Tips Menyusun Makalah Perpajakan untuk Dibaca Pemula

Makalah Perpajakan

Makalah perpajakan sebenarnya dibutuhkan oleh mereka yang pemula. Pemula di sini maksudnya adalah mereka yang baru saja dikenai wajib pajak. Beberapa Pembahasan pajak sangatlah luas, tapi sebenarnya tidak jauh dari kehidupan kita. Karena itu keberadaan makalah perpajakan ini cukup penting.

Siapa saja yang boleh menyusunnya? Siapa saja pun boleh asalkan mengerti tentang pajak dan memiliki ilmu tentang itu karena isinya nanti akan dibaca oleh banyak orang, jadi harus ditulis dengan sebenar-benarnya.

Makalah ini berisi tidak seperti makalah pada umumnya karena bukan dijadikan sebagai tugas kuliah, melainkan bisa dibaca oleh siapa yang membutuhkan penjelasan tentang pajak secara lengkap, tapi dibalut dengan bahasa yang sederhana, dan juga tentunya penjelasan yang lebih padat karena pajak sendiri memiliki berbagai macam turunan. Sebaiknya kamu membahas hal-hal yang umum saja.

Karena itu makalah perpajakan sebaiknya berisi hal-hal sebagai berikut:

1. Latar Belakang Makalah

Ketika menyusun sebuah makalah, maka harus ada latar belakang yang menjadi landasan mengapa makalah tersebut disusun. Hal ini agar pembaca tahu tujuannya sendiri mengapa mereka membaca makalahmu.

Bahwa makalah perpajakan tersebut dibuat untuk memudahkan orang-orang memahami tentang pajak secara garis besar, seperti sistem pemungutan pajak, pengertian pajak, atau lainnya. Tidak ada salahnya menyebutkan apa saja yang akan dibahas di dalam makalah perpajakan. Bagian ini cukup satu halaman saja tidak perlu panjang-panjang karena hanya dibaca secara cepat.

2. Manfaat dari Pajak

Makalah perpajakan biasanya akan mengandung teori, tapi cobalah mengurangi menjelaskan berbagai macam pengertian pajak yang terlalu teoritis. Kita bisa langsung mengawalinya dengan manfaat pajak yang bisa dirasakan semua orang.

Intinya memberi tahu para wajib pajak bahwa pajak yang mereka bayarkan itu tidak lari ke sembarang tempat, karena APBN dan APBD sebagian besar didapat dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat.

Jadi, sebenarnya masyarakat bisa secara langsung merasakan manfaat dari pajak itu sendiri. Dengan membayar pajak, masyarakat sudah berkontribusi langsung dalam membangun negeri. Penulisan manfaat ini akan memancing pembaca untuk membaca halaman berikutnya untuk tahu kewajiban apa saja yang mereka harus penuhi untuk membayar pajak.

3. Siapa saja yang diwajibkan membayar pajak

Sebelum melanjutkan pembahasan ke inti dari pajak itu sendiri, ada baiknya kamu menuliskan siapa saja yang dikenai pajak. Berapa umur mereka yang diwajibkan bayar pajak, profesi apa saja yang dikenai wajib pajak, dan tidak lupa terangkan pula bahwa warga negara asing yang bekerja di Indonesia pun diwajibkan untuk membayar pajak.

4. Menjelaskan macam-macam pajak

Di bagian ini kamu bisa menjelaskan macam-macam pajak yang ada di Indonesia secara singkat dan jelas. Lalu tidak ada masalah jika harus mencantumkan pasal-pasalnya karena itu menunjukkan bahwa pajak tersebut adalah benar adanya.

Macam-macam pajak yang bisa ditulis adalah pajak-pajak umum seperti, Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPn), Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPn BM), Bea Materai, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Masing-masing pajak di atas memiliki keunikan dan ketentuannya tersendiri. Tidak ada salahnya jika kamu menjelaskan juga rumus dan cara perhitungan jenis pajak di atas. Bisa dilakukan dengan perhitungan sederhana, tapi tetap berpedoman pada ketentuan perhitungan yang berlaku.

5. Menjelaskan pembuatan NPWP

Yang bisa membayar pajak adalah mereka yang memiliki NPWP. Hal ini tidak hanya berlaku pada individu, tapi juga perusahaan. NPWP menjadi identitas penting wajib pajak dalam membayar pajak. Kamu tidak akan bisa membayar pajak jika tidak memiliki NPWP.

Karena itu ketika membuat makalah perpajakan, sebaiknya jelaskan bagaimana caranya membuat NPWP. Cara menjelaskannya dibuat dengan terperinci. Jangan lupa membahas apa saja yang harus disiapkan sebelum mengajukan NPWP dan apa saja syaratnya. Lalu, bagaimana cara mendaftar untuk mengajukan NPWP.

Sekarang NPWP tidak hanya bisa didapat dengan langsung mendatangi kantor pajak terdekat, tapi juga bisa mendaftar secara online.

Sebaiknya kamu jelaskan juga prosedurnya secara detail. Saat ini pembuatan NPWP secara online sedang gencar dipromosikan oleh Direktorat Pajak karena memudahkan wajib pajak untuk memiliki NPWP tanpa antre di kantor pajak.

6. Menjelaskan pemisahan pajak suami dan istri

Istri yang tidak bekerja biasanya bisa menggunakan NPWP suami dalam berbagai macam keperluan, tapi tidak dilarang jika seorang istri menghendaki pemisahan pajak dengan suaminya. Pemisahan pajak ini biasanya karena istri memiliki penghasilan sendiri.

Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk memisahkan kepemilikan NPWP di dalam satu keluarga ini. Ada dokumen-dokumen yang juga harus dilengkapi. Kamu bisa menjelaskan hal ini secara terperinci di makalah perpajakan karena cukup banyak saat ini suami dan istri yang melakukan pemisahan pajak.

7. Menjelaskan hukum pajak

Pajak adalah sesuatu yang wajib dibayar, pajak juga harus dilaporkan. Batas waktu pelaporan pajak ada di bulan Maret setiap tahunnya, dan hal ini wajib untuk diikuti. Tidak membayar pajak dan tidak melaporkan pajak akan ada sanksi yang mengenai si wajib pajak. Karena itu kamu perlu menjelaskan hukum pajak yang berlaku di Indonesia.

Hukum ini diterapkan agar memberikan efek jera pada mereka yang tidak taat mengikuti aturan pajak. Orang lain sudah rajin bayar pajak, dan melaporkannya, dan ada orang lain yang tidak membayar pajak dengan benar, tentu saja harus diperlakukan secara berbeda. Karena itu tentu saja ada konsekuensi yang harus diterima karena aturan ini pun dilindungi undang-undang perpajakan.

Tidak ada salahnya jika kamu menulis tentang hukum pajak apa saja yang akan diberlakukan bagi mereka pelanggar pajak.

Bacaan menarik lainnya:

Kristanty, Nova. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Penyuluhan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal. Online


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait