Investasi, Investor Pemula, Saham

10 Saham Terbaik di Berbagai Bidang dengan Pertumbuhan Pesat

saham terbaik

Mau tahu 10 saham terbaik dengan pertumbuhan pesat di tahun 2019? Jika iya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini mengenai 10 saham terbaik di tahun 2019 ini ya.

Tahun 2018 memang bukan tahun yang baik bagi pasar saham di berbagai belahan dunia. Seperti yang banyak diberitakan media asing dan nasional bahwa pasar saham dunia di akhir 2018 mengalami keterpurukan alias krisis saham. Kejadian ini tentu memberikan dampak besar terhadap turunnya harga saham.

Masuk ke tahun 2019, pencerahan di mulai dari titik pertama. Di mana, perusahaan-perusahaan raksasa teknologi mulai berjuang mendapatkan posisi mereka kembali. Hal ini dibuktikan pada paruh pertama, indek saham mengalami pertumbuhan dari 20% hingga 190%. Pertumbuhan ini juga membuat keinginan investor untuk mempertahankan saham yang mereka miliki karena menghasilkan keuntungan hingga lebih dari 100% di paruh pertama.

Ada 10 saham terbaik dari beberapa perusahaan yang mengalami pertumbuhan harga saham secara pesat di tahun 2019. Pertanyaannya, bagaimana perusahaan tersebut dikatakan memiliki pertumbuhan pesat? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini penjelasannya.

Faktor Utama bagi Perusahaan yang Bisa Dikatakan Mengalami Pertumbuhan Saham Pesat

Suatu saham bisa dikatakan memiliki pertumbuhan pesat, apabila perusahaan pemilik saham menunjukkan perkembangan saham yang cepat dengan waktu terbilang singkat. Akan tetapi, masih ada beberapa faktor yang dapat mengkategorikan perusahaan mengalami pertumbuhan cukup signifikan. Berikut ini faktor yang menjadi alasan bahwa saham bisa dikatakan mengalami pertumbuhan pesat:

  • Faktor pertumbuhan yang mendasar. Di mana, setiap saham yang mengalami kenaikkan secara drastis harus memiliki alasan logis.
  • Memiliki pertumbuhan yang stabil. Pertumbuhan ini dilihat dari nilai saham yang memiliki kenaikkan stabil, tidak anjlok turun dan tidak melonjak naik.
  • Pembayaran dividen tidak masuk ke dalam diperhitungkan. Dividen sendiri identik dengan keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan kepada investor di luar nilai saham. Walau kebijakan dividen memengaruhi harga, namun belum bisa dikatakan saham mengalami pertumbuhan secara pesat.

Beberapa faktor tersebut bisa dikatakan sedikit dari faktor yang menjadi alasan mengapa perusahaan bisa dikatakan mengalami pertumbuhan pesat.

10 Perusahaan yang Memiliki Pertumbuhan Saham Terbaik

Nama-nama perusahaan raksasa teknologi seperti AMD, Apple, dan Facebook, mungkin yang ada di benak kamu ketika mendengar perusahaan dengan pertumbuhan saham secara pesat. Walau pertumbuhan saham dari beberapa perusahaan tersebut mengalami kondisi yang baik di 2019, namun perusahaan tersebut tidak masuk kategori perusahaan yang memiliki pertumbuhan saham secara pesat. Berikut ini penjelasan mengenai 10 perusahaan yang memiliki pertumbuhan secara pesar di tahun 2019:

Avon, Perusahaan Produk Kecantikan

Perusahaan asal Inggris ini mengalami kenaikan harga saham yang mencapai 191.64% di 2019. Kenaikan nilai saham disebabkan, pada 2018 lalu, Avon akan diakuisisi oleh Natura Cosmetics yang merupakan perusahaan kecantikan terbesar di Brasil. Akan tetapi, pada paruh pertama 2019 penjualan ini tidak memiliki titik terang tentang kejelasannya. Walau begitu, nilai saham tetap naik sebesar 4 dollar di tahun 2019.

IDGC Perusahaan Energi

Perusahaan distribusi energi asal Siberia, Rusia ini menghasilkan sekitar 180% dalam waktu 3 bulan pertama tahun 2019. Pertumbuhan berhenti di angka 182.16% dan bergerak mundur dengan proses pertumbuhan yang mengesankan. Pertumbuhan ini juga mencapai rekor tertinggi dalam sejarah. Pertumbuhan ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti restrukturisasi utang Omskelectro yang mengurangi utang bersih perusahaan, strategi konsolidasi aset jaringan listrik, dan hasil dividen serta laporan keuangan yang mengalami pertumbuhan.

Pharmacy Chain 36.6 PJSC, Perusahaan Produk Kecantikan dan Kesehatan secara Eceran

Perusahaan asal Rusia ini mengalami kenaikan saham sebesar 60% hanya dalam satu hari. Hal ini disebabkan karena adanya investor baru yaitu Altus Capita yang mendanai hampir 30% saham. Keuangan perusahaan sebelumnya memang kurang memuaskan sehingga kedatangan investor baru ini memberi dampak yang cukup besar dengan memiliki potensi pertumbuha, bahkan mencapai 118.87%.

PJSC Cherkizovo Group, Perusahaan Produksi dan Pengolahan Daging serta Unggas

Salah satu perusahaan produsen daging terbesar di Rusia mengalami pertumbuhan saham yang ada di titik tertinggi yaitu 70.57% pada Maret 2019. Penyebab dari pertumbuhan ini masih belum diketahui. Walau sebelumnya perusahaan serupa produsen kalkun Euorodon mengalami kebangkrutan karena tidak adanya transaksi, namun saham perusahaan Cherkizovo tidak turun.

Ferrari NV, Perusahaan Produksi Mobil

Perusahaan produksi mobil sport asal Italia ini mengalami kenaikan harga saham di akhir 2018 sebesar 46%. Pada 2019, saham yang dimiliki perusahaan berhenti di angka 59.84%. Kenaikan saham Ferrari tidak luput dari kinerja yang melampaui ekspektasi dan hasil keuangan yang baik. Namun, kenaikan saham ini ke depannya masih belum diprediksi akan naik.

First Solar, Perusahaan Teknologi

Perusahaan yang memproduksi modul panel surya ini mengalami kenaikan saham hampir 60% atau 57,39%. Di mana, semua produk untuk pengiriman 2020 telah dibeli dan 30% pengiriman di 2021 juga sudah dibeli. Hal ini menjadi salah satu alasan pertumbuhan saham First Solar asal Amerika Serikat. Selain itu, UU yang diadopsi di negara bagian California menetapkan bahwa setiap rumah baru harus memiliki panel surya. Hal ini mengapa First Solar masuk ke jajaran perusahaan yang memiliki pertumbuhan saham secara pesat.

Gazprom PJSC, Perusahaan Energi

Pada tahun 2019, perusahaan energi Gazprom asal Rusia mengalami pertumbuhan saham sebesar 49.91% atau hampir 50%. Walau pertumbuhan ini bukanlah yang tertinggi dalam sejarah, pecapaian ini tengah berada di bawah tekanan atas dividen yang akan dibayarkan senilai 393 miliar rubel.

Lam Research Corporation, Perusahaan Teknologi

Perusahaan asal Amerika ini bergerak di bidang peralatan yang memproses semikonduktor untuk sirkuit terintegrasi. Pertumbuhan di 2019 bisa dibilang tidak sebagus pertumbuhan di tahun 2017. Hal ini disebabkan penurunan saham pada musim semi 2018 hingga Desember 2018. Namun, di akhir tahun 2018 perusahaan sudah mengalami pergerakan ke atas hingga 2019 mencapai angka 48.77%.

Starbucks, Perusahaan Sektor Konsumen

Perusahaan yang memiliki gerai kopi di berbagai belahan dunia ini memiliki pertumbuhan saham yang baik mencapai 48.10% di 2019. Hal ini didukung dengan laporan keuangan yang sangat baik dan kondisi pasar penikmat Starbucks yang terus bertambah. Pasar Starbucks di China berada di posisi kedua terbesar setelah jaringan Luckin Coffee. Walau begitu, harga saham bagi pesaing China tidak memiliki penurunan.

Celgene, Perusahaan Biotek

Perusahaan asal Amerika Serikat ini bergerak di bidang bioteknologi yang mengembangkan pengobatan untuk kanker serta penyakit radang. Walau perusahaan ini dapat mengalami pertumbuhan hingga 46.46%, namun beberapa hari kemudian saham bisa turun yang tidak jauh berbeda. Pertumbuhan mencapai lebih dari 40% ini didukung karena Celgene yang akan dibeli oleh Brystol-Myers Squibb sehingga saham Celgene naik 25%.

Di dalam dunia saham, pertumbuhan harga saham bisa naik karena beberapa faktor. Perusahaan yang masuk ke dalam blue chips dengan nilai saham tinggi sekalipun dapat mengalami penurunan nilai saham. Selain itu, tren dari jenis bidang yang digeluti oleh perusahaan juga menjadi bahan pertimbangan setiap investor untuk membeli saham sehingga bisa menyebabkan naik turunnya harga saham.

Bagi kamu yang masih ragu dan khawatir memilih saham sebagai produk investasi, bisa mencari pilihan lainnya seperti reksadana. Investasi reksa dana memiliki risiko yang jauh lebih minim jika dibandingkan dengan saham. Apalagi kini, kamu bisa berinvestasi reksa dana secara online melalui aplikasi Ajaib. Dengan keuntungan pengembalian yang besar dan risiko kecil, bisa menjadi pilihan kamu dalam berinvestasi resksa dana di aplikasi Ajaib. 

Bacaan menarik lainnya:

Anoraga, Pandji& Piji, Pakarti. (2006). Pengantar Pasar Modal. Cetakan Kelima. Jakarta: PTRineka Cipta


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait