih penilaian kembali aktiva tetap yang akan didapatkan jika perusahaan melakukan revaluasi aktiva tetap yang berdasarkan dengan peraturan pemerintah.

Laba Ditahan

Disebut juga dengan Retained Earnings, di mana laba bersih perusahaan yang tidak dibayarkan sebagai keuntungan (dividen) kepada pemegang saham. Jadi, laba bersih yang ada ditahan oleh perusahaan yang bersangkutan untuk kemudian diinvestasikan kembali ke dalam perusahaan.

Retained Earnings adalah sebutan jika tahun sebelumnya perusahaan mendapatkan laba. Sementara itu, jika perusahaan mengalami kerugian, maka dana ini disebut dengan Deficit or Accumulated Losses atau sisa rugi tahun sebelumnya.

Akumulasi Pendapatan Lainnya

Cadangan pendapatan lainnya yang belum dihitung atau diakui sebagai laba bersih.

Bagi kamu yang memiliki ketertarikan dengan dunia ekonomi, sangatlah penting untuk mengetahui istilah-istilah di atas. Apalagi jika kamu salah satu kaum milenial yang tertarik untuk memiliki perusahaan sendiri.

Membangun perusahaan sendiri memang tidaklah mudah. Bukan hanya harus memahami hal-hal teknis tetapi kamu juga harus memahami ilmu-ilmu lainnya, termasuk ilmu ekonomi dengan berbagai istilah di dalamnya. Untuk itu, jika kamu benar-benar ingin menjadi pengusaha yang sukses, pahamilah hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan, termasuk mengenai ekonomi. Selamat belajar!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait