Cara Cek Pajak Motor Batam Secara Online

cek pajak motor batam
cek pajak motor batam

Berikut ini adalah penjelasan mengenai cek pajak motor Batam yang bisa dilakukan. Untuk mengetahuinya, simak ulasan redaksi Ajaib ini ya.

Sebagai masyarakat Indonesia, sudah menjadi kewajiban kita untuk membayar pajak kendaraan secara tepat waktu. Dengan membayar pajak kendaraan, kita sudah ikut membantu Negara untuk memajukan dan membangun infrastruktur.

Namun, masih banyak masyarakat yang tidak membayar pajak kendaraan tepat waktu. Padahal, sudah ada sistem untuk mengecek pajak kendaraan. Misalnya, cek pajak motor Batam.

Melihat permasalahan tersebut, Kepolisian RI memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengecek pajak kendaraan secara online.

Bagi kamu yang tinggal di Batam, bisa melakukan cek pajak motor Batam secara online. Kamu hanya cukup menyiapkan smartphone atau laptop yang terhubung dengan internet.

Sebenarnya, ada dua cara untuk cek pajak motor Batam, yaitu melalui website dan aplikasi di Android. Dengan begitu, warga Batam semakin mudah dalam mengecek pajak motornya.

Kalau kamu ingin mengecek pajak kendaraanmu, berikut ini adalah penjelasan mengenai cek pajak motor Batam yang bisa dilakukan:

Cek Pajak Motor Batam Melalui Website

Bagi kamu yang ingin cek pajak motor Batam melalui website, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Mengunjungi laman resmi Badan Pendapatan Riau
  • Kemudian, masukkan nomor plat kendaraanmu dan lima digit terakhir nomor rangka mesin kendaraan.
  • Setelah itu, klik Pajak 1 Tahunan/5 Tahunan atau Bea Balik Nama (bagi yang ingin balik nama kendaraan).
  • Nantinya, akan muncul informasi mengenai pajak kendaraan bermotor dari masa berlaku STNK, pajak, dan biaya pajak yang harus dibayar.

Cek Pajak Motor Batam Melalui Aplikasi

Bagi kamu yang ingin cek pajak motor Batam melalui aplikasi, berikut ini adalah caranya:

  • Unduh aplikasi Batam (Kepri) Cek Pajak Kendaraan di Google Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Masukkan nomor polisi kendaraanmu.
  • Klik menu “Cari”.
  • Setelah itu, akan muncul informasi mengenai pajak kendaraan bermotormu.

Dengan adanya layanan tersebut, kamu tidak perlu cek pajak motor Batam di SAMSAT Kepri. Informasi mengenai cek pajak motor online sangat berguna untuk mengetahui berapa besaran biaya pajak kendaraan yang harus dibayarkan.

Informasi tersebut juga berguna bagi para calon pembeli motor dan mobil. Sehingga, mereka dapat mengetahui status dan besaran pajak dari kendaraan tersebut.

Pajak kendaraan yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan pun berbeda-beda, tergantung dari merek dan tipe kendaraannya.

Di era digital saat ini, status pajak kendaraan bermotor dan besaran pajaknya bisa diketahui secara mudah dan praktis melalui online.

Untuk cek pajak motor Batam, kamu hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan bermotormu. Informasi yang disediakan meliputi: nomor register, masa berlaku STNK kendaraan, merek kendaraan, tipe kendaraan, nomor rangka, hingga nomor mesin kendaraan.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah kendaraan bermotor telah terdaftar atau tidak di SAMSAT Kepri.

Syarat Perpanjang Pajak Motor

Bagi kamu yang ingin perpanjang pajak motor di SAMSAT, berikut ini adalah persyaratannya. Sebelum datang ke SAMSAT untuk memperpanjang pajak motor, kamu harus menyiapkan persyaratan perpanjang pajak motor. Berikut ini adalah syaratnya:

  • STNK asli dan fotokopi KTP (satu lembar).
  • KTP asli dan fotokopi KTP (satu lembar).
  • BPKB asli dan fotokopi KTP (satu lembar).
  • Motor yang akan diperpanjang pajaknya.

Jika seluruh persyaratan di atas sudah lengkap, artinya kamu harus datang ke Kantor SAMSAT. Jangan lupa juga untuk membawa alat tulis, seperti pulpen.

Cara atau Prosedur Perpanjang Pajak Motor

Sebelum memperpanjang pajak motor, ada beberapa langkah yang harus diikuti, yaitu:

Cek Fisik Motor

Saat sudah sampai di Kantor SAMSAT, kamu bisa datang langsung ke loket pendaftaran cek fisik dan mengambil nomor antrean.

Kemungkinan besar akan ada banyak motor yang mengantre. Namun, biasanya terdapat lebih dari dua jalur antrean. Sehingga, kamu tidak akan mengantre lebih lama.

Umumnya, cek fisik motor tidak dikenakan biaya. Jika berada dikondisi lain, kamu harus membayarkan sejumlah uang dan dikenakan pungli. Kalau begitu, kamu harus melaporkan kejadian itu.

Validasi Hasil Cek Fisik Motor

Setelah melewati proses cek fisik motor, kamu diharuskan untuk memakirkan motor di parkiran. Setelah itu, kamu harus memberikan hasil cek fisik motor dan STNK ke bagian legalisasi.

Mengisi Formulir Perpanjang Pajak Motor

Langkah selanjutnya adalah mengambil dan mengisi formulir perpanjang pajak motor. Kamu bisa mengambil formulir tersebut di loket pendaftaran.

Lengkapilah seluruh bagian yang perlu diisi. Jika merasa bingung, kamu bisa bertanya kepada petugas apa bagian yang harus diisi.

Mendaftarkan Pembayaran Pajak Motor

Siapkan seluruh berkas yang sudah dipersiapkan sebelumnya, kemudian gabungkan dengan hasil cek fisik yang harus dilegalisasi, dan formulir pendaftaran yang sudah diisi. Lalu, berikan seluruh berkasnya ke loket pendaftaran.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan nomor antrean dan menunggu. Biasanya, kamu harus menunggu selama 30-60 menit hingga nomor antreanmu dipanggil.

Membayar Pajak Motor

Begitu nama kamu dipanggil, bisa melakukan pembayaran pajak di kasir sesuai angka yang ada di lembar pajak. Setelah membayar pajak, kamu akan mendapatkan dua lembar bukti pembayaran.

Lembar pertama adalah warna putih yang digunakan untuk mengambil plat nomor. Kemudian, lembar kedua adalah warna biru yang digunakan untuk mengambil STNK yang baru.

Setelah membaca penjelasan di atas, kamu hanya perlu mempersiapkan berkas untuk syarat perpanjang pajak motor.

Jadi, itulah informasi mengenai pengecekan pajak kendaraan di Batam yang bisa dilakukan secara online. Dengan cara di atas, kamu bisa melakukan cek pajak motor Batam secara mudah dan praktis, tanpa harus datang ke Kantor SAMSAT.

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait