Cara Mendaftar NPWP Online dan Syarat-Syaratnya

Cara Mendaftar NPWP Online dan Syarat-syaratnya
Cara Mendaftar NPWP Online dan Syarat-syaratnya

Mendaftar NPWP online baru diterapkan pada tahun 2016 dan menjadi cara yang cukup efektif karena itu artinya siapa saja yang ingin memiliki NPWP kini tidak lagi harus mengantre lama ketika mendaftar di kantor pajak terdekat. Kamu juga hanya tinggal menunggu di rumah.

Dahulu, untuk memiliki NPWP, kamu diwajibkan mendatangi kantor pajak terdekat. Sebelum menghadap ke petugas, kamu diwajibkan mengisi formulir terlebih dahulu. Cara ini pun tergolong agak lama karena kamu harus melakukan beberapa prosedur. Namun, sekarang mendaftar NPWP pun sudah bisa dilakukan secara online. NPWP online membuat urusanmu akan lebih cepat selesai.

Syarat untuk mendaftar NPWP online

NPWP wajib dimiliki oleh mereka yang diharuskan membayar pajak. Jika kamu adalah seorang pekerja kantoran, kamu diwajibkan memiliki NPWP atas namamu sendiri karena ada pajak penghasilan yang harus kamu bayarkan. Selain itu, ada syarat-syarat yang harus kamu siapkan ketika melakukan pendaftaran NPWP online. Syarat-syarat ini berlaku sesuai dengan kategori yang sudah ditentukan oleh Direktorat Pajak.

Wajib Pribadi yang Tidak Melakukan Usaha atau Pekerjaan Bebas

  • Kartu Identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA

Wajib Pribadi yang Menjalankan Usaha atau Pekerjaan Bebas atau Pengusaha Tertentu

  • Kartu Identitas (KTP) untuk WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP untuk WNA
  • Wajib melampirkan dokumen izin usaha dari pihak yang memiliki wewenang. Atau bisa juga menggunakan surat keterangan tempat usaha yang dikeluarkan oleh Kepala Desa atau Lurah.

Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Status Wanita Kawin yang Dikenai Pajak Terpisah dari Suaminya

  • Kartu Identitas (KTP) untuk WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP untuk WNA
  • Fotokopi kartu keluarga (KK)
  • Fotokopi kartu NPWP suami
  • Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan menghendaki pelaksanaan hak dan kewajiban perpajak terpisah dari suami.

Yang perlu digarisbawahi adalah syarat-syarat dokumen di atas harus discan dulu sebelum membuat NPWP secara online. Dan inilah cara membuat NPWP Online dengan mudah, cepat, dan bebas antre.

#1

Yang pertama, membuat aku di ereg.pajak.go.id. Untuk membuat akun ini kamu diharuskan mengisi beberapa kolom. Pastikan kamu mengisinya dengan benar dan teliti. Pilih status ‘Pusat’ untuk kamu yang masih melajang, dan pilih status ‘Cabang’ untuk wanita yang sudah menikah dan ingin mencabangkan NPWP dengan milik suaminya.

#2

Yang kedua, kamu pasti akan diminta mengupload beberapa dokumen sesuai dengan syarat di atas. Pastikan dokumen yang diupload jelas dan bisa terbaca dengan baik.

#3

Yang ketiga, setelah mengisi formulir, kamu harus menekan ‘Token’. Cek emailnya untuk memeriksa apakah token sudah terkirim. Jika sudah, kamu bisa klik tombol kirim dan mengisi kode pada kolom ‘Token’. 

Jika disetujui, kartu NPWP akan dikirimkan ke alamat rumahmu, kamu hanya tinggal menunggu. Atau kamu juga bisa mendatangi Kantor Pelayanan Pajak atau KPP tempat kamu melakukan pendaftaran, untuk mencetaknya dengan mudah dan cepat.

Bacaan menarik lainnya:

Kristanty, Nova. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Penyuluhan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal. Online


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait