Tips Bermain Saham untuk Dapat Untung Maksimal

Tips Cerdas Bermain Saham untuk Dapat Untung Maksimal
 Tips Cerdas Bermain Saham untuk Dapat Untung Maksimal

Merencanakan masa depan dengan bermain saham tentu bukan pilihan yang salah. Sebagai bentuk investasi, kemampuan dalam menganalisis pergerakan saham suatu perusahaan mutlak diperlukan untuk mendapat untung dan meminimalisir kerugian.

Dengan mengetahui cara metode yang tepat, kamu bisa mengeluarkan biaya sekecil-kecilnya dan mendapatkan untung sebesar-besarnya. Sebagai bekal di masa depan. Mempelajari tentang saham sejak dini, juga akan menambah wawasanmu kedepannya. Jika kamu tertarik menjadi investor. Berikut cara bermain saham agar kamu bisa mendapatkan untung maksimal.

Pilih Perusahaan Sekuritas Berbiaya Transaksi Kecil

Perusahaan sekuritas adalah penghubung antara investor dengan perusahaan dalam pasar saham yang memiliki lisensi khusus. Biaya transaksi di sini maksudnya adalah biaya pembelian dan penjualan saham yang kamu lakukan. Misal, perusahaan sekuritas menerapkan biaya 0,20% untuk pembelian dan 0,30% untuk penjualan. Pastinya semakin kecil biaya transaksi, maka investor semakin diuntungkan.

Jangan Takut & Jangan Terlewat

Mungkin kamu masih ragu saat hendak membeli saham. Jika kamu masih ragu, mulailah dengan harga saham yang paling murah per lembarnya. Sebagai langkah awal mempelajari cara bermain saham. Dalam transaksi saham, terdapat satuan lot. Satu lot terdiri dari 100 lembar saham. Jika harga saham per lembarnya Rp100, maka tinggal dikali 100 jadi Rp10.000 saja. Namun dengan modal kecil, keuntungan yang kamu dapatkan juga tidak seberapa. Maka dari itu, keluarkan modal sedikit lebih banyak yang sekiranya bisa membuat kamu merasa untung. Namun jangan terlewat dengan menghabiskan seluruh uangmu untuk satu perusahaan saja. Jangan menutup diri dari perusahaan lain juga.

Beli Saham Perbankan atau Consumer Goods

Membeli saham Bank atau perusahaan bidang consumer goods merupakan langkah bijak dalam bermain saham. Karena perusahaan tersebut memiliki bisnis yang sederhana dengan produk-produknya yang selalu digunakan oleh masyarakat. Meskipun saat kamu membeli sahamnya, harganya sedang turun. Tapi tidak lama pasti akan normal kembali dan bisa jadi kamu beruntung karena membelinya saat harganya sedang turun.

Lakukan Average Down Ketika Merugi

Setelah kamu membeli saham dan tiba-tiba harga saham jatuh. Kamu hanya perlu sabar, sebab harga saham yang kamu beli akan normal lagi selama itu saham blue chip. Blue chip sendiri merupakan istilah untuk saham perusahaan besar dengan pendapatan stabil. Strategi average down ini sudah biasa dipakai para investor saham. Strategi tersebut yaitu melakukan pembelian saat harga di pasar saham sedang mengalami penurunan. Cara ini tidak akan membuat nilai investasimu turun. Apabila kondisi pasar pulih, return kamu akan meningkat.

Amati Situasi Politik & Ekonomi

Ketika kamu sudah memutuskan untuk membeli saham. Kamu harus rajin mengikuti berita, baik bisnis, ekonomi dan politik. Waktu  melakukan investasi saham terbaik, yaitu dilakukan saat ekonomi sedang stabil atau mengalami peningkatan.

Beli Saham Perusahaan yang Kamu Pahami

Memiliki pemahaman terkait produk dari suatu perusahaan sebelum membeli sahamnya merupakan langkah bijak, sebagai bentuk meminimalisir kerugian. Oleh karena itu, kamu bisa membeli saham dari perusahaan yang produknya dekat dan familiar. Meski perusahaan tersebut sudah kamu pahami. Kamu tetap tidak boleh menutup mata dari reputasi, sepak terjang perusahaan dan juga opini dari para ahli di bidang ekonomi.

Itulah 6 tips yang harus kamu perhatikan sebelum membeli saham. Dan ingat, jangan pernah ragu untuk mulai beli saham sekarang. Pantau terus situasi dan berita terkini tentang saham. Di aplikasi Ajaib, kamu bukan hanya bisa membeli saham, tapi juga bisa melihat harga saham terbaru dan berita terkini tentang saham. Investasi saham sekarang di Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait