Milenial, Kenali Fungsi dari Analisis Rasio Keuangan Ini

analisis rasio keuangan
analisis rasio keuangan

Analisis rasio keuangan adalah proses pengamatan data yang berhubungan dengan komponen dalam laporan keuangan. Apa hanya sesimpel itu? Temukan jawabannya di ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Semua orang pasti akan berurusan dengan keuangan tetapi tidak semua orang mampu untuk menghitung keuangannya dengan benar. Hal ini cukup berbahaya karena bisa saja seseorang berakhir menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang tidak penting.

Di sinilah pentingnya laporan keuangan, agar kamu tahu ke mana uangmu mengalir. Laporan keuangan juga bisa menjadi acuan untuk rencana pengeluaran keuangan di kemudian hari.

Rasio Keuangan

Selain laporan keuangan, ada pula yang disebut dengan rasio keuangan. Seluruh informasi yang terdapat dalam laporan keuangan perusahaan seperti Laporan Arus Kas (cash flow statement), Laporan Neraca (balance sheet), dan Laporan Laba-Rugi (income statement) semua terdapat dalam rasio keuangan. Singkatnya, rasio keuangan adalah seluruh pengeluaran yang dijadikan dalam satu data untuk bisa dikomparasikan porsinya masing-masing sesuai dengan jenis pengeluaran.

Selain dipakai oleh manajemen perusahaan untuk evaluasi atau melihat seberapa baik kinerja perusahaan, rasio keuangan ini biasanya juga digunakan oleh pemberi pinjaman atau kreditur dan para pemegang saham atau investor.

Menentukan Perusahaan Layak Diinvestasi atau Tidak

Para kreditur dan investor ini menggunakan rasio keuangan agar dapat menentukan apakah perusahaan yang ingin diinvestasi tersebut bagus atau tidak. Kreditur dan investor akan membandingkan rasio keuangan antar perusahaan dan antar industri sehingga mereka dapat menentukan investasi mana yang paling baik.

Para analisis sekuritas dan lembaga pemeringkat kredit yang berperan untuk menganalisis rasio keuangan, juga menggunakan rasio keuangan ini demi menilai kekuatan dan kelemahan perusahaan yang dianalisisnya. Kegiatan ini disebut dengan analisis rasio keuangan. 

Singkatnya, analisis rasio keuangan adalah proses pengamatan data yang berhubungan dengan komponen dalam laporan keuangan, seperti Laporan Aliran Kas (cash flow statement), Laporan Neraca (balance sheet), dan Laporan Laba-Rugi (income statement), dengan tujuan untuk menilai kinerja keuangan serta kekuatan dan kelemahan suatu perusahaan. Hasil analisa ini nantinya akan digunakan untuk memberikan gambaran informasi mengenai posisi keuangan yang dapat dijadikan sebagai acuan atau pedoman dalam pengambilan keputusan bisnis atau perencanaan perusahaan untuk masa yang akan datang.

Tujuan

Tujuan dari analisis rasio keuangan adalah sebagai berikut:

  • Untuk melihat dan menilai kondisi suatu perusahaan, termasuk permasalahan dalam manajemen, proses operasional, dan keuangan perusahaan.
  • Sebagai alat ukur untuk melakukan proyeksi posisi keuangan di masa yang akan datang.
  • Sebagai tolak ukur untuk melakukan efisiensi peran masing-masing departemen demi mencapai tujuan perusahaan.

Analisis rasio keuangan, yang juga dikenal dengan istilah financial ratio analysis, dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

Analisis Rasio Aktivitas

Rasio ini disebut juga dengan rasio efisiensi. Rasio ini adalah jenis analisis rasio keuangan yang mengukur seberapa efektif perusahaan dalam memanfaatkan aset yang dimiliki untuk menghasilkan pendapatan. Semakin tinggi nilai persentase Rasio Aktivitas berarti semakin baik. Kamu bisa membandingkannya dengan nilai rata-rata dari industri sejenis di pasar agar dapat menilai seberapa efisien perusahaan tersebut dalam mengelola sumber daya yang dimiliki.

Jenis analisis rasio keuangan yang termasuk ke dalam analisis rasio aktivitas adalah Rasio Perputaran Aktiva Tetap (Fixed Asset Turnover Ratio), Rasio Perputaran Total Aktiva (Total Activa Turnover Ratio), dan Rasio Perputaran Persediaan (Inventory Turnover Ratio).

Analisis Rasio Solvabilitas (Solvency Ratio / Leverage Ratio)

Rasio keuangan yang mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka panjangnya. Seperti pembayaran pokok akhir atas utang, pembayaran bunga atas utang, dan kewajiban jangka panjang lainnya. Jenis Rasio Solvabilitas yang sering digunakan adalah Times Interest Earned Ratio, Debt Ratio (Rasio Utang), dan Debt to Equity Ratio (Rasio Utang terhadap Ekuitas).

Analisis Rasio Likuiditas

Rasio yang mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban atau melunasi utang jangka pendek. Jenis rasio keuangan yang termasuk dalam Rasio Likuiditas ini adalah Rasio Lancar (Asset Ratio), Rasio Kas (Cash Ratio), dan Rasio Cair (Quick Ratio Acid Test).

Analisis Rasio Profitabilitas (Profitability Ratio)

Rasio Profitabilitas digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba (profit) dari pendapatan. Tentunya yang berhubungan dengan penjualan, ekuitas, dan aset. Jenis Rasio Profitabilitas yang sering digunakan adalah Margin Laba Bersih (Net Profit Margin), Margin Laba Kotor (Gross Profit Margin), Return on Equity (ROE), Return on Assets (ROA), Return on Sales (ROS), dan Return on Capital Employed (ROCE).

Dari beberapa jenis analisis rasio keuangan di atas, ada pula metode dan teknik analisis rasio keuangan yang umumnya digunakan oleh perusahaan untuk menilai posisi keuangannya. Metode-metode tersebut antara lain:

Metode Analisis Rasio

Membandingkan pos laporan keuangan yang relevan dengan data yang signifikan.

Metode Analisa Pertumbuhan

Disusun dengan membandingkan kenaikan atau penurunan posisi laporan keuangan satu periode dengan laporan keuangan periode sebelumnya. Data analisis rasio keuangan yang disajikan dengan metode ini bisa menggunakan nilai persentase.

Metode Tren dan Indeks

Hampir sama dengan metode analisa pertumbuhan tetapi angka pembandingnya adalah laporan keuangan suatu periode yang dipilih sebagai tahun dasar dan dijadikan indeks. Metode tren dan indeks ini sangat berfungsi untuk memproyeksikan laporan keuangan di masa yang akan datang dengan menggunakan data historis.

Setelah mengetahui tujuan, jenis, dan metode analisis rasio keuangan, kini kamu mulai memahami mengapa laporan keuangan sangatlah penting. Sebagai generasi milenial yang baik, pemahaman informasi akan pentingnya analisis rasio keuangan juga sangat berguna. Terkhusus bagi kamu yang ingin membangun perusahaanmu sendiri. Tidak hanya untuk pengetahuan pribadi, kamu juga akan memahami pentingnya analisis rasio keuangan demi masa depan perusahaanmu.

Bacaan menarik lainnya:

Lynch, A. W., & Musto, D. K. (2003). How investors interpret past fund returns. The Journal of Finance, 58(5), 2033-2058


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait