Cara Mengatur Keuangan, Salah Satu Tips Travelling

Tips Travelling dan Cara Mengatur Keuangannya
Tips Travelling dan Cara Mengatur Keuangannya

Rumus mengatur anggaran keuangan yang populer dipakai adalah: 50% biaya harian : 30% hiburan : 20% tabungan dan investasi. Hobi digolongkan ke dalam kebutuhan hiburan, karena bertujuan mengembalikan semangat dan energi. Hobi travelling bukan hobi yang murah. Perlu strategi cerdas untuk bisa menikmatinya tanpa mendatangkan masalah keuangan.

Kualitas Travelling Didukung Cara Mengatur Keuangan 

Dengan ribuan digital travel agent canggih yang tersebar di seluruh pelosok dunia, kini tak ada yang tak mungkin dalam menikmati travelling. Dari yang kategori top notch seperti wisata kapal pesiar, hingga backpacker “ngemper” ala Jl. Jaksa, Jakarta. Ada 2 pilihan gaya mengelola hobi travelling:

1. Gaya Yo-lo

Prinsipnya: hidup cuma sekali, belum tentu bisa berwisata lagi ke tempat yang sama 2x. Jadi, nggak usah pusing soal pengeluaran, nanti diurus saat kembali bekerja

2. Gaya Planner

Prinsipnya: Bersenang-senang sekarang, nggak pusing kemudian. Rencanakan biaya dan konsep travelling sejak jauh hari, dengan sabar mencari penawaran travelling terbaik yang harus on-budget. Mendingan jadwal yang “diakalin”, daripada budget. Tujuannya adalah mendapatkan pengalaman travelling unggulan, tanpa “buntut” beban biaya saat pulang.

7 Tips Travelling Seru On-Budget

a. Tentukan konsep travelling, tujuan dan budget

Pelajari semua informasi tentang tujuan wisata yang keren, pilih yang ada dalam personal “bucket list”, tentukan konsep gaya perjalanannya, dan hitung perkiraan budgetnya.

b. Sisihkan gaji untuk tabungan travelling

Jika sudah punya target tujuan travelling, berarti punya komitmen jadwal liburan dan menabung. Cara mengatur keuangan untuk traveling adalah dengan menyisihkan 10% gaji (1/2 dari budget hiburan) ke pos dana travelling.

c. Beli tiket pesawat saat promosi

Butuh banyak biaya untuk transportasi selama travelling. Tiket pesawat menjadi penentu utama apakah nantinya bisa berhemat selama travelling. Beli tiket pesawat saat promosi untuk efisiensi hingga 50%-60%. Manfaatkan promosi di situs online dan kartu kredit.

d. Pilih penginapan sesuai konsep

Pilih yang sesuai dengan budget-mu. Jika penginapan hanya untuk tidur di malam hari, pilih yang sederhana, aman dan bersih. Jika ingin “mager” di hotel, pilih hotel berbintang yang “comfy”.

e. Buat itinerary (rencana perjalanan) selengkap mungkin

Susun itinerary perjalanan berbarengan dengan daftar pengeluaran selama travelling. Dari situ, bisa ketahuan budget total, yang artinya bisa langsung ditabung untuk mempersiapkan dana liburan, dan diperkirakan jadwalnya.

f. Pertimbangkan tempat wisata gratis

Cari informasi dan rekomendasi tempat wisata di negara lain via internet. Pilih yang tidak membutuhkan tiket masuk, namun iconic.

g. Beli tiket atraksi via online

Beli tiket museum atau atraksi berharga murah via online. Umumnya sering ada promo untuk beberapa tempat wisata baru.

h. Manfaatkan promosi turis

Jika memilih konsep travelling ala backpacker murah meriah, wajib cari informasi soal promosi khusus turis. Ada kota-kota yang bahkan menyediakan bis gratis untuk turis.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait