Tips Jitu Bermain Saham untuk Dapat Untung Maksimal

Tips Cerdas Bermain Saham untuk Dapat Untung Maksimal
 Tips Cerdas Bermain Saham untuk Dapat Untung Maksimal

Investasi saham mungkin dahulu dijauhi oleh investor pemula. Tingkat kesulitan trading saham sampai dengan risikonya yang juga tinggi menjadi salah satu alasannya. Namun kini di era informasi serba mudah, jenis investasi ini tak seharusnya ditakuti lagi. Ada banyak panduan maupun tips bermain saham yang bisa membantumu untuk berinvestasi.

Memulai investasi saham memang membutuhkan modal pengetahuan yang mencukupi. Kamu wajib tahu soal mekanisme pasar modal termasuk pula sistem penjualan dan pembelian saham. Kemudian, salah satu yang juga penting dimiliki oleh investor adalah intuisi untuk membeli saham secara tepat baik jumlah dan waktunya.

Ada banyak pemain saham yang sudah bertahun-tahun terjun di pasar modal namun masih kalah bersaing dibandingkan investor yang lebih muda. Alasannya sederhana, kadang pertimbangan pribadi seseorang dalam berinvestasi saham benar-benar membantu. Kamu bisa memiliki banyak latar belakang pendidikan yang sesuai namun tetap tidak bisa menebak fluktuasi saham.

Naik dan turunnya saham sendiri sangat tidak bisa diprediksi. Karena itulah saham kemudian dikatakan sebagai investasi berisiko tinggi meskipun hasilnya sangat menguntungkan apalagi secara jangka panjang. Ada banyak faktor yang mempengaruhi harga saham turun ataupun naik.

Kamu tidak bisa benar-benar mengetahui metode yang tepat untuk mengetahui kenaikan harga saham. Faktor inilah yang membuat bermain saham membutuhkan skill maupun intuisi tingkat tinggi. Hadir pula sejumlah analisa untuk membantu pemain saham dalam transaksi jual beli saham.

Tujuannya sederhana untuk bisa tahu kapan saat yang tepat melepas atau membeli suatu emiten. Uraian di atas sebaiknya tidak malah membuatmu ragu untuk bermain saham. Sebaliknya, mulai lah merasa tertantang untuk bergabung dengan pasar modal. Apalagi kini literasi pasar saham semakin berkembang dan tips bermain saham bisa lebih mudah didapatkan.

6 Tips Bermain Saham ala Ajaib, Cocok Untuk Investor Pemula Sepertimu

Merencanakan masa depan dengan bermain saham tentu bukan pilihan yang salah. Sebagai bentuk investasi, kemampuan dalam menganalisis pergerakan saham suatu perusahaan mutlak diperlukan untuk mendapat untung dan meminimalisir kerugian.

Dengan mengetahui cara metode yang tepat, kamu bisa mengeluarkan biaya sekecil-kecilnya dan mendapatkan untung sebesar-besarnya. Sebagai bekal di masa depan. Mempelajari tentang saham sejak dini, juga akan menambah wawasanmu kedepannya.

Investasi saham seharusnya menjadi pilihan untuk investasi jangka panjangmu. Kamu bisa menjadikan saham sebagai sumber untuk berbagai tujuan keuangan di masa mendatang misalnya dana pensiun atau perjalanan keliling dunia bersama keluarga. Tentunya hal itu bisa direalisasikan apabila kamu melakukan investasi saham dengan benar.

Dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang, nyaris tidak ada alasan lagi yang menghalangimu mulai bermain saham. Jika dulu bingung cara membeli saham maka sekarang bisa lebih mudah dengan adanya sistem jual beli saham secara online. Kamu tidak lagi terbatas dengan wilayah atau lokasi tempat tinggalmu.

Bahkan orang yang tinggal di pedesaan sekalipun bisa bermain saham dan menjadi trader saham. Jika kamu tertarik menjadi investor. Berikut cara bermain saham agar kamu bisa mendapatkan untung maksimal.

1.  Pilih Perusahaan Sekuritas Berbiaya Transaksi Kecil

Perusahaan sekuritas adalah penghubung antara investor dengan perusahaan dalam pasar saham yang memiliki lisensi khusus. Biaya transaksi di sini maksudnya adalah biaya pembelian dan penjualan saham yang kamu lakukan. Misal, perusahaan sekuritas menerapkan biaya 0,20% untuk pembelian dan 0,30% untuk penjualan.

Sama seperti transaksi lainnya, upayakan untuk menekan biaya apapun yang muncul. Karena itu, sebagai investor pemula pastikan kamu tidak mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk perusahaan sekuritas pilihanmu. Jangan sampai keuntunganmu malah habis terpakai untuk sejumlah biaya tersebut. Pastinya semakin kecil biaya transaksi, maka investor semakin diuntungkan.

2.  Jangan Takut & Jangan Terlewat

Mungkin kamu masih ragu saat hendak membeli saham. Jika kamu masih ragu, mulailah dengan harga saham yang paling murah per lembarnya sebagai langkah awal mempelajari cara bermain saham. Dalam transaksi saham, terdapat satuan lot, satu lot terdiri dari 100 lembar saham.

Jika harga saham per lembarnya Rp100, maka tinggal dikali 100 jadi Rp10.000 saja. Namun dengan modal kecil, keuntungan yang kamu dapatkan juga tidak seberapa. Maka dari itu, keluarkan modal sedikit lebih banyak yang sekiranya bisa membuat kamu merasa untung. Namun jangan terlewat dengan menghabiskan seluruh uangmu untuk satu perusahaan saja.

Jangan menutup diri dari perusahaan lain juga. Diversifikasi adalah saran terbaik untuk semua jenis investasi termasuk ketika bermain saham. Miliki berbagai saham dari banyak perusahaan dan berbagai industri berbeda agar ketika yang satu melemah maka kamu tidak akan merugi terlalu banyak.

Setelah mulai mendapatkan keuntungan, tingkatkan kapasitasmu dengan membeli saham yang lebih mahal. Saham yang mahal biasanya merupakan saham blue chip dengan pembaian dividen yang stabil dan tentunya menguntungkan.

3.  Beli Saham Perbankan atau Consumer Goods

Ada banyak industri yang tersedia pasar modal yang dikelola oleh Bursa Efek Indonesia. Dari pilihan beragam industri tersebut, membeli saham bank atau perusahaan bidang consumer goods merupakan langkah bijak dalam bermain saham.

Alasanya karena perusahaan tersebut memiliki bisnis yang sederhana dengan produk-produknya yang selalu digunakan oleh masyarakat. Meskipun saat kamu membeli sahamnya, harganya sedang turun bukan berarti kamu tidak akan mendapatkan keuntungan sama sekali. Bahkan kamu mendapatkan peluang karena bisa membeli sahamnya dengan harga murah.

Percayalah bahwa tidak lama harganya pasti akan normal kembali dan bisa jadi kamu beruntung karena membelinya saat harganya sedang turun. Dua industri tersebut cenderng masuk dalam saham dengan performa yang selalu bisa kembali stabil meskipun tak lepas dari fluktuasi yang ada.

4.  Lakukan Average Down Ketika Merugi

Setelah kamu membeli saham dan tiba-tiba harga saham jatuh maka jangan langsung panik. Kamu hanya perlu sabar, sebab harga saham yang kamu beli akan normal lagi selama itu saham blue chip. Blue chip sendiri merupakan istilah untuk saham perusahaan besar dengan pendapatan stabil.

Pertahankan kepemilikanmu atas saham tersebut merupakan salah satu strategi yang banyak direkomendasikan pakar keuangan. Strategi average down ini sudah biasa dipakai para investor saham dan terbukti keampuhannya. Strategi tersebut yaitu melakukan pembelian saat harga di pasar saham sedang mengalami penurunan.

Cara ini tidak akan membuat nilai investasimu turun. Apabila kondisi pasar pulih, return kamu akan meningkat.

5.  Amati Situasi Politik & Ekonomi

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kondisi pasar modal di suatu negara. Salah satunya ialah kondisi politik dan ekonomi. Contohnya ketika Presiden Soeharto dilengserkan dan kondisi politik dalam negeri tak pasti, bursa saham langsung ambruk. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab terjadinya krisis moneter di kala itu.

Ketika kamu sudah memutuskan untuk bermain saham maka kamu harus rajin mengikuti berita, baik bisnis, ekonomi dan politik. Contohnya saat terjadi wavah virus Corona dan perang dagang antar negara, industri apa saja yang terdampak. Tentu saja tips yang bisa diberikan ialah waktu melakukan investasi saham terbaik, yaitu dilakukan saat ekonomi sedang stabil atau mengalami peningkatan.

6.  Beli Saham Perusahaan yang Kamu Pahami

Memiliki pemahaman terkait produk dari suatu perusahaan sebelum membeli sahamnya merupakan langkah bijak sebagai bentuk meminimalisir kerugian. Oleh karena itu, kamu bisa membeli saham dari perusahaan yang produknya dekat dan familiar. Misalnya saja perusahaan yang produknya kerap kau gunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Meskipun perusahaan tersebut sudah kamu pahami namun kamu tetap tidak boleh menutup mata dari reputasi, sepak terjang perusahaan dan juga opini dari para ahli di bidang ekonomi. Bisa saja kamu merasa mengenal perusahaan tersebut namun tidak paham lebih jauh soal kinerja keuangannya.

Itulah enam tips yang harus kamu perhatikan sebelum bermain saham. Dan ingat, jangan pernah ragu untuk mulai beli saham sekarang. Pantau terus situasi dan berita terkini tentang saham agar kamu bisa mendapatkan bekal yang memadai sebelum berinvestasi.

Kamu juga bisa berinvestasi saham dengan membeli produk reksa dana saham di aplikasi Ajaib. Bahkan kamu akan mendapatkan kemudahan dengan pengelolaan manajer investasi atas investasimu. Kamu hanya tinggal menunggu hasil keuntungan atas saham yang kamu miliki.

Melalui aplikasi Ajaib, kamu bukan hanya bisa membeli saham, tapi juga bisa melihat harga saham terbaru dan berita terkini tentang saham. Investasi saham sekarang di Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait