Mengenal Kartu Kredit OCBC NISP dan Jenis-jenisnya

kartu kredit ocbc nisp
kartu kredit ocbc nisp

Bagi kamu yang sedang riset-riset kartu kredit, redaksi Ajaib memiliki ulasannya nih. Berikut ini, kami akan mengulas mengenai kartu kredit OCBC NISP. Disimak ya!

Di zaman sekarang ini, sudah tidak asing lagi untuk melihat seseorang menggunakan kartu kredit. Bahkan kaum milenial pun tidak sedikit yang sudah menggunakan kartu kredit. Cukup banyak sentimen buruk atas penggunaan kartu kredit yang telah menyebar di masyarakat.

Walaupun benar adanya, sebenarnya sentimen tersebut hanya akan berlaku kembali lagi ke pemakainya. Jika pemakai kartu kredit bisa menggunakan kartunya dengan bijak, maka sentimen-sentimen buruk tersebut tidak akan terjadi.

Kegunaan Kartu Kredit

Selain itu, banyak pula kegunaan dari adanya kartu kredit. Beberapa di antaranya adalah:

Pertolongan Pertama dalam Keadaan Darurat

Tidak ada yang bisa memprediksi akan terjadi bencana yang tidak diinginkan di masa mendatang. Kejadian seperti ini akan terjadi sangat tiba-tiba dan tanpa persiapan. Kartu kredit dapat membantu kamu untuk menghadapi situasi yang demikian dan bisa membantu kamu untuk melakukan pembayaran yang dibutuhkan.

Pengeluaran Lebih Terukur

Biaya yang kamu keluarkan melalui kartu kredit akan tercatat sedetil mungkin sehingga pengeluaran akan mudah untuk diukur dan dilacak. Hal ini juga membantu kamu untuk mengatur anggaran keuangan.

Mempermudah Transaksi Online

Banyak situs berbelanja yang menerima pembayaran melalui kartu kredit. Bahkan tidak sedikit pula situs yang hanya mengizinkan pembayaran melalui kartu kredit. Ini akan memudahkan kamu untuk beraktivitas atau bertransaksi secara online.

Menawarkan Berbagai Manfaat Tambahan

Pasti kamu sering melihat tawaran promo atau potongan khusus apabila pembayaran menggunakan kartu kredit bank tertentu. Inilah yang dimaksud dengan manfaat tambahan tersebut. Kamu justru bisa membayar transaksimu dengan harga yang lebih murah jika menggunakan kartu kredit dibandingkan jika menggunakan tunai atau kartu debit.

 Kartu Kredit OCBC NISP

Umumnya, semua bank di Indonesia menyediakan layanan kartu kredit. Setiap bank memiliki ketentuannya masing-masing dalam memberikan hak kartu kredit pada nasabahnya. Pada artikel ini, kartu kredit yang akan kita bahas secara lengkap adalah kartu kredit OCBC NISP.

Bank yang dahulu dikenal dengan Bank NISP ini adalah bank tertua ke-empat di Indonesia. Bank OCBC NISP juga memiliki ketentuan sendiri dalam menerbitkan kartu kredit untuk nasabahnya. Ketentuan yang dibuat oleh Bank OCBC NISP pun beragam tergantung jenis kartu kreditnya. Ada jenis Voyage, Platinum, dan Titanium. Berikut penjelasannya:

Kartu Kredit OCBC NISP Voyage

Untuk jenis kartu ini, Bank OCBC NISP memiliki dua kategori lagi, yaitu Voyage Reguler dan Voyage Premiere. Untuk memiliki kartu kredit Voyage Reguler nasabah Bank OCBC NISP harus berusia 21 hingga 65 tahun sedangkan untuk kategori Voyage Premiere batasan umurnya hingga 75 tahun. Calon pemegang kartu kredit harus memiliki pendapatan minimal sebesar Rp100 Juta per bulan. Bank OCBC NISP juga membutuhkan beberapa dokumen nasabah, termasuk fotokopi KTP, fotokopi NPWP, slip gaji, dan SPT.

Kartu Kredit OCBC NISP Platinum

Untuk jenis ini, rentang usia nasabah sama dengan pemegang kartu kredit Voyage Reguler yaitu berusia 21 hingga 65 tahun. Dokumen yang dibutuhkan pun juga serupa. Perbedaannya hanya di besaran pendapatan minimal nasabah, yaitu sekurang-kurangnya Rp120 Juta per tahun.

Kartu Kredit OCBC NISP Titanium

Persis seperti jenis Platinum, perbedaannya hanya di besaran pendapatan minimal nasabah, yaitu sekurang-kurangnya Rp60 Juta per tahun.

Seperti yang disebutkan di awal, kartu kredit menawarkan manfaat tambahan lainnya, salah satunya dengan keuntungan seperti promo dan potongan harga. Bank OCBC NISP juga menawarkan keuntungan ini berdasarkan jenis kartu kreditnya, antara lain:

Kartu Kredit OCBC NISP Voyage

Setiap transaksi yang digunakan melalui kartu kredit OCBC NISP Voyage maka akan didapatkan poin yang disebut dengan Voyage Miles. Setiap 2 Voyage Miles dapat ditukarkan dengan Garuda Miles, Krisflyer, dan AirAsia BIG Points tanpa minimum penukaran. Voyage Miles ini juga dapat ditukarkan untuk berbagai transaksi seperti pemesanan hotel, reservasi restoran, dan sebagainya.

Kartu Kredit OCBC NISP Platinum

Untuk kartu kredit OCBC NISP Platinum juga ada pengumpulan poin yang dapat ditukarkan nantinya. Penukaran poin ini bisa dilakukan di www.pakaipoin.com. Pada situs tersebut sudah tersedia beragam pilihan hadiah menarik yang dapat dikirimkan langsung ke alamat kamu. Jadi, kamu tidak perlu datang ke kantor cabang Bank OCBC NISP untuk mengambil hadiah tersebut.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, setiap bank memiliki kebijakannya masing-masing dalam menerbitkan produknya ke nasabah. Begitu pula dengan Jenius, jenis produk dan kebijakannya sangat berbeda dengan Bank OCBC NISP. Jenius mengutamakan kemudahan dalam mengakses tabungan yang ditampilkan dengan pelayanan kartu debitnya yang bermacam dan memakai layanan digital.

Kaum milenial pasti sangat sering mendengar kartu Jenius. Produk dari Bank BTPN ini memang menyasar kaum milenial sebagai nasabahnya karena mengutamakan transaksi perbankan digital, yaitu akses mudah melalui aplikasi pada ponsel. Jenius memiliki tiga jenis kartu debit, yaitu:

Kartu Debit Utama

Kartu Jenius jenis ini juga disebut dengan m-Card. Dengan menggunakan kartu ini, kamu bisa tarik tunai di ATM mana saja tanpa dikenakan biaya. Kamu juga bisa bertransaksi online dan offline di seluruh merchant VISA. Untuk transaksi perbankan seperti tarik tunai atau transfer uang pun kamu juga bisa menggunakan mata uang asing, termasuk Yen Jepang, Dolar Amerika, dan Dolar Singapura.

Kartu Debit Virtual

Kartu ini disebut juga dengan e-Card. Dengan menggunakan kartu ini, kamu bisa bertransaksi online tanpa kartu kredit di seluruh merchant Visa, seperti belanja online atau bayar tagihan musik streaming. e-Card adalah kartu debit nonfisik yang otomatis tersedia di Jenius app setelah akun Jenius kamu aktif.

Kartu Debit Tambahan

Kartu ini disebut dengan x-Card. Kartu ini berbentik fisik seperti m-Card tetapi untuk mendapatkannya, kamu harus membuat permohonan kepada Jenius, tidak otomatis memiliki hak milik seperti layaknya m-Card. Kamu bisa membuat maksimal 3 x-Card melalui aplikasi Jenius.

Sebagai kaum milenial yang cerdas, kamu harus bisa menentukan bank mana yang ingin kamu gunakan. Cari tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing bank. Jangan lupa juga untuk membandingkan bank-bank tersebut sehingga kamu bisa tahu mana yang terbaik untuk kamu. Kemudian, kamu juga harus melihat tujuanmu saat membuat rekening terutama apabila kamu ingin menggunakan kartu kredit. Salah penggunaan bisa membuat kamu dipenuhi utang, lho! Yuk, mulai gunakan transaksi perbankan dengan bijak!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait