Cara Membuat NPWP, Bisa Meningkatkan Orderanmu Lho

cara membuat npwp
cara membuat npwp

Butuh panduan cara membuat npwp dan syaratnya? Artikel Ajaib ini siap menjawab seputar cara membuat NPWP dan apa saja yang diperlukan. Simak ulasannya ya.

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah kartu identitas resmi wajib pajak dari Ditjen Pajak Kementriaan Keuangan. Fungsinya untuk berbaai transaksi yang dilakukan terkait perpajak termasuk penghasilan. Kepemilikan NPWP digalakkan beberapa tahun belakangan ini dengan ancaman denda bagi wajib pajak yang tidak memilikinya.

Nyatanya masih banyak masyarakat yang belum memiliki NPWP termasuk pedagang kecil atau online seller. Padahal kepemilikan BPWP bisa meningkatkan omzet dagang, khususnya dari kalangan pemerintah. Saat ini lembaga pemerintah mewajibkan semua laporan transaksinya memiliki NPWP dari penjualnya. Mulai dari pengadaan aset, seragam sampai katering sekarang semua dicari yang ber-NPWP.

Kalau kamu adalah wirausaha yang biasa menerima orderan atau berencana mencari orderan dari kalangan plat merah maka sebaiknya segera memilikinya. Cara membuat NPWP sendiri cukup mudah dan bisa dilakukan secara online. Berikut adalah syarat dan cara pembuatan nomor NPWP yang dikutip dari www.online-pajak.com :

Syarat membuat NPWP pribadi

Pembuatan NPWP pribadi memiliki syarat yang berbeda sesuai dengan kategorinya. Ada yang untuk pegawai kantoran, wirausaha, dan wanita yang sudah menikah. Namun kali ini kita akan fokus pada NPWP wirausaha agar orderanmu bertambah.

  • Fotokopi KTP
  • Surat Keterangan Usaha (SKU) yang minimal dikeluarkan oleh lurah atau bukti tagihan listrik.
  • Surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp6.000. Isi surat ini menerangkan jika yang bersangkutan memang memiliki usaha atau pekerja bebas.

Cara membuat NPWP secara online

NPWP bisa dibuat dengan datang langsung ke Kantor Pajak Pratama (KPP) terdekat atau secara online. Enterpreneur seperti kamu pasti sangat menghargai waktu sehingga cara online lebih pas karena ringkas dan cepat. Pendaftaran NPWP online bisa dilakukan dalam beberapa langkah antara lain:

  • Daftar lewat situs Dirjen Pajak di ereg.pajak.go.id dan pilih menu ‘Daftar’ yang terletak di bagian bawah tampilan layar
  • Pendaftaran dilakukan dengan memasukkan alamat email yang perlu diverifikasi. Pastikan alamat surelmu aktif sehingga tidak mengganggu prosesnya.
  • Tunggu beberapa saat sampai link verifikasi dikirimkan dan lanjutkan proses pengisian data.
  • Berikutnya kamu akan mendapatkan link verifikasi lagi yang dilanjutkan dengan registrsi wajib pajak untuk mendapatkan NPWP.
  • Isi semua data dengan komplet dan benar. Jika semuanya lancar maka akan muncul status ‘Terdaftar Sementara’
  • Jika prosesnya lancar maka sistem akan mengirimkan rekomendasi untuk KPP tempat kamu terdaftar agar menyetujui pengajuanmu.
  • Klik menu token untuk syarat pengajuan dan kirim pengajuan tersebut.
  • Tunggu beberapa hari sampai mendapatkan konfirmasi soal pengajuan NPWP yang kamu lakukan via email.
  • Pendaftaran yang sukses kemudian akan mendapatkan NPWP yang dikirim melakui ke pos ke alamat yang telah terlampir.

Gampang sekali kan mendapatkan kartu identitas pajak ini? Kelebihan lainnya adalah NPWP berlaku seumur hidup karena itu kamu hanya perlu melakukan satu kali pendaftaran saja. Setelahnya, kamu bisa leluasa menerima orderan jualanmu dari pihak manapun tanpa terkendala.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait