Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Rekomendasi yang Gratis

aplikasi belajar bahasa inggris
aplikasi belajar bahasa inggris

Dewasa ini mulai menjamur aplikasi belajar bahasa Inggris. Namun, apa semuanya bagus? Belum tentu. Oleh itu, redaksi Ajaib akan memberikan ulasan mengenai aplikasi yang bagus dan juga gratis sebagai berikut ini.

Keterampilan fasih berbahasa Inggris saat ini sudah merupakan persyaratan primer dalam berkarir dan berbisnis, disamping untuk travelling, online chat, hingga main game. Pendidikan di Indonesia sebenarnya sejak lama memasukkannya sebagai kurikulum wajib.

Namun implementasinya sangat sulit, karena bukan bahasa ibu. Tuntutan itu akhirnya secara alamiah mendorong dunia digital merebut peluang bisnisnya dengan menciptakan inovasi aplikasi belajar bahasa Inggris, yang mulai menggeser metode kursus tradisional dalam ruang kelas.

Aplikasi belajar bahasa Inggris memang didesain dengan memanfaatkan teknologi smartphone, yang tujuannya agar bisa diakses kapan saja di mana saja diinginkan. Fitur silabusnya pun semakin lengkap, hingga menjadikan siapapun cukup fasih berbahasa Inggris secara instan.

Keunggulan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

  • Bisa diakses dan digunakan kapan saja di mana saja.
  • Jauh lebih efisien dan ekonomis, karena tidak perlu biaya kursus, beli buku ataupun ongkos transportasi untuk datang ke tempat kursus.
  • Tidak ada konsekuensi kerugian jika tidak lulus ujian.
  • Tidak perlu malu mempraktekkan latihan berbahasa Inggris di depan kelas atau orang banyak.

15 Aplikasi Belajar Bahasa InggrisTerbaik 2019

  • Learn to speak English with busuu
  • Hello English
  • Memrise
  • Duolingo
  • Learn English Daily
  • Learn english grammar quickly
  • English Listening & Speaking
  • English Conversation Practice
  • ABA English
  • Rosetta Stone
  • Hello English Kids
  • Voxy
  • Basic English for Beginners
  • Learn English. Speak English
  • Listen and Speak

Kesemua aplikasi ini bisa didownload di App Store dan Google Play.

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Keren & Gratis!

Selain mudah didownload di App Store dan Google Play secara berbayar, saat ini semakin banyak aplikasi belajar bahasa Inggris yang memberlakukan two tiers (dua tingkatan) dalam mendesain aplikasinya, yaitu:

  • Versi gratis untuk elementary users (pengguna pemula).
  • Versi berbayar untuk intermediate & advanced users (pengguna menengah & lanjutan).

Strategi itu pasti dibuat berbasiskan pertimbangan marketing, agar lebih cepat tersosialisasi dan terpasarkan. Seolah memberikan  “sampling” untuk “dicicipi” pengguna potensial, versi gratis dari tiap aplikasi belajar bahasa Inggris menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan keleluasaan dalam penggunaannya sejak awal.

Namun dengan fitur silabus masih basic dan terbatas. Namun akibat kompetisi, mereka makin “menyempurnakan” versi sampling gratisnya, sehingga jadi keren layaknya berbayar! Ya seperti layaknya hukum persaingan dagang, yang diuntungkan akhirnya adalah: pengguna/konsumen.

Ada Mode Gratisnya

Duolingo

Ini adalah aplikasi yang tepat untuk memperkaya pengetahuan bahasa asing termasuk bahasa Inggris. Pengguna bisa memilih fokus materi mulai dari pemula dengan kosakata baru, kata kerja, hingga latihan kalimat dengan metode permainan interaktif agar lebih mudah belajar. Akan ada tes yang harus dilewati, dan jika gagal, aplikasi otomatis mengubah jenis tes sesuai dengan kemampuan pengguna. Duolingo juga bisa mengajarkan 22 bahasa asing lainnya, seperti Spanyol, dan Prancis.

Hello English

Aplikasi ini mewajibkan pemahaman dasar struktur dan kalimat bahasa Inggris, untuk bisa menggunakannya sejak awal secara optimal. Hello English memungkinkan pengguna memperkaya kosakata, tata letak bahasa, ejaan, melatih kecakapan berkomunikasi, dan membaca melalui game interaktif, serta layanan audio book.

Lingbe

Lingbe adalah aplikasi belajar bahasa Inggris berbasis komunitas, sehingga pengguna dari berbagai negara akan terhubung satu sama lainnya! Seru kan? Namun syaratnya, tak cuma belajar, pengguna juga harus mengajari pengguna lain tentang bahasa aslinya. Akhirnya Lingbe bukan sekedar memberikan pelajaran bahasa, tapi juga budaya dan cara bergaul antar masyarakat dunia! Keren parah!

Memrise

Aplikasi ini juga menggunakan game untuk mempermudah pengguna belajar bahasa Inggris, lewat tampilan interaktif yang memperlihatkan pesawat terbang ke ruang angkasa. Memrise juga berbasis komunitas, sehingga materi-materi yang ada akan selalu saling diupdate oleh komunitas penggunanya.

Busuu

Aplikasi ini lebih mirip media sosial. Ada beragam materi yang bisa dipilih, mulai dari tingkatan pemula A1, hingga menengah atas B2. Pengguna bebas memilih kursus dan topik yang ingin dipelajari, serta bisa berkomunikasi dengan sesama pengguna di seluruh dunia!

Awabe

Ini adalah aplikasi gratis yang membantu pembelajaran 4000 kalimat sehari-hari dan kosa kata. Di dalamnya terdapat super banyak data untuk menyempurnakan bahasa Inggris. Awabe juga menyediakan fitur penerjemah, pelajaran audio, video, game, ujian berbicara, mendengarkan dan mengingat data, agar keterampilan pengguna tetap terlindungi.

Learn English Daily

Aplikasi ini mengambil pendekatan sederhana “belajar bahasa Inggris” melalui mendengarkan dan berbicara. Learn English Daily juga mengandung ribuan kata dan narasi para pembicara, penutur, dan pengguna asli suatu bahasa, agar pengguna dapat mendengarkannya guna menyempurnakan pelafalan (pronounciation), serta selalu mengingatkan untuk rajin berlatih setiap hari agar fasih berbahasa Inggris.

Beelinguapp

Apikasi ini menggunakan audiobooks untuk membantu pengguna belajar beragam bahasa asing. Pengguna hanya perlu mendengarkan berbagai cerita dan novel dalam bahasa asing yang ingin dipelajari, sambil membaca teks dalam bahasa asli pengguna.

Pencinta audiobooks pasti suka aplikasi ini karena mereka bisa memilih audiobooks yang disukai untuk didengarkan, sambil belajar bahasa asing baru. Tersedia beragam audiobooks untuk mengasah keterampilan bahasa Inggris pengguna, namun sebagian berbayar.

HelloTalk

Mirip dengan Lingbe, aplikasi ini akan menghubungkan pengguna dengan pembicara berbahasa asing guna menyempurnakan keterampilan berbahasa, dengan beberapa fitur tambahan yang menarik, seperti melihat profil pengguna secara manual, sehingga bisa menemukan kesamaan minat. Tambahannya adalah bisa mengirim pesan teks, audio, bahkan video call ke sesama pengguna.

English Speaking Practice

Aplikasi ini membantu pengguna menyempurnakan pelafalan pengguna dan kepercayaan diri untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Aplikasi ini memiliki ratusan rekaman percakapan dimana pengguna dapat mendengarkan pembicara berbahasa asing, lalu berbicara menimpali sambil merekamnya sehingga akhirnya dapat mendengarkan percakapan antara diri sendiri dengan pembicara berbahasa asing, sebagai pembanding dan pembelajaran pelafalan.

Nggak Ada Lagi Alasan Lagi Untuk Nggak Fluent

Dengan makin mudah, keren dan gratisnya aplikasi belajar bahasa Inggris, rasanya nggak ada alasan lagi untuk menyia-nyiakan kesempatan karir akibat kurang fasih berbahasa Inggris, ya kan?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait