Cara Menghitung Pajak Penghasilan dengan Mudah dan Efisien

Cara menghitung pajak

Membayar pajak sudah menjadi kewajiban bagi warga negara Indonesia. Terlebih bagi yang sudah memiliki penghasilan, maka akan dikenakan pajak penghasilan. Besaran pajak penghasilan tiap orang sudah pasti berbeda-beda, berdasarkan acuan terhadap penghasilan yang diterimanya dalam masa tahun pajak. Lalu bagaimana cara menghitung pajak penghasilanmu?

Agar mengetahui besaran pajak penghasilan yang harus kamu bayar, setidaknya kamu harus tahu cara menghitung pajak tersebut. Pengetahuan tentang cara menghitung pajak ini bisa berguna bagi wajib pajak dalam proses pelaporan pajak.

Meski tiap tahun wajib pajak harus membayar dan melaporkan pajak, masih banyak yang belum efisien dalam tata cara menghitung pajak penghasilan. Di bawah ini akan dijelaskan tahapan-tahapan yang sebaiknya dilakukan agar penghitungan pajak penghasilan semakin mudah dan efisien. Berikut penjelasannya.

Membuat Daftar Penghasilan Per Bulan

Pajak penghasilan dikenakan pada penghasilan total yang diterima oleh wajib pajak dalam satu tahun (masa tahun pajak). Jika kamu tidak memiliki penghasilan bulanan yang tetap, maka kamu perlu membuat daftar penghasilan yang kamu terima tiap bulannya.

Besaran penghasilan yang dihitung bukan hanya gaji pokok saja. Namun, juga tunjangan-tunjangan yang kamu terima. Dengan kata lain, kamu harus menghitung penghasilan kotormu selama satu tahun pajak.

Hitung PTKP

Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) adalah pengurangan dari penghasilan bersih bagi wajib pajak untuk menentukan besarnya penghasilan yang kena pajak. Setiap orang yang memiliki hitungan PTKP berbeda-beda karena besaran penghasilan tiap orang berbeda-beda dan besaran tanggungan rumah tangga atau tanggungan keluarga yang berbeda pula.

Adapun besarnya PTKO sudah diatur dalam Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor: Per-16/PJ/2016 yang berisi:

a. Rp54.000.000 untuk wajib pajak orang pribadi.

b. Rp4.500.000 tambahan untuk wajib pajak yang sudah menikah.

c. Rp4.500.000 tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah dalam garis keturunan lurus, serta anak angkat yang menjadi tanggungan sepenuhnya. Paling banyak tiga orang untuk tiap keluarga.

Menghitung Penghasilan Bersih

Untuk menghitung penghasilan bersih, kamu dapat mengurangkan penghasilan kotor dengan PTKP yang sudah kamu hitung.

Setelah diketahui, maka proses perhitungan PKP (penghasilan kena pajak) dapat dilakukan. Setelah itu, maka besaran pajak penghasilan sudah dapat diketahui.

Tata Cara Mengitung PPh

Dalam menghitung pajak penghasilan (PPh), kamu harus tahu PKP terlebih dahulu. Setelah PKP diketahui, maka kamu dapat langsung menghitung PPh dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Penghasilan bersih yang kurang dari Rp50.000.000 tarif pajak yang dikenakan sebesar 5 persen.

b. Penghasilan bersih antara Rp50.000.000 dan Rp250.000.000 dikenakan tarif pajak sebesar 15 persen.

c. Penghasilan bersih antara Rp250.000.000 sampai Rp500.000.000 dikenai tarif pajak 25 persen.

d. Terakhir, untuk penghasilan bersih di atas Rp500.000.000, akan dikenakan pajak 50 persen.

Cara menghitung pajak penghasilan di atas hanyak sebatas gambaran umum saja. Bagi yang masih kesulitan, kamu bisa menanyakan langsung kepada pihak yang berkaitan agar lebih jelas.

Bacaan menarik lainnya:

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Kristanty, Nova. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Penyuluhan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal. Online


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait