Inilah Kelebihan Penggunaan e-SPT di Dunia Bisnis

e-SPT

Melakukan pelaporan pajak secara online bisa bikin kamu pusing, khususnya bila kamu baru membuatnya. Namun, ada cara mudah untuk menghitung pajak dengan e-SPT, khusus buat bisnis kamu.

e-SPT atau kependekan dari Elektronik Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan, adalah formulir laporan pajak SPT berbentuk elektronik. Ada sebuah aplikasi untuk menangani e-SPT yang telah diluncurkan pemerintah lebih dari satu dekade lalu, yakni tahun 2008.

Wajib Pajak Enggan Pakai e-SPT

Meski sudah satu dekade, sayangnya tidak banyak Wajib Pajak Badan yang menggunakannya. Pasalnya hanya sedikit juga persentase dari jumlah Wajib Pajak Badan di Indonesia yang taat membayar pajak.

Dari sekian banyak perusahaan yang taat bayar, beberapa masih menggunakan cara manual untuk melaporkan pajak mereka dan menghindari melakukannya secara online.

Alasan mereka beragam. Seperti koneksi internet buruk, prosedur pelaporan secara online yang membingungkan, dan kekhawatiran pembobolan data rahasia perusahaan. Hal ini mengurungkan niat mereka untuk mencoba dan menikmati keuntungan penggunaan sistem lapor pajak secara online.

Semenjak pemerintah mulai menggalakkan kampanye penggunaan sistem pajak online, dan memperketat peraturan untuk mengurangi penyelewengan beban pajak dari perusahaan-perusahaan, para Wajib Pajak Badan kini mau tidak mau mulai mengikuti sistem pelaporan pajak secara online tersebut.

Jika kamu memiliki sebuah usaha, dan perusahaan telah membayarkan kewajiban pajaknya, jangan lupa untuk melaporkan juga SPT Tahunan PPh Badan. Jenis SPT Tahunan Pajak Penghasilan antara pribadi dan badan berbeda, yakni:

  1. SPT Tahunan Pajak 1770SS untuk penghasilan kurang dari Rp60 juta per tahun.
  2. SPT Tahunan Pajak 1770S untuk penghasilan lebih dari Rp60 juta per tahun.
  3. SPT Tahunan Pajak 1770 untuk penghasilan yang bekerja sebagai wiraswasta atau pemilik usaha.
  4. SPT Tahunan Pajak 1771 untuk wajib apajak badan atau perusahaan.

Jenis SPT Tahunan Pajak 1771 ini digunakan untuk badan usaha yang berbentuk seperti di bawah ini: 

  1. PT (Perseroan Terbatas)
  2. CV (Comanditer Venture)
  3. UD (Usaha Dagang)
  4. Yayasan
  5. Organisasi
  6. Atau Perkumpulan

Kelebihan e-Filing Pajak dengan OnlinePajak

OnlinePajak merupakan aplikasi pajak untuk bisnis, dimana kamu dapat hitung, setor, dan lapor pajak Badan Usaha kamu secara online, serta membantu perusahaan untuk:

Pertama, membuat laporan pajak lebih cepat dan efisien: hanya dengan memasukkan data invoice kamu pada aplikasi ini, maka semua laporan pajak kamu akan terisi secara otomatis untuk kamu.

Kedua, menggunakan aplikasi pajak yang praktis dan fleksibel: tanpa download atau instalasi, dapat diakses melalui operating system apa saja (Microsoft, Mac, Linux, dan sebagainya).

Ketiga, menghitung pajak kamu secara akurat: kamu dapat menghindari pembetulan dan revisi dari kantor pajak.

Keempat, menjaga data perusahaan tetap aman dan terproteksi: informasi kamu dienkripsi menggunakan protokol SSL, seperti yang digunakan oleh banyak situs e-commerce ternama lainnya.

Kelima, akses multi-user tanpa batas: kamu dapat menambahkan jumlah user sebanyak-banyaknya untuk mengakses data perusahaan Anda dan menentukan peran untuk setiap user.

Bacaan menarik lainnya:

Kristanty, Nova. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Penyuluhan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal. Online

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74/PMK.03/2012 tentang Tata Cara Penetapan dan Pencabutan Penetapan Wajib Pajak dengan Kriteria Tertentu dalam rangka Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait