Bisnis Orang Introvert yang Bisa Menambah Penghasilan

bisnis orang introvert
bisnis orang introvert

Bisnis orang introvert juga bisa menambah penghasilan. Lalu bagaimana bentuk bisnisnya? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Menjadi intovert memang bukan sebuah pilihan. Namun, masih ada orang yang tidak ingin terbuka karena adanya faktor lingkungan.

Meskipun memiliki kepribadian yang tertutup, introvert tetap bisa melakukan kegiatan apa saja. Salah satunya adalah bisnis.

Bisnis orang introvert juga bisa menambah penghasilan. Sama seperti ekstrovert, para introvert juga harus memiliki pekerjaan sampingan.

Membuka bisnis sendiri memang sulit, namun bukan berarti introvert tidak bisa melakukannya. Seorang introvert bisa melakukan banyak hal dengan baik.

Bagi kamu introvert, mungkin beberapa bisnis sampingan ini dapat mengembangkan kemampuanmu. Dengan berbisnis, kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan.

Berikut ini adalah bisnis orang introvert yang bisa menambah penghasilanmu.

Fotografer

Fotografi tidak hanya dijadikan sebagai hobi, namun juga bisa menjadi profesi. Apalagi, jika kamu memiliki kemampuan editing foto.

Hingga saat ini, masih banyak orang yang membutuhkan jasa fotografer untuk mengabadikan momen pernikahan, ulang tahun, pre-wedding, baby photo, produk, dan lainnya.

Bisnis orang introvert yang satu ini bisa jadi referensi kamu. Sebab, jasa fotografer sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Freelance Writer

Menulis merupakan sebuah kemampuan yang berasal dari bakat. Untuk menjadi penulis, kamu harus memiliki aspek kecepatan dan kualitas.

Salah satu bisnis orang introvert ini dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menulis. Kemudian, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Semakin lama kamu menjadi freelance writer, maka semakin berkembang pula kemampuanmu dalam menulis.

Terdapat beberapa jenis freelance writer yang bisa kamu pilih, yaitu content writer, editor blog, content planner, blog freelance, dan lainnya.

Freelance writer saat ini banyak dicari, karena banyak berita atau artikel berkualitas yang harus ditulis. Selama kamu mau belajar dan berusaha, maka akan ada pekerjaan yang berdatangan.

Bisnis Online

Bisnis online merupakan salah satu peluang usaha yang cocok untuk introvert. Kamu tidak harus bertatap muka dengan konsumen.

Hanya melalui internet atau pesan singkat, kamu sudah bisa menjalankan bisnis online. Biasanya, introvert cukup sabar menghadapi keluhan, pertanyaan, dan permintaan dari konsumen.

Jenis bisnis online yang bisa kamu coba adalah travel agent. Bisnis ini sangat mudah dilakukan oleh introvert. Kamu hanya perlu mempromosikan produk bisnismu melalui media sosial.

Web Programmer

Bidang IT merupakan salah satu hal yang menguntungkan bagi semua orang, terutama introvert. Sebab, hampir semua orang akan mendapatkan keuntungan jika memiliki karir di bidang pemrograman.

Jika ada kesempatan magang atau pelatihan web programmer, tidak ada salahnya untuk dicoba. Bidang IT saat ini banyak dicari oleh perusahaan.

Desain Grafis

Biasanya, seorang desain grafis harus memiliki latar belakang pendidikan linier. Namun, saat ini sudah banyak program komputer, kursus, dan kuliah untuk meningkatkan kemampuanmu dalam bidang desain.

Selain itu, kamu juga bisa menonton video tutorial di internet. Kamu akan menemukan banyak referensi terbaru mengenai cara mendesain atau mengedit sebuah karya.

Editor

Jika kamu memiliki pengalaman di bidang sastra, maka menjadi editor adalah cara yang paling ampuh untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Ketika ada penulis yang membutuhkan bantuan untuk karya ilmiah atau artikel, seorang editor bisa memperoleh hasil dari sebagian royaltinya. Maka dari itu, introvert harus mencoba jenis pekerjaan yang satu ini.

Toko Musik

Kalau kamu menyukai musik dan bisa memainkan alat musik, maka hal itu bisa dijadikan sebagai lahan bisnismu.

Kamu bisa membuka toko musik dan menjual alat-alat musik. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Video Gamer

Dunia maya biasanya menjadi tempat yang nyaman bagi introvert. Apalagi, jika kamu senang bermain game. Bisnis video gamer bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambah penghasilan.

Kamu hanya perlu membuat lingkungan virtual, animasi, karakter, dan user-interface. Kebanyakan orang biasanya memilih orang dengan pengalaman kerja yang tinggi untuk mengembangkan sebuah permainan.

Tutor Online

Bagi kamu introvert yang baru saja mendapatkan gelar sarjana atau masih kuliah, bisa memanfaatkan pendidikanmu menjadi peluang bisnis. Salah satunya adalah tutor online.

Dengan jaringan internet dan webcam, kamu sudah bisa menjadi tutor atau pengajar lepas. Kamu juga tidak harus bertemu langsung dengan para murid, karena hanya memberikan atau menjelaskan materi pembelajaran melalui online.

Cara Memulai Bisnis Orang Introvert

Bagi kamu yang ingin membuka bisnis, berikut ini adalah cara memulai bisnis orang introvert:

Memilih Segmen Bisnis

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih segmen bisnis. Sebelum merencanakan bisnis, sebaiknya kamu memikirkan ide yang berkaitan dengan kepribadian, emosional, dan mental.

Kamu juga harus memikirkan segmen bisnis yang tidak membutuhkan interaksi dengan orang lain. Misalnya, menghindari konsultasi atau pelatihan yang mengharuskan kamu untuk bertemu dengan orang lain.

Solusinya adalah memulai bisnis dari skala kecil. Kamu juga bisa mempekerjakan orang-orang yang dibutuhkan. Dengan cara tersebut, kamu akan terbiasa dengan situasi atau lingkungan baru.

Mencari Mitra Bisnis yang Sesuai

Kalau kamu sangat introvert, sebaiknya mencari mitra bisnis atau karyawan yang bisa melengkapi kepribadianmu.

Misalnya, kamu tidak suka mempromosikan penjualan dengan orang lain dan tidak suka berbicara dengan mereka, maka kamu bisa merekrut orang ekstrovert.

Gunakan Jaringan Online untuk Berinteraksi

Jika kamu tidak ingin terlibat dengan orang lain di dunia nyata, maka kamu bisa berinteraksi melalui online. Kamu bisa menjaring hubungan melalui media sosial, serta menggunakan ­e-mail atau pesan singkat.

Itulah bisnis orang introvert yang bisa menambah penghasilan. Dengan memiliki bisnis, kamu dapat mengembangkan kemampuanmu di bidang lain atau bidang yang disukai.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler Philip, dan Gary Amstrong. (2012). Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition. Pearson Education


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait